Urban Farming di BKB Petamburan Panen 25kg Kacang Panjang

Berita Kawasan

Urban Farming di BKB Petamburan Panen 25kg Kacang Panjang

Gaya hidup sehat sedang jadi tren dan digemari masyarakat, khususnya yang tinggal di perkotaan. Gaya hidup ini bukan hanya membuat tubuh menjadi lebih sehat, namun juga memengaruhi alam dan lingkungan. Hal ini membuat banyak orang peduli terhadap masalah lingkungan dan sumber pangan sehat dan berkualitas baik.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, beberapa orang melakukan aktivitas yang disebut dengan urban farming. Kegiatan ini mampu menghasilkan makanan sehat yang bisa dikonsumsi Anda dan keluarga. Urban farming sendiri adalah konsep bercocok tanam yang biasa dilakukan di perkebunan, kini dilakukan di perkotaan. Biasanya pelaku dan media tanamnya berbeda.

[Baca Juga: 200 Generasi Muda Ikuti Sosialisasi Urban Farming]

Dengan melakukan kegiatan tersebut, Anda bisa memiliki pasokan pangan yang sehat dan terjamin. Selain itu, kegiatan ini juga bisa menghijaukan lingkungan dan mengurangi dampak pemanasan global. Kegiatan ini bahkan diserukan oleh beberapa pemerintah kota, salah satunya adalah Kota Jakarta Pusat.

Melansir dari pusat.jakarta.go.id (6/5/2019) belum lama ini Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi dengan kelompok tani di bibir Banjir Kanal Barat (BKB), Petamburan, Jakarta Pusat memanen 25 kilogram kacang panjang hasil dari pertanian perkotaan atau urban farming. Hasil yang dipanen pun bukan hanya kacang panjang, namun di lahan sebesar 2.500 meter persegi tersebut sayuran lain juga ikut dipanen, seperti cabai dan timun suri.

[Baca Juga: Warga Cempaka Timur Galakkan Pertanian Perkotaan]

"Hari ini petani panen 25 kilogram kacang panjang, setelah melalui masa tanam selama 45 hari," kata Andiya salah satu petani yang tergabung dalam Kelompok Tani BKB Petamburan.

Andiya juga menambahkan, hasil panen kacang panjang di bantaran BKB ini akan dijual ke warga yang tinggal di sekitar lokasi atau pasar terdekat dengan harga Rp7.000-Rp10.000 per kilogram. 

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi sangat mengapresiasi kegiatan panen di bantaran BKB. Menurutnya kegiatan bercocok tanam tersebut dinilai perlu dikembangkan dan jadi contoh untuk area lainnya.

[Baca Juga: Poktan Kebayoran Lama Selatan Panen Sayur Sebanyak 149 kg]

"Hal seperti ini perlu dan bagus untuk dikembangkan secara produktif," katanuanya. Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Pusat Bayu Sari Hastuti menyebutkan, KPKP sudah secara aktif melakukan pembinaan urban farming kepada kelompok tani di wilayahnya. "Kami membina petani supaya bisa berbudidaya tanaman yang bermanfaat," ujarnya


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.