UPTD PPA DKI Jakarta Dapat Apresiasi dari Kementerian PPPA

Berita Kawasan

UPTD PPA DKI Jakarta Dapat Apresiasi dari Kementerian PPPA

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) mengadakan kegiatan penyematan Duta Anti Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak sekaligus pemberian apresiasi kepada Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA). Kegiatan tersebut diselenggarakan pada 29 Juli 2019 di Ruang Rapat Kementerian PPPA lantai 11, Jl. Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Acara ini diawali dengan sambutan dari Sekretaris Kementerian PPPA Probudiarta Nur Sitepu. Dalam sambutannya, Sekretaris Kementerian PPPA mengatakan, kekerasan adalah salah satu dari pelanggaran dari hak asasi manusia.

Kekerasan menjadi perhatian Kementerian PPPA karena seseorang bisa memperoleh pendidikan atau pun kesehatan terbaik, tapi jika sudah mengalami kekerasan maka dipastikan kualitas hidupnya dipastikan tidak akan baik. “Maka dari itulah masalah perlindungan dari tindak kekerasan ini menjadi satu masalah yang menjadi perhatian sangat besar pada kami,” ujarnya.

UPTD PPA DKI Jakarta Dapat Apresiasi dari Kementerian PPPA

Dia berpesan, masyarakat tidak boleh mengabaikan terhadap kejadian kekerasan di sekitar mereka, terutama pada perempuan dan anak. Sehingga, perubahan perilaku sosial masyarakat dianjurkan untuk bisa melindungi perempuan dan anak dari segala bentuk kekerasan.

Menurutnya, setiap orang bisa berpotensi menjadi korban kekerasan. Oleh karena itu, dia mengajak masyarakat tidak boleh diam sendiri. Setiap orang harus saling menjaga satu sama lain apabila terjadi potensi kekerasan di sekitarnya.

Dia juga menyebutkan, diundangnya Cinta Laura Kiehl yang hadir dalam acara ini karena Kementerian PPPA akan memberikan penyematan Duta Anti Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak kepadanya.

[Baca Juga: Cinta Laura Jadi Duta Anti Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak]

“Kami pernah mendengar melalui media, kalau Cinta Laura pernah mengalami kondisi yang kurang menyenangkan terkait dengan ancaman kekerasan seksual terhadap perempuan. Ini juga kami ingin melihat model contoh dari Cinta Laura bagaimana dia kemudian mampu untuk menghadapi ancaman kekerasan itu, kemudian menyuarakan kepada semua pihak bahwa kekerasan itu tidak boleh terjadi dimana pun, baik di rumah, sekolah, tempat umum, dan lain-lain,” ungkapnya.

Menyadari banyaknya kekerasan, pemerintah menanggapinya dengan menyelenggarakan layanan perlindungan terhadap korban baik perempuan maupun anak-anak. Layanan tersebut diberikan sebuah lembaga yang disebut Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA). Berdasarkan penuturan Probudiarta Nur Sitepu, dalam dua tahun terakhir sudah banyak Pemerintah Daerah atau Provinsi yang menyelenggarakan UPTD PPA. Untuk itu, Kementerian PPPA memilih UPTD terbaik kepada 10 wilayah di Indonesia untuk diberikan apresiasi. Salah satu yang dinilai sebagai UPTD terbaik dan diapresiasi Kementerian PPPA adalah UPTD Provinsi DKI Jakarta.

[Baca Juga: Catcalling, Permasalahan yang Kerap Dialami Perempuan Jakarta]

“Pada kesempatan ini, telah terpilih lima provinsi dan lima kabupaten kota yang menyelenggarakan UPTD PPA dengan berprinsip dengan pelayanan publik yang terbaik. Untuk itu, kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya,” tuturnya.

Pemberian apresiasi berupa piala diserahkan langsung dari Sekretaris Kementerian PPPA kepada perwakilan dari Pemerintah Provinsi atau Daerah yang hadir dalam acara ini. Perwakilan dari UPTD Provinsi DKI Jakarta yang menerima trofi mengatakan, apresiasi dari Kementerian PPPA mengandung makna yang mendalam bagi pihaknya. Penghargaan tersebut diartikan sebagai acuan untuk pihaknya harus memegang amanah sebagai UPTD terbaik dan akan terus memperbaiki layanan agar lebih baik lagi.

“Selaku pemegang amanah penghargaan UPTD terbaik, tentu saja tantangan kita ke depannya ada terus memperbaiki layanan-layanan yang saat ini sudah kami berikan. Saat ini, kami memiliki tiga layanan yang kami berikan, yaitu layanan untuk pengaduan, layanan psikologis, dan layanan pendampingan hukum,” jelas salah satu perwakilan UPTD Provinsi DKI Jakarta yang hadir menerima piala penghargaan.

Sementara sembilan wilayah lainnya yang mendapat apresiasi dari Kementerian PPPA antara lain Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Jambi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kota Surakarta, Balikpapan, Bandung, dan Sidoarjo.


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.