Usulan PSBB Sudah Diajukan, Malang Raya Bersiap-siap

Berita Kawasan

Usulan PSBB Sudah Diajukan, Malang Raya Bersiap-siap

Usulan rancangan draft PSBB Malang Raya telah diajukan ke Gubernur Jatim. Gubernur pun telah merestui dan mengirim draft PSBB Malang Raya ke Kementerian Kesehatan. Dalam menunggu penantian penerapan PSBB ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sekaligus Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo memberikan arahan dan penjelasan mengenai PSBB melalui video conference di Ngalam Command Center (NCC) Balai Kota Malang.

Melansir laman radarmalang.jawapos.com (11/05/2020), dalam video rapat tersebut dihadiri Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Kapolres Malang Kota Kombes Pol Leonardus Harapantua Simarmata, Dandim 0833 Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson, Sekkota Wasto, dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang Alie Mulyanto.

Pemkot Malang Ajukan Surat Permohonan untuk PSBB

Rapat koordinasi online tadi juga diikuti Kepala Daerah se-Jawa Timur, di antaranya Kepala Daerah Gresik, Jember, hingga Banyuwangi. Dari rapat koordinasi itu Pemkot Malang mendapatkan ilmu banyak. Termasuk, belajar penerapan PSBB dari daerah yang sudah melakukan lebih dulu, seperti Gresik yang masuk skema PSBB Surabaya Raya.

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko menjelaskan inti dari pengarahan tersebut yaitu ada pada masyarakat dalam rangka menurunkan penyebaran COVID-19. “Kalau masyarakat mau patuh, pasti wabah korona ini bisa terjaga dan terkendali,” ucapnya.

[Baca Juga: Polresta Malang Siapkan Penjagaan Bila PSBB Diterapkan]

Jika jadi diterapkan, Bung Edi mengatakan, Pemkot Malang bakal menerbitkan Peraturan Wali Kota (Perwal). Lewat Perwal ini, semua peraturan tentang PSBB tertulis. “Pintu-pintu masuk akan diketati. Nanti ada sanksi bagi yang melanggar, ada sanksi dalam poin Perwal itu. Ini masih dalam proses pembahasan,” ujarnya.

Sementara itu di lain tempat, Bupati Malang Muhammad Sanusi mengatakan PSBB yang akan dilakukan di Kabupaten Malang tidak akan diterapkan ke seluruh kecamatan yang berjumlah 33 itu. Penerapannya hanya yang dikategorikan sebagai zona merah di 12 kecamatan.

Di 12 kecamatan tersebut, pihaknya mengaku akan memperketat aturan PSBB. Bila ada yang melanggarnya, maka ditindak tegas. Seperti orang yang berboncengan sepeda motor. “Atau orang yang tidak pakai masker ketika keluar rumah pasti disuruh pulang sama polisi yang berjaga di zona merah dan termasuk PSBB. Jadi, sifatnya ini langsung ditindak dan ada sanksinya karena termasuk PSBB,” papar Sanusi.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.