Usaha Mi Ayam Samino yang Bertahan Puluhan Tahun

Bisnis

Usaha Mi Ayam Samino yang Bertahan Puluhan Tahun

Untuk memulai suatu usaha, dibutuhkan keberanian yang kuat. Karena kemungkinan Anda tidak tahu kapan bisa cepat balik modal dan bisa mendapatkan keuntungan yang banyak saat memulai usaha kuliner. Contohnya Johanes Baptista Samino atau yang akrab disapa Samino. Beliau salah satu orang yang berani menjalani Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan pada akhirnya menuai kesuksesan dalam mengembangkan usahanya hingga sekarang. Kini, Samino memiliki pabrik pembuatan mi mentah dan mengelola 170 UKM mi ayam yang tersebar di Kota Tangerang dan Jakarta.

Dalam menjalankan usahanya seperti dilansir dari laman tangerangkota.go.id (24/06/2019) Samino melalui proses yang panjang. Ia memulai usaha mi ayam gerobak di Jakarta tahun 1981. Dari sinilah ia mendapatkan ilmu usaha dari saudaranya yang sudah terlebih dahulu berjualan mi ayam.

[Baca Juga: 6 Bakso dan Mie Ayam Favorit Di Sekitar Cakung & Duren Sawit]

Lalu, tahun 1994, Samino pindah ke Kota Tangerang dan menjadi Warga Sudimara Timur, Kecamatan Ciledug. Seiring waktu yang panjang dan melelahkan, usaha yang dijalani Samino semakin maju dan berkembang.

Bayangkan saja, hampir tiap hari usaha yang dikelola Pak Samino dapat menghabiskan 1.000 kilogram tepung terigu untuk memproduksi 12.000 porsi mi dan didistribusikan kepada ratusan UKM yang dikelolanya. Tak sedikit yang membeli mi olahan Samino ini. Setiap UKM bisa membeli sebanyak 3-6 kilogram mi.

Selain memproduksi mi, ia juga membuka pelatihan bagi pelaku UKM yang ingin berjualan mi ayam dengan maksud ingin menularkan menularkan kesuksesan kepada pelaku UKM lainnya, terutama penjual mi ayam. Pelaku UKM diajarkan bagaimana cara membuat bumbu, memasak mi sampai dengan penyajian.

[Baca Juga: Sisca Soewitomo Beri Pelatihan Usaha Kuliner di RPTRA Dewi Shinta]

"Bagi yang mau ikut pelatihan bisa datang, nanti akan dipinjamkan gerobak dan dandangnya untuk berjualan. Saya ingin agar karyawan dan penjaja mi ayam yang dikelolanya memiliki usaha mi ayam sendiri," ujar Samino.

Samino bersedia berbagi ilmunya secara gratis dengan menjadi pemateri pelatihan di berbagai paguyuban pelaku UKM kuliner. Buat Anda tertarik ingin belaja usaha. Datang saja langsung ke tempat produksi mi Samino yang berlokasi di Jalan Masjid V Nomor 135 Kelurahan Sudimara Timur, Kecamatan Ciledug.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.