Usai PSBB, Zomato Akan Hadirkan Restoran dengan Teknologi Nirsentuh

Bisnis

Usai PSBB, Zomato Akan Hadirkan Restoran dengan Teknologi Nirsentuh

Pandemi COVID-19 telah mengacak-acak aspek kehidupan, dan hal ini tak pernah terbayangkan sebelumnya. Interaksi dengan dunia luar, dengan ruang publik bahkan dengan sesama individu pun dibatasi dengan ketat. Alasannya hanya satu, memutuskan rantai penyebaran virus SARS-CoV-2 di tanah air.

Pola hidup bersih dan sehat adalah dua hal yang selalu hilir mudik di telinga setiap harinya, dan kemudian dengan cepat mengorientasikan ulang pemahaman masyarakat tentang standar kebersihan. Alhasil, situasi ini akan menuntut kita semua untuk menjaga keselamatan dan menjunjung tinggi kebersihan.

[Baca Juga: Survei LIPI: Hanya 3,5 Persen Bisnis Tidak Terdampak Pandemi]

Memprioritaskan kebersihan pun bisa mengarah ke tindakan berlebihan, dan bisa memberikan dampak luas bagi aspek bisnis, utamanya di bidang jasa dan layanan kuliner. Sudah lebih dari dua bulan masyarakat Indonesia menaati pembatasan sosial berskala besar atau PSBB. Dan dalam masa ini pula, kesempatan santap kuliner di luar rumah hanya angan-angan.

Melalui keterangan resmi yang diterima PingPoint.co.id, platform kuliner digital Zomato berpandangan bahwa saat berakhirnya PSBB, semua restoran harus putar otak mengimbangi sensibilitas pelanggan mereka saat mulai kembali beroperasi.

Usai PSBB, Zomato Akan Hadirkan Restoran dengan Teknologi Nirsentuh

“Untuk mengurangi rasa khawatir tersebut, kami memperkenalkan Contactless Dining dengan harapan membuat pengalaman makan Anda lebih aman dan efisien dengan mengurangi sentuhan dengan elemen-elemen yang ada di restoran,” tulis keterangan resmi itu.

Singkatnya, setelah berakhirnya pemberlakuan PSBB, Zomato ingin menghadirkan restoran berkonsep nirsentuh atau minim kontak, tentunya dengan memanfaatkan kecanggihan dan kemudahan yang diberikan oleh teknologi. Untuk lebih memudahkan dalam memahami, konsep ini dilandaskan oleh 3 faktor pendukung utama. Yaitu:

1) Contacless Menu

Hal ini akan mengurangi intensitas pelanggan untuk menyentuh serta melihat buku menu dan buku tagihan atau struk, sekaligus juga mengurangi interaksi dengan staff restoran. Dengan fitur ini, memungkinkan pelanggan untuk membayar untuk satu meja atau membayar hanya untuk diri sendiri dan menambahkan order berikutnya melalui aplikasi.

Caranya mudah cukup memindai kode QR yang telah disiapkan di atas meja restoran. Dengan ujung jari Anda bisa menjelajah menu restoran secara leluasa. Namun tetap memastikan pengalaman di restoran akan tetap sama bagi Anda.

2) Contactless Order

Aplikasi Zomato berikut fiturnya akan memudahkan pengguna atau pelanggan restoran untuk memesan makanan favoritnya tanpa harus bertatap muka dan berinteraksi dengan karyawan restoran. Jika pun ada perubahan menu yang dipesan, pelanggan tak usah repot-repot memanggil karyawan restoran untuk buru-buru mengganti menu.

3) Contactless Payment.

Terakhir, Anda tidak perlu meminta bantuan untuk memesan makanan atau minuman atau bahkan membayar tagihan dari pesanan anda lagi, sehingga hal ini membuat seluruh pengalaman Anda akan lebih mudah dan gampang dari sebelumnya. Setelah puas menyantap hidangan, cukup bayar tagihan lewat aplikasi dan tinggalkan restoran.

[Baca Juga: Geliat Bisnis Modest Fashion di Tengah Pandemi]

Konsep anyar yang diboyong oleh Zomato diklaim sebagai sebuah langkah maju yang visioner bagi industri restoran. Inovasi ini digadang-gadang akan menghadirkan pengalaman bersantap yang lebih baik dan tentunya mudah bagi pelanggan. Di sisi lain, pagi pelaku, inovasi ini diyakini bisa membantu penurunan biaya kerja serta mengurangi waktu pergantian meja.

“Karena kebersihan lebih diutamakan, kami merekomendasikan bahwa restoran dengan bijaksana mengikuti protokol yang ditetapkan oleh otoritas kesehatan di seluruh dunia (termasuk WHO). Untuk mendorong ini, kami menambahkan fitur keamanan pada aplikasi di mana restoran akan dapat melaporkan sendiri langkah-langkah keselamatan dan kebersihan yang mereka lakukan.,” tutup keterangan tertulis itu.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.