Viral Pernikahan Sedarah, Pahami Risikonya Untuk Kesehatan Anak

Kesehatan

Viral Pernikahan Sedarah, Pahami Risikonya Untuk Kesehatan Anak

Baru-baru ini berita menghebohkan dari Sulawesi Selatan, seorang pria mengaku menikahi adik kandungnya sendiri. Berita ini tentu menghebohkan masyarakat di Indonesia. Pernikahan sedarah di Indonesia sendiri sudah jelas dilarang dan tertulis dalam Undang-Undang Republik Indonesia No.1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan pada pasal 8. Pernikahan sedarah atau inses terlarang secara hukum negara, (sebagian) hukum adat, dan hukum agama bukan tanpa alasan.

[Baca Juga: Kelainan Genetik yang Pengaruhi Keinerja Jantung]

Pernikahan sedarah dilarang karena dapat mengakibatkan risiko tinggi menderita penyakit langka yang cukup parah. Dilansir dari berbagai sumber (7/3/2019) inilah risiko kesehatan yang bisa diderita keturunan dari hasil perkawinan sedarah.

1. Albinisme

Albinisme atau biasa disebut albino merupakan kondisi di mana tubuh Anda kekurangan melanin, zat pewarna rambut, mata, dan kulit. Biasanya jika seseorang mengidap albino akan memiliki kulit yang sangat terang cenderung putih, rambut putih, dan lain sebagainya. Penyakit ini timbul akibat, anak lahir dari percampuran genetik yang sama.

2. Sistem Kekebalan Melemah

Anak dari hasil hubungan perkawinan saudara kandung dapat mengakibatkan pelemahan sistem imun tubuh. Hal ini disebabkan karena kurangnya variasi DNA. Sistem kekebalan tubuh tergantung pada DNA. Agar tubuh bisa melawan penyakit, diperlukan keanekaragaman tipe DNA.

3. Hemofilia

Hemophilia merupakan kondisi yang disebabkan oleh cacatnya genetik yang mengakibatkan pembekuan darah. Kondisi ini mengakibatkan luka lebih lama sembuh dibanding orang normal. Hemophilia merupakan penyakit bawaan yang diakibatkan mutasi genetik akibat rusaknya kromosom sehingga proses perkembangan tubuh tidak berjalan dengan normal dan seharusnya.

4. Fumarase Deficiency (FD)

Defisiensi fumarase (FD) atau polygamist down merupakan gangguan yang dapat memengaruhi sistem saraf otak. Biasanya kondisi cacat lahir yang jadi faktor utama pengidap penyakit ini menderita kejang, keterbelakangan mental, dan kerap kali mengidap kelainan fisik seberti bibir sumbing, kaki pengkor, hingga scoliosis. Keterbelakangan mental yang dialami pengidap FD bahkan cederung berat, karena IQ pengidap FD hanya mencapai 25, kemampuan berbahasa sangat terbatas, tidak bisa duduk ataupun berdiri.

[Baca Juga: Tes DNA untuk Tentukan Bagaimana Sih Gen Gemuk Anda?]

Anak yang dihasilkan dari hubungan ises juga memungkinkan ukuran kepala bayi jauh lebih kecil, struktur otak abnormal, keterlambatan perkembangan, kelemahan otot, pembengkakan hati dan limpa, dan polisitemia, sampai beberapa jenis kanker tertentu.

Itulah beberapa akibat yang bisa dihasilkan dari pernikahan sedarah atau inses.


Read More

Artikel Lainnya

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.


Comments


Please Login to leave a comment.