Vaksinasi COVID-19 Lansia di Depok Prioritaskan 10 Kelurahan

Kesehatan

Vaksinasi COVID-19 Lansia di Depok Prioritaskan 10 Kelurahan

Vaksinasi COVID-19 untuk lansia Kota Depok akan diprioritaskan di 10 kelurahan. Langkah tersebut diambil karena wilayah-wilayah tersebut masuk kategori kasus COVID-19 tertinggi berdasarkan data Picodep tanggal 24 Februari 2021.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita mengatakan, jumlah sasaran Vaksinasi COVID-19 bagi lansia untuk tahap kedua ini sebanyak 2.232 orang. Tentunya dengan usia di atas 60 tahun ber-KTP atau domisili di Kota Depok. “Untuk saat ini sasarannya 2.232 lansia usia di atas 60 tahun. Yang ber-KTP atau domisili di 10 kelurahan prioritas,” tuturnya seperti diberitakan berita.depok.go.id (2/03/21).

Vaksinasi COVID-19 Lansia di Depok Prioritaskan 10 Kelurahan

Novarita menuturkan, lansia yang akan mendapatkan Vaksinasi COVID-19 harus mengisi formulir pendaftaran melalui link s.id/VAKSINLANSIA-DEPOK. Untuk pelaksanaannya akan disesuaikan masing-masing fasilitas kesehatan atau faskes.

Dia melanjutkan, tidak semua lansia bisa langsung mendapatkan Vaksinasi COVID-19. Sebab, para lansia harus melalui tahapan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. “Sebelum divaksin, lansia akan menjalani skrining kesehatan, jika lolos baru dilakukan vaksinasi,” tuturnya.

[Baca Juga: Bodebek Zona Merah, Ridwan Kamil Turun Langsung untuk Ngantor di Depok]

Untuk diketahui, 10 kelurahan yang menjadi prioritas pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 bagi lansia antara lain Kelurahan Depok Jaya, Abadijaya, Tugu, Rangkapan Jaya, dan Mekarsari. Selanjutnya, Kelurahan Grogol, Tanah Baru, Mekarjaya, Sukamaju, serta Kelurahan Baktijaya.

Sementara itu, Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) ditunjuk sebagai rumah sakit pelaksana vaksinasi COVID-19 bagi lansia di Depok. Manajer Pengembangan Bisnis RSUI, Astrid Saraswaty Dewi mengatakan, sesuai penunjukan dari Dinas Kesehatan Kota Depok, hanya warga di 4 kelurahan yang dapat menjalani vaksinasi lansia di RSUI Depok. "Hanya yang dari 4 wilayah kelurahan yakni Kelurahan Depok Jaya, Abadijaya, Mekarjaya, dan Bhaktijaya," kata Astrid seperti diberitakan Tempo.co.

Vaksinasi COVID-19 Lansia di Depok Prioritaskan 10 Kelurahan

Astrid mengatakan, untuk pelaksanaan vaksinasi lansia dilakukan dari tanggal 1 hingga 4 Maret 2021. Bagi masyarakat yang ingin disuntik vaksin COVID-19 harus mendaftar sehari sebelum pelaksanaan vaksinasi. "Untuk yang mau vaksin besok berarti hari ini daftarnya, maksimal 1 hari sebelum hari pelaksanaan vaksinasi," kata Astrid.

Warga lansia di empat kelurahan itu dapat mendaftarkan diri untuk vaksinasi COVID-19 lansia melalui tautan dari Dinas Kesehatan Kota Depok tersebut di atas. "Untuk kuota per hari diatur dari Dinkes Depok, melalui tautan tersebut. Setelah mengisi tautan di atas, warga yang telah terdaftar dapat datang ke RSUI sesuai waktu yang dipilih di tautan," tutup Astrid.

Read More

Artikel Lainnya

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya dilaksanakan Bulan Juli 2021.jpg

Pendidikan

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya dilaksanakan Bulan Juli 2021

11 April 2021, 08:06

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya akan dilaksanakan pada tahun ajaran baru 2021/2022. Meskipun pemerintah sudah memberikan lampu hijau agar sekolah tatap muka dilaksanakan segera, namun Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya masih belum bisa melaksanakan.

Geliat Bisnis Properti Masa Era New Normal di Kota Semarang

Properti dan Solusi

Geliat Bisnis Properti Era New Normal di Kota Semarang

10 April 2021, 18:47

“Hikmah dari kebijakan di rumah saja membuat para penghuni rumah mulai menyadari bahwa rumah yang mereka tinggali perlu pembenahan di beberapa bagian,” ujar Hafid Santoso pemilik H+S Architect, usaha konsultan arsitek di kota Semarang

Tirta Nirwana 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Tirta Nirwana Songgoriti: Pertemuan Kerajaan Medang, Singosari, dan Tionghoa

10 April 2021, 18:07

Berwisata ke Tirta Nirwana kita bisa sedikit mencuil pelajaran pertemuan sejarah kerajaan di Indonesia dan Tionghoa. Lebih dari itu, bermain air di sini sangatlah menyenangkan.

Teletubies 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Menghabiskan Waktu di Bukit Teletubies Bersama Gunung Arjuno

10 April 2021, 17:08

Berwisata di tempat menyejukkan yang tak perlu bayar tiket atau parkir ada di Kota Batu, yakni Bukit Teletubies.


Comments


Please Login to leave a comment.