Viral Video Vaksin Palsu, Pemkot Bekasi Itu Hoaks.jpg

Kesehatan

Viral Video Vaksin Palsu, Pemkot Bekasi: Itu Hoaks

Di tengah upaya pemerintah pusat dan daerah untuk terus berusaha menekan lonjakan kasus COVID-19 beberapa waktu terakhir melalui vaksinasi, ada saja rintangan yang muncul. Di mana rintangan ini biasanya dalam bentuk warga yang menolak untuk menerima vaksin dan disinyalir ini dipicu oleh kabar hoaks yang beredar luas di media sosial. Salah satunya adalah video viral yang baru-baru ini menjadi buah bibir warganet penolak vaksinasi COVID-19 dengan narasi pemberitaan mengenai vaksin palsu di wilayah Kota Bekasi. Hal ini pun langsung memicu Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi Angkat bicara.

Pada video yang viral itu ditunjukkan pemberitaan dari Kompas TV mengenai kasus vaksin palsu yang di mana terdapat narasi bertajuk “vaksin COVID palsu”. Dalam video itu ada deskripsi serta video pemberitaan Kompas TV yang telah dipotong dan diedit. Salah satu yang memicu kekhawatiran adalah munculnya gambar Dinas Kesehatan Kota Bekasi serta salah satu rumah sakit di Kota Patriot dalam video hoaks tersebut.

Pihak Pemkot Bekasi memberikan konfirmasinya mengenai video tersebut melalui laman Bekasikota.go.id pada 19 Juli 2021 kemarin. Di mana pada video viral yang memiliki durasi 2.06 menit itu merupakan pemberitaan kasus vaksin bayi palsu yang terjadi di tahun 2016 tapi diubah dengan narasi yang menunjukkan bahwa kasus vaksin palsu tersebut terjadi baru-baru ini.

Viral Video Vaksin Palsu, Pemkot Bekasi Itu H oaks.jpg

Dalam penjelasan Pemkot Bekasi terkait video hoaks yang viral itu, sebenarnya terdapat dua hal yang menjadi sorotan yang membuktikan bahwa video ini memang video lama. Pertama adalah gambar kantor Dinas Kesehatan Kota Bekasi yang masih berlokasi di Jalan Sudirman No.3, padahal dinas ini telah pindah ke kantor barunya yang berada di Jalan Pangeran Jayakarta, Medan Satria pada 19 Desember 2018. Kemudian bukti kedua adalah munculnya Rumah Sakit Almutazam yang ikut terseret dalam penggunaan vaksin palsu tersebut padahal fasilitas kesehatan ini disebut sudah tak ada lagi sejak operasionalnya ditutup.

Tak hanya Pemkot Bekasi, pihak Kompas TV juga turut angkat bicara mengenai video viral tersebut yang mencatut rekaman liputan mereka. Melalui laman YouTube resminya, Kompas TV menjelaskan potongan video yang digunakan untuk narasi hoaks itu sebenarnya diunggah pada 15 Juli 2016. Bahkan media swasta itu menjelaskan, terlihat jelas dalam video hoaks itu, logo dari Kompas TV yang digunakan adalah logo lama mereka yang saat ini sudah tidak digunakan lagi.

Terkait kasus vaksin palsu di Kota Bekasi memang pernah terjadi dan ramai dibicarakan pada tahun 2016. Dinyalir pada saat itu sejumlah rumah sakit menggunakan vaksin bayi palsu buatan pasangan Rita Agustina dan Hidayat Taufiqurrahman. Pada tahun 2017 kedua pasangan ini telah dijatuhi hukuman penjara untuk mempertanggungjawabkan tindakan mereka.


Read More

Artikel Lainnya

Kolepa.jpg

Bisnis

Uniknya Kolepa, Merasakan Nuansa Coffe Shop Bersanding Mini Golf

05 August 2021, 22:31

Berbeda dengan coffe shop pada umumnya, Kolepa di Kota Tangerang Selatan tawarkan nuansa ngopi dan fasilitas mini-golf di sekelilingnya.

Menelusuri Rumah Pengabdi Setan di Bukit Pangalengan, Bikin Merinding!.jpg

Hobi dan Hiburan

Rumah Pengabdi Setan di Bukit Pangalengan Bikin Merinding!

05 August 2021, 22:02

Anda penikmat horor? Silakan datang ke Rumah Pengabdi Setan yang berada di Kawasan Perkebunan Teh Kertamanah Pangalengan, Kab. Bandung. Rasakan sensasinya!

Endik 1.jpg

Bisnis

Bengkel Endik, Tanpa Perlu Nama Mobil-Mobil Sudah Berdatangan

05 August 2021, 21:09

Tanpa perlu memasang papan nama, sebuah bangunan petak milik Mas Endik didatangi pengendara mobil untuk servis.

Kalijaga 2.jpg

Berita Kawasan

Musala Sunan Kalijaga Kota Batu, Bangunan Kecil Bersejarah

05 August 2021, 20:08

Memberikan nuansa bersejarah dalam sebuah musala kecil di pinggir jalan Giripurno, Musala Sunan Kalijaga bikin hati dipenuhi berkah.


Comments


Please Login to leave a comment.