Upacara Yadnya Kasada Tetap Digelar di Tengah Pandemi Covid-19

Berita Kawasan

Upacara Yadnya Kasada Tetap Digelar di Tengah Pandemi Covid-19

Bertahun-tahun lamanya, Suku Tengger yang berada di kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur biasa melakukan ritual tahunan Yadnya Kasada. Di tengah pandemi COVID-19, ritual ini pun akan tetap digelar yang diperuntukkan hanya masyarakat Tengger, tanpa menerima kunjungan wisatawan pada tanggal 6-7 Juli 2020. Hal ini

Melansir laman malangtimes.com (12/06/2020). Berdasarkan kesepakatan antara perwakilan masyarakat suku Tengger dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Probolinggo beserta instansi terkait, upacara Yadnya Kasada bisa dilaksanakan tetapi tetap dengan memperhatikan protokol kesehatan untuk menghindari penyebaran COVID-19.

Selain itu pengukuhan yang biasanya digelar di Pendopo Agung, khusus tahun ini ditiadakan. Bahkan wisatawan juga dilarang masuk di kawasan Sukapura dengan memperketat check poin di pendakian ke arah Bromo.

Upacara Yadnya Kasada Tetap Digelar di Tengah Pandemi Covid-19

Kasubbag Data Evaluasi Pelaporan dan Humas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Syarif Hidayat menyatakan, masyarakat lokal yang ingin melihat ritual upacara tersebut harus menunjukkan KTP dengan alamat lokal Bromo.

Dirinya juga menegaskan bahwa kawasan wisata TNBTS belum dibuka. Saat ini pihaknya masih menunggu instruksi dan langkah untuk kembali membuka kawasan wisata itu di masa New Normal. "Kesepakatan dan atau rekomendasi dari pemerintah daerah juga sangat penting dan menjadi perhatian kami berkaitan dengan protokol dan komitmen semua pihak," jelasnya.

Untuk diketahui, Yadnya Kasada adalah sebuah hari upacara sesembahan berupa pemberian sesajen kepada Sang Hyang Widhi. Setiap bulan Kasada hari-14 dalam penanggalan Jawa diadakan upacara sesembahan atau sesajen untuk Sang Hyang Widi dan para leluhur.

[Baca Juga: Jelang PSBB, Wali Kota Malang Sosialisasikan Aturan Main PSBB]

Pasangan Rara Anteng (Putri Raja Majapahit) dan Jaka Seger (Putra Brahmana) membangun pemukiman dan kemudian memerintah di kawasan Tengger dengan sebutan Purbowasesa Mangkurat Ing Tengger, yang mempunyai arti “Penguasa Tengger yang Budiman”.

Mereka tidak dikaruniai anak sehingga mereka melakukan semedi atau bertapa kepada Sang Hyang Widhi, tiba-tiba ada suara gaib yang mengatakan bahwa semedi mereka akan terkabul namun dengan syarat bila telah mendapatkan keturunan, anak yang bungsu harus dikorbankan ke kawah Gunung Bromo.

Pasangan Roro Anteng dan Jaka Seger menyanggupinya dan kemudian didapatkannya 25 orang putra-putri, namun naluri orangtua tetaplah tidak tega bila kehilangan putra-putrinya.

[Baca Juga: Baru! Kota Malang Ciptakan Kampung Aloe vera di Masa Pandemi COVID-19]

Akhirnya pasangan Rara Anteng dan Jaka Seger ingkar janji, Dewa menjadi marah dengan mengancam akan menimpakan malapetaka, kemudian terjadilah prahara keadaan menjadi gelap gulita kawah Gunung Bromo menyemburkan api.

Kesuma, anak bungsunya lenyap dari pandangan terjilat api dan masuk ke kawah Bromo, bersamaan hilangnya Kesuma terdengarlah suara gaib, "Saudara-saudaraku yang kucintai, aku telah dikorbankan oleh orang tua kita dan Sang Hyang Widhi menyelamatkan kalian semua. Hiduplah damai dan tenteram, sembahlah Sang Hyang Widhi. Aku ingatkan agar kalian setiap bulan Kasada pada hari ke-14 mengadakan sesaji kepada Sang Hyang Widhi di kawah Gunung Bromo."


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.