Usai Dibayangi Kekeringan, Jakarta Selatan Akhirnya Diguyur Hujan

Berita Kawasan

Usai Dibayangi Kekeringan, Jakarta Selatan Akhirnya Diguyur Hujan

Cuaca terik serta hawa yang panas terus membuat banyak warga Jakarta Selatan tidak nyaman beraktivitas di luar ruangan selama lebih dari sebulan akibat musim kemarau yang terus membayangi. Namun untungnya hal ini berubah pada 8 Oktober 2019 malam. Pasalnya, hujan akhirnya mengguyur deras di kawasan Jakarta Selatan dan hal ini langsung disambut hangat oleh para warganya yang mengekspresikannya melalui media sosial.

Berbagai media tanah air mewartakan bagaimana banyaknya netizen yang menyampaikan rasa syukurnya dengan hujan yang turun di area Jakarta Selatan. Bahkan tak sedikit yang memperlihatkan mereka menyampaikan hal tersebut di kala berteduh di bawah jalan fly over. “Alhamdulillah Jakarta turun hujan di Benhill,” tulis Ahmad Warsito di Twitter yang disertai dengan video, sebagaimana dikutip dari megapolitan.kompas.com (8/10/2019).

Usai Dibayangi Kekeringan, Jakarta Selatan Akhirnya Diguyur Hujan

Turunnya hujan di Jakarta Selatan ini sebenarnya bertepatan dengan langkah antisipasi Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan dalam antisipasi genangan air jika terjadi hujan. Seperti yang terlihat pada pagi dan siang hari sebelum hujan, Satuan Petugas (Satgas) dari Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Pancoran turun ke lapangan untuk melakukan pengurasan saluran air di tiga titik.

[Baca Juga: Antisipasi Musim Hujan, Saluran Kelurahan Bungur Dibersihkan]

Tiga titik itu terdiri dari saluran air di Jalan Kalibata Raya yang berada di depan Mall Kalibata, Jalan Pancoran Timur 3, dan terakhir di Jalan Pengadehan Utara. Kepala Satgas SDA Kecamatan Pancoran Supriyanto menyebut pengurasan ini dilakukan guna menghindari genangan air jika hujan turun yang ternyata terbukti terjadi pada malam harinya.

“Ini sebagai antisipasi. Kita lakukan agar tidak terjadi genangan di sekitar tiga lokasi itu,” ujar Supriyanto, sebagaimana dikutip dari selatan.jakarta.go.id (8/10/2019). Ia menyebut, saluran air di tiga lokasi itu memang terpantau telah ditutupi sedimen lumpur. Sehingga pengurasan memang diperlukan demi memastikan aliran air di saluran tersebut lancar dan tak memicu meluapnya air ke jalanan.

[Baca Juga: Jakarta Selatan Bersiap Antisipasi Musim Hujan]

Pada proses pengerjaan di saluran air tersebut, Supriyanto menjelaskan, Satgas SDA Kecamatan Pancoran mengerahkan 16 personel. Namun ia tetap menyebut pekerjaan ini tidak akan selesai secara instan. “Ditargetkan dua sampai tiga minggu, pengurasan saluran akan rampung dikerjakan,” imbuhnya.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.