V iral Dampak Konsumsi Chiki Ngebul, Dinkes Kota Tangerang Keluarkan Peringata n.jpg

Kesehatan

Viral Dampak Konsumsi Chiki Ngebul, Dinkes Kota Tangerang Keluarkan Peringatan

Jika Anda memiliki buah hati yang berada di usia sekolah maka ada potensi Anda mengetahui apa itu chiki ngebul. Di mana ini pada dasarnya merupakan camilan yang biasanya dijajakan oleh pedagang di depan sekolah atau lokasi keramaian yang dipenuhi aktivitas anak-anak. Camilan ini pada dasarnya mengombinasikan makanan ringan alias chiki dengan nitrogen cair sehingga menimbulkan efek asap serta ada hawa dingin ketika dikonsumsi. Dengan sensasi unik ini maka tak heran bila camilan ini populer di kalangan anak-anak sekolah, tapi sayangnya ternyata terdapat dampak negatif yang akhirnya berujung dengan sejumlah anak masuk rumah sakit.

Viralnya kabar mengenai chiki ngebul ini terjadi pada pekan lalu ketika munculnya berita bahwa ada sekitar 28 anak di wilayah Jawa Barat (Tasikmalaya dan Kota Bekasi) yang mengalami keracunan. Dengan tak sedikit di antara anak-anak tersebut harus menjalani perawatan rumah sakit akibat beragam gejala, bahkan sampai muntah darah. Hal ini langsung memicu kekhawatiran orangtua di berbagai daerah Tanah Air apalagi yang tahu bahwa anaknya pernah mengonsumsi chiki ngebul.

Viral Dampak Konsumsi Chiki Ngebul, Dinkes Kota Tangerang Keluarkan Peringatan.jpg

Kondisi ramainya kasus chiki ngebul ini turut memicu Dines Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang angkat suara dan memberikan peringatan kepada para orangtua dengan anak. Di mana orangtua diminta lebih cermat lagi untuk memperhatikan apa yang dikonsumsi anak-anaknya, khususnya ketika jajan di luar dengan meminta ada baiknya buah hati diberikan bekal buatan sendiri saja demi mengantisipasi terjadinya kasus seperti chiki ngebul.

“Lebih baik lagi, orang tua untuk lebih rajin mengolah makanan atau minuman sendiri di rumah untuk anak-anak. Sehingga, apa yang dikonsumsi sang anak lebih pasti secara kebersihan dan kandungannya. Pada dasarnya chiki ngebul atau makanan apa pun, masyarakat Kota Tangerang harus lebih meningkatkan kewaspadaan dengan semua jajanan di luar. Jangan tergiur warna atau tampilan semata,” ujar Kepala Dinkes Kota Tangerang dr Dini Anggraeni, sebagaimana dikutip dari Tangerangkota.go.id (6/1/2023).

[Baca Juga: Pencinta Mi Instan, Awas Bahaya Ini Mengintai]

Selain menitipkan pesan kepada para orangtua di Kota Tangerang, pihak Dinkes disebut juga sudah melakukan koordinasi dengan semua fasilitas kesehatan di wilayahnya demi memastikan dapat melakukan respons cepat jika terjadi kasus keluhan chiki ngebul dari warga. Dini mengungkapkan, untuk saat ini yang dirinya ketahui mengenai dampak dari chiki ngebul adalah dari sisi nitrogen cairnya yang dapat memicu efek cold burn alias luka bakar dingin di dalam tubuh.

“Luka bakar dingin ini dapat terjadi melalui sejumlah faktor, seperti paparan dingin yang berkepanjangan. Adapun risiko bahaya nitrogen cair apabila bersentuhan dengan tubuh, yaitu bisa menyebabkan kerusakan termal yang parah pada kulit, mata, maupun organ. Namun, tingkat keparahan cedera tergantung pada durasi dan area kontak,” tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.