Vietnam Semakin Longgarkan Social Distancing, Kenapa Ya

Kesehatan

Vietnam Semakin Longgarkan Social Distancing, Kenapa Ya?

Di antara semua negara-negara tetangga Indonesia yang dibayang pandemi COVID-19, ada satu negara yang terbilang sukses menangani penyakit akibat virus Corona tersebut. Negara yang dimaksud adalah Vietnam. Menariknya, dibandingkan negara-negara lain di dekat Nusantara, Vietnam tampaknya sudah mulai melonggarkan kebijakan social distancing yang sudah diterapkannya selama beberapa bulan terakhir. Lantas pertanyaannya, bagaimana cara Vietnam bisa sampai ke tahap ini?

Sejak pandemi COVID-19 masuk ke Vietnam dan hingga akhir pekan lalu, tercatat hanya ada 271 kasus pasien positif yang terinfeksi SARS-CoV-2. Angka ini terdengar rendah bila dibandingkan negara lain khususnya, Indonesia. Apalagi dilaporkan bahwa walau sudah mencapai angka ratusan orang yang terkena COVID-19, sampai saat ini masih belum ada yang meninggal akibat Virus Corona tersebut di Vietnam.

Vietnam Semakin Longgarkan Social Distancing, Kenapa Ya

Melonggarnya social distancing ini juga bisa dilihat dari kegiatan belajar-mengajar di Vitenam. Pasalnya pada awal pekan ini jutaan siswa-siswi sudah mulai kembali ke sekolahnya masing-masing. Walau terdapat berbagai langkah preventif tapi kegiatan di kelas pun mulai kembali normal, contohnya adalah salah satu sekolah di kawasan Hanoi.

Sebagaimana dilansir dari france24.com (4/5/2020), di sekolah tersebut setiap pelajarnya yang mengenakan masker berbaris terlebih dulu untuk diukur suhunya sebelum masuk ke kelas yang sudah mereka tinggalkan lebih dari tiga bulan.

[Baca Juga: Langkah Vietnam Menangani COVID-19 Dipuji Dunia, Indonesia?]

Kembali normalnya kegiatan belajar-mengajar di sekolah ini memperlihatkan bagaimana kondisi social distancing yang sudah tidak terlalu ketat lagi di Vietnam. Keberhasilan menekan dan memutus mata rantai COVID-19 di negara tersebut tak terlepas dari usaha pemerintahnya dalam melakukan lockdown sepenuhnya serta menerapkan sistem contact tracing atau penelusuran kontak orang-orang yang terindikasi COVID-19.

Sebagaimana dilansir dari ITV (4/5/2020) metode ini pertama diterapkan melalui pembentukan tim pelacak khusus berbasis komunitas di Vietnam dan dilanjutkan dengan merilis apps khusus untuk ponsel pintar. Di mana metode ditujukan untuk menelusuri tak hanya kontak primer (antara pasien positif dengan orang lain) tetapi juga kontak hingga tingkat sekunder, tiga dan empat. Dengan langkah ini, maka otoritas bisa memastikan karantina secara sepenuhnya terhadap pasien serta suspect COVID-19 sehingga mampu menekan penyebaran virus SARS-CoV-2.

Kombinasi sistem lockdown, contact tracing, dan social distancing pun terbukti sukses di Vietnam dalam memutus mata rantai COVID-19. Dengan pemerintahnya yang mengklaim bahwa negara mereka sudah lebih dari 17 hari tidak menemukan terjadinya penularan infeksi virus SARS-CoV-2 secara domestik.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Erni 2 years, 9 months lalu
    erni

    Bosan di rumah terus karena wabah ini ❓ ❔ buruan join di ⁣poker165.co ,permainan poker paling seru. Dan jangan lewatkan bonus atau event dengan hadiah mencapai Milyaran. Menjadi ⁣Milyarder bukan mimpi lagi untuk pemain poker165.co 😎