MATRAMAN_KAWASAN_VELODROM JADI TEMPAT HANGOUT KOMUNITAS SEPEDA_EMIL_1100 X 600 px-01.jpg

Berita Kawasan

Velodrom Jadi Tempat Hangout Komunitas Sepeda

Jakarta International Velodrome (JIV) atau Gelanggang Olahraga Velodrom merupakan arena balap sepeda, baik standar nasional atau internasional, di kawasan Rawamangun Jakarta. Nama gelanggang olahraga ini sempat banyak digaungkan karena menjadi salah satu venue di perhelatan Asian Games dan Asian Para Games 2018. Namun selain menjadi tempat pertandingan, baru-baru ini velodrom menjadi tempat pertemuan komunitas sepeda.

Tidak hanya segelintir tapi ada ratusan pesepeda yang tergabung dari berbagai komunitas sepeda berkumpul di area JIV Jakarta. Para sepeda yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya tersebut memang sengaja datang ke sana untuk mengikuti acara Jakarta Night Ride pada Jumat malam (2/11/2018).

[Baca Juga: Bersepeda ke Kantor Demi Ubah Sedentari Jadi Mobilitas Hijau]

Bukan hanya berkumpul, tapi para pesepeda tersebut juga menggowes kendaraan mereka sembari menikmati suasana malam di Ibu Kota. Sebagaimana dilansir dari harianterbit.com, para pecinta sepeda tersebut menempuk jarak sekira 13 kilometer yang melewati area patung kuda Monumen Nasional (Monas) sampai ke kawasan JIV.

Jakarta International Velodrome (JIV)

Menariknya, sepeda yang ikut dalam acara ini terbilang beragam. Dari mulai sepeda jadul atau ontel, sepeda gunung, sepeda balap sampai sepeda lipat beriringan menyusuri jalanan di Jakarta. Pemandangan ini sebenarnya mencerminkan tujuan dari penyelenggaraan Jakarta Night Ride yang mendukung bersepeda lintas genre.

“Selama ini pesepeda masih dianggap sebelah mata sebagai moda transportasi. Kami ingin menyuarakan bahwa bersepeda itu cermin perubahan menuju kota yang lebih sehat, menjauhkan dari penyakit, termasuk penyakit macet,” jelas Fonna selaku anggota Bike 2 Work, sebagaimana dikutip dari wartakota.tribunnews.com.

[Baca Juga: Jangan Lupa Pemanasan Untuk Menghindari Cedera Ketika Berenang]

Acara yang diadakan di Rawamangun Jakarta ini juga menjadi bagian dari inisiatif “Indonesia Bersepeda” yang akan digaungkan di berbagai daerah. “Indonesia Bersepeda kompak berjalan sepekan sekali di Bandung, Surabaya, Solo, Yogyakarta, Lampung, menyusul Purwodadi dan Banyuwangi. Di Jakarta, malam ini mulai dalam pola rutin. Harapanya terus berkelanjutan terkoneksi lintas kota,” tambah Fonna.

Pihak pengelola JIV, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) disebut mendukung kegiatan ini. Dwi Wahyu Daryoto selaku Direktur Utama Jakpro menjelaskan, perusahaannya memfasilitasi JIV sebagai ikon komunitas sepeda Ibu Kota.

Read More

Artikel Lainnya

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

Bisnis

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

05 December 2020, 09:05

Dalam perjalanan 10 tahun partisipasi Indonesia di SEM, ada peningkatan jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu sebanyak lebih dari 200 persen.

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

Kesehatan

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

04 December 2020, 15:33

Bima Arya membagi tiga kategori warga yang enggan diberi vaksin, yakni ada warga yang tidak ingin diberi vaksin karena tidak percaya bahwa COVID-19 itu ada dan nyata, ada juga karena alasan keagamaan dan ada juga karena takut.

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

Berita Kawasan

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

04 December 2020, 14:37

Ketua Koni Kabupaten Bogor Junadi Syamsudin mengatakan, di kukuhkannya kepengurusan PCI periode 2020-2024. Dapat menjalankan berbagai program kegiatan dengan inovatif sehingga Cabor Cricket bisa lebih maju.

14 Hari Kedepan, Sejumlah Ruas Jalan di Bandung Ditutup

Berita Kawasan

14 Hari Ke Depan, Sejumlah Ruas Jalan di Bandung Ditutup

04 December 2020, 13:49

Hal ini sebagai tindak lanjut atas kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) proporsional yang diambil sebagai langkah penanganan pandemi di Kota Bandung.


Comments


Please Login to leave a comment.