Upacara HUT Kemerdekaan RI, Anies Kita Lindungi Semua Tanpa Li hat KTP.jpg

Berita Kawasan

Upacara HUT Kemerdekaan RI, Anies: Lindungi Semua Tanpa Lihat KTP

Kemarin Indonesia kembali merayakan peringatan kemerdekaannya atau HUT RI ke-76 di bawah bayangan pandemi COVID-19. Sebagai wilayah yang sempat merasakan ledakan kasus COVID-19 beberapa bulan yang lalu, DKI Jakarta menjadi saksi perjuangan pemerintah baik di tingkat pusat hingga yang di bawah sekalipun dalam upaya mengendalikan penyakit akibat virus Corona yang banyak merengut nyawa warga. Oleh karena itu di momen upacara HUT RI ke-76 di Balai Kota Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan, perjuangan untuk melindungi masyarakat di Ibu Kota dipastikan tidak memandang status KTP, apakah berasal dari DKI atau tidak, karena semua ia siap lindungi dari pandemi.

Sebelum membahas mengenai pandemi COVID-19, Anies Baswedan di depan para peserta upacara memaparkan makna di balik teks proklamasi yang merupakan elemen penting di kemerdekaan Indonesia. Ia menuturkan, di dalam teks tersebut terdapat poin yang menyatakan bahwa bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaan Indonesia dan ini bisa diartikan eksistensi bangsa di Tanah Air hadir sebelum keberadaan negara.

Upacara HUT Kemerdekaan RI, Anies Kita Lindungi Semua Tanpa Lihat KTP.jpg

“Kemerdekaan ini adalah kemauan kita, bangsa ini merasakan tekanan kolonialisme yang sudah amat lama, kemiskinan, kurang gizi dan tak berkembang. Karena itu bangsa ini menolak kolonialisme dan seluruh unsur sepakat merdeka untuk menghadirkan gelaran keadilan sosial dan kesejahteraan,”tegas Anies, sebagaimana dikutip dari rilis yang diunggah di laman PPID.Jakarta.go.id (17/8/2021).

“Kita ingin dengan merdeka, kita rasakan keadilan sosial dan kesejahteraan. Itulah sebabnya ketika kita peringati kemerdekaan. Ingatlah bahwa ini adalah perjuangan seluruh bangsa, ingatlah ini adalah tanggung jawab kita untuk menuntaskan janji-janji kemerdekaan, yakni melindungi, menghadirkan keadilan sosial, dan memajukan kesejahteraan umum,” sambungnya.

Mengenai usaha melindungi dan menghadikan keadilan sosial, Anies mencontohkan pihaknya dalam kondisi pandemi COVID-19 di DKI Jakarta. Di mana dalam mengejar upaya herd immunity, pihaknya tak memandang bulu dalam usaha vaksinasi COVID-19. Semua yang berkegiatan di Ibu Kota bisa mengakses dosis vaksin dan ini menjadi bagian dari usahanya melindungi masyarakat dari ancaman COVID-19.

“Ini merupakan tahun kedua kita peringati hari kemerdekaan di masa pandemi, kita harus luruskan kembali prioritas kita untuk melindungi tumpah darah Indonesia. Kita melindungi semua kita tak melihat status KTP dan status ekonomi. Ketika ada yang membutuhkan perlindungan kesehatan, termasuk vaksinasi, siapa pun kita berikan. Prinsip yang kami pegang adalah kemanusiaan yang adil dan beradab. Dengan pandemi sebagai cermin, kita diingatkan bahwa keselamatan di atas semua. Artinya apapun boleh berbeda tapi begitu menyangkut keselamatan sesama, kita harus bersatu, berkolaborasi. Karena yang kita hadapi tak membedabedakan,” tambahnya


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.