Update Informasi COVID-19 Tingkat Kelurahan, Pemko Medan Hadirkan Aplikasi Ini.jpg

Berita Kawasan

Update Informasi COVID-19 Tingkat Kelurahan, Pemko Medan Hadirkan Aplikasi Ini

Pemerintah Kota (Pemko) Medan tak henti untuk menghadirkan cara dalam upayanya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 yang terjadi di Kota Melayu Deli. Dengan salah satunya adalah memanfaatkan teknologi seperti yang baru-baru ini diluncurkan untuk dimulai proses uji cobanya, yaitu aplikasi Sistem Informasi Penanganan COVID-19 Kelurahan di Lingkungan Kota Medan. Langkah ini disinyalir agar informasi mengenai COVID-19 di kelurahan terus update sehingga membantu proses penanganan COVID-19.

Peluncuran ini dilakukan Pemko Medan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika atau Kominfo. Proses uji coba sistem ini pun mulai digelar pada 13 Oktober 2020 secara virtual yang diikuti perwakilan kecamatan dan kelurahan se-Kota Medan. Hadirnya aplikasi ini dipandang Pemko Medan sebagai langkah penting dalam menangani COVID-19 karena kelurahan merupakan ujung tombak dalam upaya ini.

Update Informasi COVID-19 Tingkat Kelurahan, Pemko Medan Hadirkan Aplikasi In i.jpg

Pada proses uji coba aplikasi tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Kasubbag Perumusan Kebijakan, Evaluasi, dan Pelayanan Administrasi Bagian Pemerintahan Setdako Medan Suluh A. Harahap sempat memberikan sambutannya sekaligus arahan. Ia meminta agar setiap kelurahan dapat memanfaatkan aplikasi ini dengan memberikan update mengenai data penanganan COVID-19 di wilayah masing-masing.

“Gunakanlah aplikasi ini dengan sebaik-baiknya, pakai bahasa yang sederhana dalam melaporkan permasalahan maupun saran. Selanjutnya, laporan kelurahan ini akan menjadi bahan pertimbangan untuk melahirkan langkah penanganan COVID-19,” sebut Suluh, sebagaimana dikutip dari pemkomedan.go.id (13/10/2020).

[Baca Juga: Jatuh Sakit, Plt Wali Kota Medan Sempat Diisukan Terjangkit COVID-19]

Pada proses uji coba aplikasi itu, Kepala Seksi Pengembangan dan Pengelolaan Aplikasi Dinas Kominfo Medan Lamhot Simamora hadir untuk menjelaskan beragam fitur di Sistem Informasi Penanganan COVID-19 Kelurahan di Lingkungan Kota Medan. Dengan fokus utamanya adalah bagaimana cara operator di kelurahan memberikan laporan terkait perkembangan COVID-19 di wilayah mereka.

Lamhot menuturkan, pada aplikasi ini terdapat menu data input dan di sini operator bisa memasukkan laporan mengenai kegiatan apa saja yang sudah dilakukan kelurahan tersebut dalam menangani atau mengantisipasi COVID-19. Selain itu, di menu data input juga bisa dimasukan permasalahan, saran, serta saran lanjut aksi. Bahkan pihak operator bisa melihat serta membandingkan kegiatan apa saja yang dilakukan kelurahan lainnya, karena laporan dari 151 kelurahan di Kota Medan bisa juga diakses oleh si operator.

Read More

Artikel Lainnya

UMN Kembangkan Prototipe Aplikasi Koreksi Penulisan U-Tapis

Pendidikan

UMN Kembangkan Prototipe Aplikasi Koreksi Penulisan U-Tapis

29 October 2020, 10:55

Universitas Multimedia Nusantara mengembangkan prototipe aplikasi koreksi penulisan dalam bahasa Indonesia bernama U-Tapis.

Acara Luring Pertama Selama Pandemi, Galeri Nasional gelar Pameran Imersif Affandi

Hobi dan Hiburan

Acara Luring Pertama Selama Pandemi, Galeri Nasional gelar Pameran Imersif Affandi

28 October 2020, 16:31

Melalui pameran itu, tidak hanya ketokohannya karya-karya Affandi yang luar biasa juga dapat menjadi inspirasi bagi banyak seniman.

Peringati Sumpah Pemuda, Dispora Gerakan Pemuda Bandung Bersihkan Masjid Pesantren

Berita Kawasan

Peringati Sumpah Pemuda, Dispora Bandung Ajak Bersihkan Masjid & Pesantren

28 October 2020, 14:04

Di tahun ini peringatan Sumpah Pemuda lebih diarahkan untuk menguatkan solidaritas di tengah masyarakat menghadapi pandemi COVID-19.

Jangan Lupa, Warga Bekasi Diminta Tes COVID-19 Setelah Liburan

Kesehatan

Jangan Lupa, Warga Bekasi Diminta Tes COVID-19 Setelah Liburan

28 October 2020, 11:46

Pengurus RW tegas mewajibkan warganya di Kota Bekasi untuk terlebih dahulu menjalani tes COVID-19 pascaliburan.


Comments


Please Login to leave a comment.