Urban Farming akan Sampai ke Masjid dan Madrasah

Berita Kawasan

Urban Farming akan Sampai ke Masjid dan Madrasah

Sudah tiga tahun, Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta menciptakan sistem pertanian perkotaan atau urban farming. Program ini pun memiliki respon positif dan semakin diminati berbagai kalangan, termasuk Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Jakarta Timur.

Pada 9 September 2019, Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Jakarta Timur menyambangi Kantor Dinas KPKP DKI Jakarta, di Jalan Gunung Sahari Raya, Jakarta Pusat, untuk mempelajari lebih jauh terkait urban farming. Urban farming yang terus dikembangkan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta memiliki dampak yang besar bagi masyarakat perkotaan.

[Baca Juga: Membuat Urban Farming dengan Gaya Vertical Garden]

Hal ini sekaligus menjadi perhatian PCNU untuk menciptakan urban farming di tempat ibadah maupun sekolah-sekolah keagamaan. "Pertanian perkotaan bisa terus dikembangkan ke sekitar tempat ibadah maupun sekolah-sekolah keagamaan, termasuk dengan melibatkan para santri," ujar Fathonah, Ketua PCNU Jakarta Timur.

Melansir laman beritajakarta.id (10/09/2019). Fathonah mengakui bahwa program urban farming yang diterapkan di perkotaan sangat baik dan bisa memberikan banyak manfaat. Selain memenuhi kebutuhan sayuran, obat herbal, hingga buah-buahan, juga bisa membantu meningkatkan kualitas udara di Jakarta. "Siapa pun kita perlu berbuat untuk bisa memberikan manfaat tidak hanya kepada sesama manusia, tapi juga lingkungan atau alam," terangnya.

[Baca Juga: Dinkes DKI Jakarta Ikut Bantu Kembangkan Urban Farming]

Sementara itu, Kepala Seksi Pertanian Perkotaan Dinas KPKP DKI Jakarta Taufik Yulianto mengatakan, dengan kehadiran pengurus PCNU Jakarta Timur di kantornya, mereka dapat bersama-sama berkolaborasi mengembangkan urban farming. Menurutnya, NU memiliki potensi yang besar untuk bisa ikut berperan dalam mengembangkan pertanian perkotaan di DKI Jakarta. Sebab, banyak lokasi-lokasi seperti, masjid dan madrasah yang bisa dikembangkan untuk kegiatan pertanian perkotaan.

Taufik menambahkan, dalam pertemuan tersebut juga dibahas mengenai rencana Pelatihan dan Pembinaan SDM NU dengan materi Pengelolaan Budidaya Tanaman Hortikultura melalui media tabulampot pada 13-14 Oktober 2019. "Tentu kami sangat mendukung dan siap menjadi narasumber," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.

Tiket Tambahan Konser Tur Westlife Dijual Mulai 10 Desember 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Tiket Tambahan Konser Tur Westlife Dijual Mulai 10 Desember 2022

06 December 2022, 14:14

Pihak promotor mengumumkan akan mulai menjual tiket tambahan pada pekan ini untuk konser tur Westlife The Wild Dream Tour 2023 Jakarta.

Unplug, Ambisi Anak Bangsa Hadirkan Game Shooter ala Retro Buatan Dalam Negeri.jpg

Hobi dan Hiburan

Unplug, Ambisi Anak Bangsa Hadirkan Game Shooter ala Retro Buatan Dalam Negeri

06 December 2022, 12:02

PSE belum lama ini mengundang developer game GoldLime Studios untuk membahas proyek game ambisius mereka berjudul Unplug.

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

Bisnis

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

05 December 2022, 16:14

Inisiatif East Ventures melalui IDPB MTPM saat ini telah mencapai tahap coaching serta hackaton dengan total ada 120 tim yang mengikutinya.


Comments


Please Login to leave a comment.