Perayaan Hari Sumpah Pemuda di Kepulauan Seribu

Pendidikan

Upacara Perayaan Hari Sumpah Pemuda di Kepulauan Seribu

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu menggelar upacara Hari Sumpah Pemuda di Plaza Kabupaten Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu Utara pada 28 Oktober 2019, pagi hari. Upacara tersebut diikuti seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP), siswa sekolah dan organisasi kepemudaan seluruh Kabupaten Kepulauan Seribu.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda merupakan tonggak kesadaran untuk bersatu dalam Tanah Air, Bangsa dan Bahasa. Tak hanya itu, Hari Sumpah Pemuda juga menjadi awal perjuangan untuk meraih kemerdekaan Indonesia. Wujud Sumpah Pemuda yang terdiri atas tiga janji ini diawali pada Kongres Pemuda I pada 30 April-2 Mei 1926. Akan tetapi, saat itu rasa persatuan dan kesatuan belum terasa.

Perayaan Hari Sumpah Pemuda di Kepulauan Seribu

Kemudian Kongres Pemuda kembali diselenggarakan pada 1928. Kongres Pemuda II digelar pada 27-28 Oktober 2018. Tanggal 28 Oktober itulah yang kemudia ditetapkan menjadi Hari Sumpah Pemuda. Pada 2019, Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91 dengan tema Bersatu Kita Maju.

[Baca Juga: Dorong Kecintaan Anak pada Tanah Air dengan Jambore Hati 2019]

Wakil Bupati Kepulauan Seribu Junaedi usai menjadi inspektur upacara mengatakan, sejarah lahirnya Sumpah Pemuda menjadi contoh semangat persatuan dan kesatuan. "Seluruh fasilitas penunjang prestasi telah diberikan oleh Pemprov DKI Jakarta, maka teruslah berkarya," pesannya seperti dilansir dari beritajakarta.id (28/10/2019).

Perayaan di Tingkat Provinsi

Sementara itu, di tingkat provinsi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperingati hari Sumpah Pemuda bersama dengan jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Anies mengingatkan perlu kesetaraan untuk menjaga persatuan. Anies menjadi pembina upacara dengan seluruh pegawai pemerintah provinsi dan perwakilan instansi dan organisasi di Jakarta sebagai peserta upacara .

Anies membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. Dalam sambutannya, Zainudin menyebut pemuda adalah harapan bangsa Indonesia. "Pemuda Indonesia harus maju dan menaklukkan dunia. Saya harap, ke depan, banyak yang muncul tokoh-tokoh muda yang mendunia," Zainudin dalam sambutan yang dibacakan Anies di upacara di Monas, Jakarta Pusat seperti dilansir dari detik.com (28/10/2019).

[Baca Juga: Inilah Putra Putri Bahari Kepulauan Seribu 2019]

Sementara itu, Anies menyampaikan pesan sebelum upacara bubar. Menurutnya, tantangan kita bukan menciptakan persatuan tapi merawat persatuan. "Tantangan terbesar kita adalah merawat persatuan. Persatuan harus diusahakan, harus dirawat. Untuk bisa bersatu syaratnya, ini kata kunci yang selalu saya katakan, tidak ada persatuan dalam ketimpangan, saya ulangi, tidak ada persatuan dalam ketimpangan," ucap Anies kepada peserta upacara.

Baginya, tidak ada persatuan jika tidak ada jaminan keadilan sosial. Maka, keadilan itu yang harus dibangun. "Untuk bersatu kita perlu keadilan. 'Bersatu Kita Maju' memerlukan kalimat pembuka. Keadilan membuat kita bersatu. Bersatu membuat kita maju," tutup Anies.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.