Komunitas Menyayangi Indonesia, Gelar Kelas di Vihara Viriya Bala

Pendidikan

Vihara Viriya Bala, Jadi Potret Kawasan Toleransi di Kali Sari

Viraha Viriya Bala merupakan tempat ibadah yang kental dengan semangat toleransi antar suku dan agama di Kali Sari, Jakarta Timur. Pada 16 Februari 2020, Vihara Viriya Bala menjadi tempat berlangsungnya penyuluhan dari komunitas Menyayangi Indonesia. Acara digelar di ruangan ibadah, di mana para peserta jemaat dan panitia serta relawan bergabung dalam satu ruang tanpa merasa canggung.

Vihara Viriya Bala, Jadi Potret Kawasan Toleransi di Kali Sari

Pandangan intoleransi semakin tumbuh subur. Isu-isu intoleransi silih berganti muncul, mulai dari kasus suara toa masjid, perusakan salib makam, pembubaran ibadah warga, hingga masalah pembangunan rumah ibadah. Isu-isu tersebut kerap diartikan sebagai strategi adu domba antarwarga.

Salah satu dampak yang sangat disayangkan adalah banyak lapisan masyarakat yang terpengaruh isu menjadi sangat sensitif dengan kepercayaan mereka. Seolah kepercayaan tidak lagi menjadi hal pribadi lagi hingga timbulnya sifat pemaksaan akibat pola pikir yang dipelintir.

[Baca Juga: Komunitas Menyayangi Indonesia, Gelar Kelas di Vihara Viriya Bala]

Budaya jadi salah satu yang menyatukan masyarakat yang sangat beragam ini. Tidak hanya kepercayaan, warna kulit, suku, adat istiadat di Indonesia jumlahnya ratusan. Keberagamaan tersebut tentunya tidak akan bisa berjalan bersama tanpa adanya sifat toleransi yang tertanam sejak dini.

Vihara Viriya Bala, Jadi Potret Kawasan Toleransi di Kali Sari

Penerapan Toleransi Bermula di Tempat Ibadah

Mengambil contoh dari Vihara Viriya Bala, konsep mindfulness dari agama Buddha atau penganut Taoisme. Taoisme merupakan ujung tombak yang mendobrak berbagai perbedaan di antara manusia. Di rumah ibadah ini toleransi pun diterapkan, bahkan ke hal-hal terkecil.

Pedagang siomay di lokasi tersebut merupakan orang Betawi asli dapat berjualan dengan ramah. Begitu pun sebaliknya, para jemaat pun menerima pedagang lain dengan baik. Tidak hanya sebatas rekan kerja, tapi lebih terlihat seperti saudara menghargai satu sama lain.

[Baca Juga: Sambut Hari Raya Nyepi, Pura di Cijantung Gelar Pengobatan Gratis]

Sebagai tempat ibadah yang suci dan dianggap keramat, pengurus Wihara atau Kelenteng tidak sungkan menjadikan ruang berdoa mereka untuk dijadikan tempat seminar. Secara, panitia dan relawan yang datang. Ada yang mengenakan hijab, ada yang mengenakan kalung salib, semua saling bekerjasama dalam acara yang berlangsung seperti biasa. Setidaknya itu bisa jadi potret kawasan toleransi di Jakarta.

Acara penyuluhan oleh komunitas Menyayangi Indonesia menjadi momentum yang tepat untuk memulai langkah baru menuju Indonesia yang toleransi. Apakah konsep toleransi hanya ada pada ajaran Buddha atau Taoisme? Tentunya tidak.


Read More

Artikel Lainnya

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta.jpg

Kuliner

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta

05 July 2022, 17:48

Kedai Terang Bintang di Pasar Kranggan Yogyakarta memiliki menu yang bisa dikatakan masih jarang ditemukan di kedai kopi lainnya di Kota Gudeg, yakni kopi butter.

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone yang Ramah di Kantung.jpg

Bisnis

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone Ramah Kantong

05 July 2022, 13:47

Perusahaan realme terus menggandeng para konsumennya yang menginginkan ponsel pintar dengan harga terjangkau dan kali ini hal itu direalisasikan melalui produk realme C30.

Tiga Mahasiswi ITB Menangi L’Oréal Brandstorm 2022 Global Tech Track

Pendidikan

3 Mahasiswi ITB Ini Berhasil Sabet Juara L’Oreal Brandstorm 2022 'Tech Track'

05 July 2022, 11:44

Para mahasiswi ITB berhasil membanggakan almamaternya usai meraih gelar juara di salah satu kategori kompetisi tingkat global L’Oreal Brandstorm 2022.

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!


Comments


Please Login to leave a comment.