Urban Farming di BKB Petamburan Panen 25kg Kacang Panjang

Berita Kawasan

Urban Farming di BKB Petamburan Panen 25kg Kacang Panjang

Gaya hidup sehat sedang jadi tren dan digemari masyarakat, khususnya yang tinggal di perkotaan. Gaya hidup ini bukan hanya membuat tubuh menjadi lebih sehat, namun juga memengaruhi alam dan lingkungan. Hal ini membuat banyak orang peduli terhadap masalah lingkungan dan sumber pangan sehat dan berkualitas baik.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, beberapa orang melakukan aktivitas yang disebut dengan urban farming. Kegiatan ini mampu menghasilkan makanan sehat yang bisa dikonsumsi Anda dan keluarga. Urban farming sendiri adalah konsep bercocok tanam yang biasa dilakukan di perkebunan, kini dilakukan di perkotaan. Biasanya pelaku dan media tanamnya berbeda.

[Baca Juga: 200 Generasi Muda Ikuti Sosialisasi Urban Farming]

Dengan melakukan kegiatan tersebut, Anda bisa memiliki pasokan pangan yang sehat dan terjamin. Selain itu, kegiatan ini juga bisa menghijaukan lingkungan dan mengurangi dampak pemanasan global. Kegiatan ini bahkan diserukan oleh beberapa pemerintah kota, salah satunya adalah Kota Jakarta Pusat.

Melansir dari pusat.jakarta.go.id (6/5/2019) belum lama ini Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi dengan kelompok tani di bibir Banjir Kanal Barat (BKB), Petamburan, Jakarta Pusat memanen 25 kilogram kacang panjang hasil dari pertanian perkotaan atau urban farming. Hasil yang dipanen pun bukan hanya kacang panjang, namun di lahan sebesar 2.500 meter persegi tersebut sayuran lain juga ikut dipanen, seperti cabai dan timun suri.

[Baca Juga: Warga Cempaka Timur Galakkan Pertanian Perkotaan]

"Hari ini petani panen 25 kilogram kacang panjang, setelah melalui masa tanam selama 45 hari," kata Andiya salah satu petani yang tergabung dalam Kelompok Tani BKB Petamburan.

Andiya juga menambahkan, hasil panen kacang panjang di bantaran BKB ini akan dijual ke warga yang tinggal di sekitar lokasi atau pasar terdekat dengan harga Rp7.000-Rp10.000 per kilogram. 

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi sangat mengapresiasi kegiatan panen di bantaran BKB. Menurutnya kegiatan bercocok tanam tersebut dinilai perlu dikembangkan dan jadi contoh untuk area lainnya.

[Baca Juga: Poktan Kebayoran Lama Selatan Panen Sayur Sebanyak 149 kg]

"Hal seperti ini perlu dan bagus untuk dikembangkan secara produktif," katanuanya. Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Pusat Bayu Sari Hastuti menyebutkan, KPKP sudah secara aktif melakukan pembinaan urban farming kepada kelompok tani di wilayahnya. "Kami membina petani supaya bisa berbudidaya tanaman yang bermanfaat," ujarnya

Read More

Artikel Lainnya

Kasus Terus Bertambah, Flat Isolasi Mandiri Tower 5 Sudah Terisi 91 Persen

Kesehatan

Kasus Terus Bertambah, Flat Isolasi Mandiri Tower 5 Sudah Terisi 91%

21 September 2020, 16:25

Di Tower 5 sudah terisi 1.442 pasien OTG yang tidak punya tempat untuk melakukan isolasi mandiri. Ini berarti tingkat hunian Flat Isolasi Mandiri mencapai 91,84 persen.

Hasil Patroli Akhir Pekan di Bogor Cenderung Sepi dan Terkendali

Berita Kawasan

Hasil Patroli: Akhir Pekan i Bogor Cenderung Sepi dan Terkendali

21 September 2020, 15:11

Wali Kota Bima Arya dan tim menyisir sejumlah restoran dan kafe di sepanjang Jalan KH Abdulah Bin Nuh (Yasmin), Semplak, Cilendek hingga Gunung Batu di Kota Bogor.

HBO Rajai Emmy Awards untuk Televisi, Apple Raih Piala Pertama

Hobi dan Hiburan

HBO Rajai Emmy Awards untuk Televisi, Apple Raih Piala Pertama

21 September 2020, 14:10

Pelopor streaming online Netflix Inc, yang memimpin perolehan dengan rekor 160 nominasi, memperoleh 21 penghargaan.

MRT Jakarta Raih Enam Penghargaan BUMD Marketeers Awards 2020

Bisnis

MRT Jakarta Raih Enam Penghargaan BUMD Marketeers Awards 2020

21 September 2020, 13:27

PT MRT Jakarta (Perseroda) juga mendapatkan penghargaan ICSB Presidential Award dari International Council for Small Business (ICSB) Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.