Urai Kemacetan, Kabupaten Bekasi Akan Bangun Terminal Barang Multimoda

Berita Kawasan

Urai Kemacetan, Kabupaten Bekasi Akan Bangun Terminal Barang Multimoda

Kabupaten Bekasi merencanakan adanya Terminal Barang Multimoda yang bertujuan untuk mengendalikan, mengawasi, mengatur, serta mengoperasikan angkutan barang dari dan ke Kabupaten Bekasi. Hal ini sesuai dengan pembahasan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bekasi bersama Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) berdasarkan rapat yang berlangsung di Ruang Rapat Bupati Bekasi, Cikarang Pusat.

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja menyebutkan pembahasan mengenai Terminal Barang Multimoda ini dilakukan untuk percepatan rekomendasi tata ruang provinsi dan penerapan lokasi Terminal Barang Multimoda di Kabupaten Bekasi.

Urai Kemacetan, Kabupaten Bekasi Akan Bangun Terminal Barang Multimoda

Terminal Barang Multimoda dibutuhkan karena Kabupaten Bekasi merupakan kawasan industri terbesar se-Asia Tenggara. Akses jalan di Kabupaten Bekasi merupakan daerah dengan pola harian tertinggi, karena paling sering dilintasi oleh kendaraan barang dari dan ke wilayah Jabodetabek.

Perjalanan orang maupun barang di Jabodetabek juga didominasi oleh perjalanan ke Jakarta. Sehingga hal ini berpotensi mengakibatkan terjadinya kepadatan atau lonjakan volume kendaraan, apalagi di pagi dan sore pada hari kerja. “Terkait dengan percepatan pembangunan yang ada di Kabupaten Bekasi, ke depannya kita bersama dengan Pemerintah Pusat sedang merancang transportasi multimoda, salah satunya ada di Kabupaten Bekasi,” kata ujar Eka seperti dilansir dari humas.bekasikab.go.id (21/1/2020).

[Baca Juga: Dorong Penggunaan Sepeda, Terminal Kalideres Sediakan Jalur Khusus]

Jika terminal barang multimoda sudah siap digunakan, ke depannya mobil pengangkut barang tak lagi bisa melewati jalur kota, melainkan harus melewati jalan khusus untuk mobil pengangkut barang tersebut. Rencananya, lokasi yang akan dipakai untuk terminal ini berada di perbatasan Kabupaten Bekasi dengan Kabupaten Karawang, tepatnya berada di Kecamatan Kedungwaringin.

Dengan adanya terminal multimoda ini diharapkan dapat memecah kemacetan khususnya di tol kota. Karena, Pemerintah Kabupaten Bekasi akan melakukan strategi yang berupa pengaturan rute jaringan lalu lintas angkutan barang, pelarangan arus menerus ke wilayah kota.

[Baca Juga: Pemkot Bogor Siap Revitalisasi Terminal Baranangsiang]

Sekadar diinformasikan, strategi yang akan dilakukan oleh pemerintah. Diantaranya pengaturan rute jaringan lintas angkutan barang, pelarangan arus menerus ke wilayah Kota, pembatasan waktu bagi truk pada jam-jam sibuk, pengembangan fasilitas pusat distribusi, terminal truk, atau pusat konsolidasi logistik atau gudang konsolidasi, pengembangan fasilitas integrasi multimoda, pembangunan ruang parkir khusus untuk truk pada kawasan pinggiran, dan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Kepala BPTJ Kementerian Perhubungan Bambang Prihartono menyebutkan terminal multimoda ini sangat cocok dibangun di Kabupaten Bekasi karena berguna untuk mengurai kemacetan.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.