Urban Farming akan Sampai ke Masjid dan Madrasah

Berita Kawasan

Urban Farming akan Sampai ke Masjid dan Madrasah

Sudah tiga tahun, Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta menciptakan sistem pertanian perkotaan atau urban farming. Program ini pun memiliki respon positif dan semakin diminati berbagai kalangan, termasuk Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Jakarta Timur.

Pada 9 September 2019, Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Jakarta Timur menyambangi Kantor Dinas KPKP DKI Jakarta, di Jalan Gunung Sahari Raya, Jakarta Pusat, untuk mempelajari lebih jauh terkait urban farming. Urban farming yang terus dikembangkan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta memiliki dampak yang besar bagi masyarakat perkotaan.

[Baca Juga: Membuat Urban Farming dengan Gaya Vertical Garden]

Hal ini sekaligus menjadi perhatian PCNU untuk menciptakan urban farming di tempat ibadah maupun sekolah-sekolah keagamaan. "Pertanian perkotaan bisa terus dikembangkan ke sekitar tempat ibadah maupun sekolah-sekolah keagamaan, termasuk dengan melibatkan para santri," ujar Fathonah, Ketua PCNU Jakarta Timur.

Melansir laman beritajakarta.id (10/09/2019). Fathonah mengakui bahwa program urban farming yang diterapkan di perkotaan sangat baik dan bisa memberikan banyak manfaat. Selain memenuhi kebutuhan sayuran, obat herbal, hingga buah-buahan, juga bisa membantu meningkatkan kualitas udara di Jakarta. "Siapa pun kita perlu berbuat untuk bisa memberikan manfaat tidak hanya kepada sesama manusia, tapi juga lingkungan atau alam," terangnya.

[Baca Juga: Dinkes DKI Jakarta Ikut Bantu Kembangkan Urban Farming]

Sementara itu, Kepala Seksi Pertanian Perkotaan Dinas KPKP DKI Jakarta Taufik Yulianto mengatakan, dengan kehadiran pengurus PCNU Jakarta Timur di kantornya, mereka dapat bersama-sama berkolaborasi mengembangkan urban farming. Menurutnya, NU memiliki potensi yang besar untuk bisa ikut berperan dalam mengembangkan pertanian perkotaan di DKI Jakarta. Sebab, banyak lokasi-lokasi seperti, masjid dan madrasah yang bisa dikembangkan untuk kegiatan pertanian perkotaan.

Taufik menambahkan, dalam pertemuan tersebut juga dibahas mengenai rencana Pelatihan dan Pembinaan SDM NU dengan materi Pengelolaan Budidaya Tanaman Hortikultura melalui media tabulampot pada 13-14 Oktober 2019. "Tentu kami sangat mendukung dan siap menjadi narasumber," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.