Usai Dibayangi Kekeringan, Jakarta Selatan Akhirnya Diguyur Hujan

Berita Kawasan

Usai Dibayangi Kekeringan, Jakarta Selatan Akhirnya Diguyur Hujan

Cuaca terik serta hawa yang panas terus membuat banyak warga Jakarta Selatan tidak nyaman beraktivitas di luar ruangan selama lebih dari sebulan akibat musim kemarau yang terus membayangi. Namun untungnya hal ini berubah pada 8 Oktober 2019 malam. Pasalnya, hujan akhirnya mengguyur deras di kawasan Jakarta Selatan dan hal ini langsung disambut hangat oleh para warganya yang mengekspresikannya melalui media sosial.

Berbagai media tanah air mewartakan bagaimana banyaknya netizen yang menyampaikan rasa syukurnya dengan hujan yang turun di area Jakarta Selatan. Bahkan tak sedikit yang memperlihatkan mereka menyampaikan hal tersebut di kala berteduh di bawah jalan fly over. “Alhamdulillah Jakarta turun hujan di Benhill,” tulis Ahmad Warsito di Twitter yang disertai dengan video, sebagaimana dikutip dari megapolitan.kompas.com (8/10/2019).

Usai Dibayangi Kekeringan, Jakarta Selatan Akhirnya Diguyur Hujan

Turunnya hujan di Jakarta Selatan ini sebenarnya bertepatan dengan langkah antisipasi Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan dalam antisipasi genangan air jika terjadi hujan. Seperti yang terlihat pada pagi dan siang hari sebelum hujan, Satuan Petugas (Satgas) dari Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Pancoran turun ke lapangan untuk melakukan pengurasan saluran air di tiga titik.

[Baca Juga: Antisipasi Musim Hujan, Saluran Kelurahan Bungur Dibersihkan]

Tiga titik itu terdiri dari saluran air di Jalan Kalibata Raya yang berada di depan Mall Kalibata, Jalan Pancoran Timur 3, dan terakhir di Jalan Pengadehan Utara. Kepala Satgas SDA Kecamatan Pancoran Supriyanto menyebut pengurasan ini dilakukan guna menghindari genangan air jika hujan turun yang ternyata terbukti terjadi pada malam harinya.

“Ini sebagai antisipasi. Kita lakukan agar tidak terjadi genangan di sekitar tiga lokasi itu,” ujar Supriyanto, sebagaimana dikutip dari selatan.jakarta.go.id (8/10/2019). Ia menyebut, saluran air di tiga lokasi itu memang terpantau telah ditutupi sedimen lumpur. Sehingga pengurasan memang diperlukan demi memastikan aliran air di saluran tersebut lancar dan tak memicu meluapnya air ke jalanan.

[Baca Juga: Jakarta Selatan Bersiap Antisipasi Musim Hujan]

Pada proses pengerjaan di saluran air tersebut, Supriyanto menjelaskan, Satgas SDA Kecamatan Pancoran mengerahkan 16 personel. Namun ia tetap menyebut pekerjaan ini tidak akan selesai secara instan. “Ditargetkan dua sampai tiga minggu, pengurasan saluran akan rampung dikerjakan,” imbuhnya.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.