Urban Farming akan Sampai ke Masjid dan Madrasah

Berita Kawasan

Urban Farming akan Sampai ke Masjid dan Madrasah

Sudah tiga tahun, Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta menciptakan sistem pertanian perkotaan atau urban farming. Program ini pun memiliki respon positif dan semakin diminati berbagai kalangan, termasuk Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Jakarta Timur.

Pada 9 September 2019, Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Jakarta Timur menyambangi Kantor Dinas KPKP DKI Jakarta, di Jalan Gunung Sahari Raya, Jakarta Pusat, untuk mempelajari lebih jauh terkait urban farming. Urban farming yang terus dikembangkan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta memiliki dampak yang besar bagi masyarakat perkotaan.

[Baca Juga: Membuat Urban Farming dengan Gaya Vertical Garden]

Hal ini sekaligus menjadi perhatian PCNU untuk menciptakan urban farming di tempat ibadah maupun sekolah-sekolah keagamaan. "Pertanian perkotaan bisa terus dikembangkan ke sekitar tempat ibadah maupun sekolah-sekolah keagamaan, termasuk dengan melibatkan para santri," ujar Fathonah, Ketua PCNU Jakarta Timur.

Melansir laman beritajakarta.id (10/09/2019). Fathonah mengakui bahwa program urban farming yang diterapkan di perkotaan sangat baik dan bisa memberikan banyak manfaat. Selain memenuhi kebutuhan sayuran, obat herbal, hingga buah-buahan, juga bisa membantu meningkatkan kualitas udara di Jakarta. "Siapa pun kita perlu berbuat untuk bisa memberikan manfaat tidak hanya kepada sesama manusia, tapi juga lingkungan atau alam," terangnya.

[Baca Juga: Dinkes DKI Jakarta Ikut Bantu Kembangkan Urban Farming]

Sementara itu, Kepala Seksi Pertanian Perkotaan Dinas KPKP DKI Jakarta Taufik Yulianto mengatakan, dengan kehadiran pengurus PCNU Jakarta Timur di kantornya, mereka dapat bersama-sama berkolaborasi mengembangkan urban farming. Menurutnya, NU memiliki potensi yang besar untuk bisa ikut berperan dalam mengembangkan pertanian perkotaan di DKI Jakarta. Sebab, banyak lokasi-lokasi seperti, masjid dan madrasah yang bisa dikembangkan untuk kegiatan pertanian perkotaan.

Taufik menambahkan, dalam pertemuan tersebut juga dibahas mengenai rencana Pelatihan dan Pembinaan SDM NU dengan materi Pengelolaan Budidaya Tanaman Hortikultura melalui media tabulampot pada 13-14 Oktober 2019. "Tentu kami sangat mendukung dan siap menjadi narasumber," tandasnya.

Read More

Artikel Lainnya

KEMENDES-PDTT-Gelar-Pelatihan-Pembuatan-Biskuit-Rumput-Laut_1.jpg

Kuliner

KKP dan Kemendes PDTT Buat Pelatihan Pembuatan Biskuit Rumput Laut

06 July 2020, 20:00

Aktivitas ini diharapkan sebagai strategi agar perekonomian masyarakat kelautan dan perikanan tetap terjaga di masa pandemi COVID-19.

Juara Snack Membawa Berkah di Masa Pandemi COVID-19_2

Kuliner

Juara Snack Membawa Berkah di Masa Pandemi COVID-19

06 July 2020, 18:00

Siapa yang menyangka jika laju bisnis cemilan dapat berkembang pesat di masa pandemi COVID-19.

parekraf_2.jpg

Berita Kawasan

Pemerintah Motivasi Pelaku Parekraf Untuk Maksimalkan Kebijakan Insentif

06 July 2020, 16:00

Menparekraf mengimbau industri agar lebih aktif dan mengoptimalkan kebijakan stimulus dan relaksasi yang diberikan.

Alternatif Menghias Dinding Tanpa Cat_3

Properti dan Solusi

Alternatif Menghias Dinding Tanpa Cat

06 July 2020, 14:00

Bagi yang belum pernah membayangkan seperti apa cara menghias dinding tanpa menggunakan cat, maka simaklah beberapa trik ini.


Comments


Please Login to leave a comment.