Vaksin COVID-19 Hanya Langkah Awal, Perjalanan Memusnahkan Virus Masih Panjang

Kesehatan

Vaksin COVID-19 Hanya Langkah Awal, Perjalanan Memusnahkan Virus Masih Panjang

Dalam imajinasi publik, kedatangan vaksin COVID-19 adalah hal penting yang paling ditunggu. Namun, para ahli kesehatan masyarakat membahas di antara mereka sendiri kekhawatiran baru: bahwa harapan akan vaksin mungkin terlalu tinggi.

Penggambaran yang meyakinkan oleh para politisi dan perusahaan farmasi bahwa sebuah vaksin sudah dekat dan tidak terhindarkan dapat memberi orang kepercayaan yang tidak realistis tentang seberapa cepat dunia dapat kembali normal.

Dua vaksin COVID-19 memasuki tahap akhir pengujian manusia minggu lalu, sebuah catatan kecepatan ilmiah yang mendorong pejabat tinggi kesehatan pemerintah untuk mengucapkan kata-kata seperti "bersejarah" dan "mencengangkan." Eksekutif farmasi memperkirakan kepada Kongres AS pada bulan Juli bahwa vaksin mungkin tersedia paling cepat pada bulan Oktober, atau sebelum akhir tahun.

Vaksin COVID-19 Hanya Langkah Awal, Perjalanan Memusnahkan Virus Masih Panjang

Seiring dengan kemajuan alur cerita, begitu pula ekspektasi: Jika orang bisa menyelesaikan beberapa bulan lagi, vaksin akan mendarat, pandemi akan berakhir dan semua orang dapat membuang mereka mereka. Namun, skenario kasus terbaik telah gagal terwujud selama pandemi, dan para ahli yang percaya sepenuh hati pada kekuatan vaksin, meramalkan jalan panjang ke depan.

"Sepertinya, bagi saya, tidak mungkin bahwa vaksin adalah mematikan atau tombol reset di mana kita akan kembali ke masa pra-pandemi," kata Yonatan Grad, asisten profesor penyakit menular dan imunologi di Harvard T.H. Chan School of Public Health, AS seperti diberitakan washingtonpost.com (7/8/2020).

[Baca Juga: Sudah Sampai Tahap Mana Penelitian Vaksin COVID-19 Saat Ini?]

Pernyataan bahwa suatu vaksin telah terbukti aman dan efektif akan menjadi awal, bukan akhir. Menyebarkan vaksin ke orang-orang di Amerika Serikat dan di seluruh dunia akan menguji dan membebani jaringan distribusi, rantai pasokan, kepercayaan publik, dan kerja sama global. Diperlukan waktu berbulan-bulan atau, lebih mungkin, bertahun-tahun untuk menjangkau cukup banyak orang untuk membuat dunia aman.

Bagi mereka yang mendapatkan vaksinasi segera setelah suntikan tersedia, perlindungan tidak akan langsung muncul - sistem kekebalan membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk memanggil peleton penuh antibodi pelawan penyakit. Dan banyak teknologi vaksin akan membutuhkan suntikan kedua untuk meningkatkan pertahanan kekebalan.

Unpad Uji Klinis Vaksin COVID-19, Ridwan Kamil Siap Jadi Relawan.jpg

Kekebalan dapat berumur pendek atau parsial, membutuhkan penguat berulang yang membebani pasokan vaksin atau mengharuskan orang untuk menjaga jarak sosial dan memakai masker bahkan setelah mereka menerima suntikan. Dan jika vaksin bekerja kurang baik untuk beberapa kelompok orang, jika sebagian besar penduduk enggan untuk mendapatkan vaksin atau jika tidak ada cukup vaksin, beberapa orang akan tetap sakit bahkan setelah ilmuwan menyatakan kemenangan atas vaksin - yang dapat membantu menumbuhkan kesan palsu, padahal sebenarnya itu tidak berhasil.

Anthony S. Fauci, direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular, bersaksi Jumat di depan Kongres AS, ia "sangat optimistis" bahwa uji klinis Tahap 3 yang melibatkan 30.000 orang yang baru saja berlangsung akan menghasilkan vaksin yang efektif. Namun, ada sedikit pembicaraan tentang bagaimana memikirkan tentang kegagalan, meskipun itu adalah bagian yang tak terhindarkan dari sains.

[Baca Juga: Unpad Mulai Buka Pendaftaran Peserta Uji Klinis Vaksin COVID-19]

Semua vaksin yang disetujui harus terbukti aman dan efektif, tetapi itu tidak berarti fungsinya sama. Vaksin campak adalah salah satu yang terbaik - 98 persen efektif untuk mencegah penyakit. Namun, berdasarkan penelitian vaksin flu, sebagian besar hanya efektif 40 sampai 60 persen. Dan beberapa vaksin bekerja kurang baik dalam kelompok orang. Orang tua, misalnya, memiliki respons kekebalan yang kurang kuat dan membutuhkan vaksin flu dosis tinggi khusus, atau yang mengandung bahan tambahan yang disebut adjuvan.

Pencarian vaksin telah meyakinkan banyak ilmuwan bahwa kesuksesan itu mungkin. Tetapi jika janji vaksin tergantung seperti kartu bebas keluar dari penjara, mungkin dunia tidak cukup untuk membangun semua alat lain: perawatan, pengujian, pelacakan kontak, yang diperlukan untuk kembali ke normal.


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 1 month lalu
    rine

    ayo sini pada merapat... asik main game dapat berbagai macam bonus, dan bisa jadi jutawan juga... hanya di QQHarian rasakan sensasinya guuuys...... <a href="https://qqharian.org/" rel="nofollow noopener" title="JOIN NOW">Click Disini</a>

  • Rine 2 years, 1 month lalu
    rine

    Hanya perlu modal dikit aja kita bisa jadi kaya, gimana caranya yaa...??? buruan dech ke qqharian bikin hati senang kondisi dompetpun tenang.... TAPI jangan lupa join now, kalo mau cepat ikutan kaya... <a href="https://qqharian.org/" rel="nofollow noopener" title="JOIN NOW">Click Disini</a>