Vaksinasi COVID-19 Tahap Ketiga di Jawa Tengah Sasar ODGJ

Kesehatan

Vaksinasi COVID-19 Tahap Ketiga di Jawa Tengah Sasar ODGJ

Vaksinasi COVID-19 tahap ketiga di Jawa Tengah akan menyasar penyadang disabilitas, masyarakat berpenghasilan rendah, hingga orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Dari sejumlah kelompok masyarakat tersebut, ODGJ akan menjadi prioritas sasaran penerima vaksinasi COVID-19 pada pekan vaksinasi nasional.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, Yulianto Prabowo menuturkan, ODGJ penting menjadi sasaran penerima vaksin karena sebenarnya mereka masuk dalam kelompok rentan. “Mereka masuk dalam kelompok rentan dan akan diberikan vaksinasi pada tahap ketiga,” ujar Yulianto. Demikian keterangan tertulis yang diterima tim redaksi PingPoint.co.id, Sabtu (5/6/2021).

Vaksin UNY

ODGJ juga dinilai memiliki komorbid banyak sehingga jika terkena COVID-19, dampaknya lebih berisiko dari pada orang umum. Yulianto mengatakan ODGJ di Jateng jumlahnya tidak banyak. Pihaknya akan fokus kepada yang telah ditampung dan diisolasi di rumah sakit jiwa (RSJ).

ODGJ yang ada di rumah sakit jiwa cenderung tidak berontak saat akan divaksin. Lantaran sebelumnya sudah mendapatkan perawatan sehingga kondisinya cenderung stabil. Selain itu, ODGJ yang sudah ada di RSJ juga cenderung mudah didata. Sehingga bisa diketahui dengan cepat kebutuhan atau stok vaksin.

“Yang akan vaksinasi nantinya yang sudah dirawat di RSJ. Jumlah ODGJ di Jateng lebih sedikit dibandingkan warga lanjut usia (lansia. Nanti bisa dialihkan ke sasaran yang lain,” katanya.

[Baca Juga: Layanan Vaksinasi Drive Thru Dinkes Kota Semarang, Targetkan Lansia]

Karena jumlahnya sedikit, lanjutnya kemungkinan vaksinasi ODGJ dilakukan lebih cepat jika ketersediaan vaksin untuk tahap kedua masih ada. “Kalau stok vaksin tahap kedua masih, bisa juga diberikan dulu, tidak usah menunggu vaksin ketiga,” imbuhnya.

Sementara itu, di Kota Semarang sendiri memiliki rumah sakit jiwa yaitu RSJD Dr. Amino Gondohutomo berlokasi di Jalan Majapahit No. 347. RSJ ini merupakan salah satu rumah sakit jiwa terbesar di Jawa Tengah. Berdasarkan laman rs-amino.jatengprov.go.id jika jumlah pasien terpapar COVID-19 di lingkungan RSJD Dr. Amino Gondohutomo dari 16 Mei 20220- 31 Maret 2021 berjumlah 128 orang dengan 66 orang terkonfirmasi dan 62 suspect virus COVID-19. Dari jumlah yang terkonfirmasi 43 orang sembuh dan 16 orang meninggal. Sedangkan dari jumlah yang terkena suspect virus 61 orang sembuh dan satu orang meninggal.


Read More

Artikel Lainnya

Picu Tsunami COVID-19 Akibat Varian Virus Baru Corona B1617

Kesehatan

COVID-19 Varian Delta Sudah Masuk, Pemda Belum Bisa Bedakan Antar Varian Baru

17 June 2021, 21:09

Salah satu varian Delta yang memberi andil besar terjadinya lonjakan kasus COVID-19 di Kudus Jawa Tengah.

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung 4.jpg

Kuliner

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung

17 June 2021, 19:07

Restoran steak di Bandung tersebar di mana-mana, mulai dari yang harganya terjangkau hingga tempat yang unik.

Wisma Makara UI Resmi Jadi Lokasi Isolasii OTG di Depok .jpg

Berita Kawasan

Kasus COVID-19 di Depok Mengalami lonjakan, Wisma Makara UI Penuh

17 June 2021, 18:30

Kasus COVID-19 mengalami peningkatan signifikan yang terjadi selama kurang lebih tiga pekan terakhir.

D'Lumpang

Kuliner

Menikmati Suasana Asri dan Hawa Dingin Kota Batu di Café D’Lumpang

17 June 2021, 18:06

Berlokasi di Jalan Anjasmoro, Bumiaji, Kota Batu, Café D’Lumpang menjadi salah satu pilihan café di Kota Batu yang menawarkan pemandangan yang indah.


Comments


Please Login to leave a comment.