Viral Kasus Perundungan, Pakar Unpad Orangtua dan Guru Miliki Peran Penting.jpg

Pendidikan

Viral Kasus Perundungan, Pakar Unpad: Orangtua dan Guru Miliki Peran Penting

Perundungan atau bullying merupakan masalah yang bisa membayangi anak-anak di mana pun mereka berada dengan mayoritas terjadinya di lingkungan pendidikan. Salah satu kasus yang paling memilukan dan viral terjadi pada pekan ini dengan seorang anak SD di Tasikmalaya kehilangan nyawanya usai dirundung dengan keji oleh teman-temannya hingga ia kehilangan semangat hidupnya. Melihat kondisi perundungan yang kerap terjadi di lingkungan pendidikan, menurut pakar Universitas Padjadjaran (Unpad) dalam mencegah dampak yang serius dari perundungan anak sebenarnya orangtua dan guru memiliki peran yang penting.

Dalam mengidentifikasi pemicu dari perundungan yang terjadi di lingkungan sekolah, menurut Dosen Departemen Psikologi Pendidikan Fakultas Psikologi Unpad Dr. Fitriani Yustikisari Lubis, M.Psi., Psikolog terdapat dua kondisi yang khas. Pertama adalah korban perundungan biasanya memiliki sifat pendiam serta mudah mengalami kecemasan yang ditimbulkan oleh teman-temannya. Kedua, anak ini cenderung menonjol dengan karakter yang berbeda dengan teman-teman di sekitarnya sehingga memicu rasa tidak suka dari teman-temannya. Dari kedua kondisi inilah, anak-anak di sekitar korban mulai mengejek dirinya.

Viral Kasus Perundungan, Pakar Unpa Orangtua dan Guru Miliki Peran Penting.jpg

Mengapa kedua kondisi ini penting diketahui, karena guru seharusnya memiliki kemampuan untuk mengobservasi serta mengamati karakter anak-anak di kelasnya. Hal ini penting demi memastikan mana anak yang sekiranya masuk potensi target bully atau memiliki permasalahan karakter. “Akan lebih baik jika guru memunculkan awareness-nya dalam memperhatikan mereka-mereka yang potensial dirundung,” ujar Fitriani, sebagaimana dikutip dari Unpad.ac.id (21/7/2022).

Proses pendampingan oleh guru di sini juga sangatlah penting jika melihat terjadi perubahan perilaku terhadap salah satu murid di kelasnya. Perubahan perilaku apa yang harus diwaspadai dan wajib didampingi guru? Menurut Fitriani, korban bully akan cenderung menjadi lebih pendiam serta tidak bersemangat ketika di sekolah dan lebih parah lagi kalau dia sudah tidak mau makan maka guru wajib melakukan upaya tindak lanjut.

[Baca Juga: Bagaimana Mencegah Dampak Buruk Perundungan Siber?]

Selain guru, orangtua juga harus mengetahui perubahan yang terjadi di anak mereka jika menunjukkan potensi korban perundungan akibat terjadinya perubahan perilaku. Perubahan ini sebenarnya bisa dilihat dari kasus viral perundungan di Tasikmalaya dengan orangtua korban yang mengaku anaknya seperti kehilangan semangat bahkan enggan makan serta minum obat hingga akhirnya meninggal dunia. Dari sinilah Fitriani menegaskan, kemampuan bela diri sebenarnya harus dimiliki oleh anak-anak.

“Jadi kalau anak dirundung, anak harus bereaksi seperti apa. Biasanya anak-anak potensial dirundung lebih ke tidak punya keterampilan mempertahankan diri. Jadi kalau orang tuanya sudah bisa aware, bisa melakukan langkah antisipatif,” sebutnya. Pakar Unpad itu menambahkan, ini penting bukan untuk anaknya jadi agresif tapi mempertahankan diri jika ia berada di kondisi perundungan dan jangan lupa pastikan Anda terus mendampingi serta menguatkan anak Anda bila ia terbuka mengalami perundungan.


Read More

Artikel Lainnya

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL.jpg

Hobi dan Hiburan

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL

16 August 2022, 17:28

Pada pekan ini penyanyi Bunga Citra Lestari siap manggung di konser internasional perdananya melalui BCL Blossom Intimate Concert di Singapura dan tiketnya sudah bisa dipesan melalui tiket.com.

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka di Kota Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap.jpg

Pendidikan

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap

16 August 2022, 15:27

Setelah selama dua tahun upacara HUT RI di Kota Surabaya dihadiri dengan pasukan Paskibraka di bawah 10 orang, untuk upacara besok, formasi 99 anggota telah kembali diterapkan.

Guna Kembangkan Metode WGS, East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes.jpg

Kesehatan

East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes

16 August 2022, 13:25

Demi mendorong pengembangan Whole Genome Sequencing di Indonesia, East Ventures memberikan dukungan program BGSi dari Kemenkes RI.

Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus.jpg

Bisnis

Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus

16 August 2022, 11:22

Infinix Indonesia kembali umumkan ponsel pintar yang ramah di kantung dan siap dijual perdana di momen 17 Agustus besok.


Comments


Please Login to leave a comment.