Urban Farming di BKB Petamburan Panen 25kg Kacang Panjang

Berita Kawasan

Urban Farming di BKB Petamburan Panen 25kg Kacang Panjang

Gaya hidup sehat sedang jadi tren dan digemari masyarakat, khususnya yang tinggal di perkotaan. Gaya hidup ini bukan hanya membuat tubuh menjadi lebih sehat, namun juga memengaruhi alam dan lingkungan. Hal ini membuat banyak orang peduli terhadap masalah lingkungan dan sumber pangan sehat dan berkualitas baik.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, beberapa orang melakukan aktivitas yang disebut dengan urban farming. Kegiatan ini mampu menghasilkan makanan sehat yang bisa dikonsumsi Anda dan keluarga. Urban farming sendiri adalah konsep bercocok tanam yang biasa dilakukan di perkebunan, kini dilakukan di perkotaan. Biasanya pelaku dan media tanamnya berbeda.

[Baca Juga: 200 Generasi Muda Ikuti Sosialisasi Urban Farming]

Dengan melakukan kegiatan tersebut, Anda bisa memiliki pasokan pangan yang sehat dan terjamin. Selain itu, kegiatan ini juga bisa menghijaukan lingkungan dan mengurangi dampak pemanasan global. Kegiatan ini bahkan diserukan oleh beberapa pemerintah kota, salah satunya adalah Kota Jakarta Pusat.

Melansir dari pusat.jakarta.go.id (6/5/2019) belum lama ini Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi dengan kelompok tani di bibir Banjir Kanal Barat (BKB), Petamburan, Jakarta Pusat memanen 25 kilogram kacang panjang hasil dari pertanian perkotaan atau urban farming. Hasil yang dipanen pun bukan hanya kacang panjang, namun di lahan sebesar 2.500 meter persegi tersebut sayuran lain juga ikut dipanen, seperti cabai dan timun suri.

[Baca Juga: Warga Cempaka Timur Galakkan Pertanian Perkotaan]

"Hari ini petani panen 25 kilogram kacang panjang, setelah melalui masa tanam selama 45 hari," kata Andiya salah satu petani yang tergabung dalam Kelompok Tani BKB Petamburan.

Andiya juga menambahkan, hasil panen kacang panjang di bantaran BKB ini akan dijual ke warga yang tinggal di sekitar lokasi atau pasar terdekat dengan harga Rp7.000-Rp10.000 per kilogram. 

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi sangat mengapresiasi kegiatan panen di bantaran BKB. Menurutnya kegiatan bercocok tanam tersebut dinilai perlu dikembangkan dan jadi contoh untuk area lainnya.

[Baca Juga: Poktan Kebayoran Lama Selatan Panen Sayur Sebanyak 149 kg]

"Hal seperti ini perlu dan bagus untuk dikembangkan secara produktif," katanuanya. Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Pusat Bayu Sari Hastuti menyebutkan, KPKP sudah secara aktif melakukan pembinaan urban farming kepada kelompok tani di wilayahnya. "Kami membina petani supaya bisa berbudidaya tanaman yang bermanfaat," ujarnya


Read More

Artikel Lainnya

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space.jpg

Hobi dan Hiburan

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space

23 June 2022, 17:30

Duet Boyzlife disebut akan diboyong untuk tampil pada 7 Agustus 2022 nanti untuk menampilkan lagu-lagu hits kedua anggotanya ketika masih di grup boyband Boyzone serta Westlife.


Comments


Please Login to leave a comment.