Usulan PSBB Sudah Diajukan, Malang Raya Bersiap-siap

Berita Kawasan

Usulan PSBB Sudah Diajukan, Malang Raya Bersiap-siap

Usulan rancangan draft PSBB Malang Raya telah diajukan ke Gubernur Jatim. Gubernur pun telah merestui dan mengirim draft PSBB Malang Raya ke Kementerian Kesehatan. Dalam menunggu penantian penerapan PSBB ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sekaligus Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo memberikan arahan dan penjelasan mengenai PSBB melalui video conference di Ngalam Command Center (NCC) Balai Kota Malang.

Melansir laman radarmalang.jawapos.com (11/05/2020), dalam video rapat tersebut dihadiri Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Kapolres Malang Kota Kombes Pol Leonardus Harapantua Simarmata, Dandim 0833 Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson, Sekkota Wasto, dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang Alie Mulyanto.

Pemkot Malang Ajukan Surat Permohonan untuk PSBB

Rapat koordinasi online tadi juga diikuti Kepala Daerah se-Jawa Timur, di antaranya Kepala Daerah Gresik, Jember, hingga Banyuwangi. Dari rapat koordinasi itu Pemkot Malang mendapatkan ilmu banyak. Termasuk, belajar penerapan PSBB dari daerah yang sudah melakukan lebih dulu, seperti Gresik yang masuk skema PSBB Surabaya Raya.

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko menjelaskan inti dari pengarahan tersebut yaitu ada pada masyarakat dalam rangka menurunkan penyebaran COVID-19. “Kalau masyarakat mau patuh, pasti wabah korona ini bisa terjaga dan terkendali,” ucapnya.

[Baca Juga: Polresta Malang Siapkan Penjagaan Bila PSBB Diterapkan]

Jika jadi diterapkan, Bung Edi mengatakan, Pemkot Malang bakal menerbitkan Peraturan Wali Kota (Perwal). Lewat Perwal ini, semua peraturan tentang PSBB tertulis. “Pintu-pintu masuk akan diketati. Nanti ada sanksi bagi yang melanggar, ada sanksi dalam poin Perwal itu. Ini masih dalam proses pembahasan,” ujarnya.

Sementara itu di lain tempat, Bupati Malang Muhammad Sanusi mengatakan PSBB yang akan dilakukan di Kabupaten Malang tidak akan diterapkan ke seluruh kecamatan yang berjumlah 33 itu. Penerapannya hanya yang dikategorikan sebagai zona merah di 12 kecamatan.

Di 12 kecamatan tersebut, pihaknya mengaku akan memperketat aturan PSBB. Bila ada yang melanggarnya, maka ditindak tegas. Seperti orang yang berboncengan sepeda motor. “Atau orang yang tidak pakai masker ketika keluar rumah pasti disuruh pulang sama polisi yang berjaga di zona merah dan termasuk PSBB. Jadi, sifatnya ini langsung ditindak dan ada sanksinya karena termasuk PSBB,” papar Sanusi.


Read More

Artikel Lainnya

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonto n.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonton

09 August 2022, 18:22

Dengan menghadirkan dua tema yang berbeda dalam konsernya yang dibagi menjadi dua sesi, fans Kahitna berhasil dipukau pada akhir pekan kemarin.

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi.jpg

Kesehatan

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi

09 August 2022, 15:20

Dokter spesialis anak di RSND Kota Semarang memaparkan mengapa pemberian ASI eksklusif dapat menjadi investasi bagi bayi Anda.

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Sura baya.jpg

Berita Kawasan

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Surabaya

09 August 2022, 11:18

Walau perayaan HUT Kemerdekaan RI masih satu pekan lagi tapi suasana 17 Agustusan sudah mulai terlihat di Kota Surabaya dengan beberapa kegiatan.

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.


Comments


Please Login to leave a comment.