Pemkot Jakarta Timur Adakan Kegiatan Donor Darah

Kesehatan

Wabah COVID-19, Donor Darah Tetap Aman

Pandemi COVID-19 mempengaruhi aktivitas masyarakat untuk berkegiatan. Namun tidak menghentikan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang untuk melayani pelayanan darah. Dalam pelaksanaannya, PMI Kota Tangerang melaksanakan berbagai protokol atau panduan terkait pelayanan untuk mencegah penyebaran Virus Corona.

Melansir laman tangerangkota.go.id (31/03/2020). Ketua Palang Merah Indonesia Kota Tangerang, Kuswarsa, memastikan mendonorkan darah tetap aman dilakukan. Masyarakat diimbau untuk selalu menjaga kesehatan, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, cuci tangan dengan sabun, serta menerapkan etika bersin dan batuk. Transfusi darah tetap harus dilakukan, mengingat kebutuhan darah juga semakin banyak.

Gedung Baru dari PMI Tangerang Selatan

“PMI tetap melayani pelayanan darah. Kebutuhan darah tentu tidak bisa ditunda, pasien di rumah sakit yang membutuhkan transfusi tentu harus tetap menjadi perhatian. Namun, dengan kondisi saat ini, beberapa kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh lembaga instansi ada yang dibatalkan. Tentu hal ini sangat berpengaruh dengan stok darah di PMI,” jelasnya.

[Baca Juga: Peneliti China Ungkap Hubungan Golongan Darah A & O dengan COVID-19]

Sementara itu, Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Tangerang David H Sidabutar, menuturkan kegiatan donor darah di markas maupun di luar PMI dengan mobil unit, tetap dilakukannya dalam memenuhi kebutuhan stok darah yang ada PMI Kota Tangerang, meski masyarakat dibatasi untuk bepergian ke tempat-tempat keramaian. Ada beberapa cara untuk menambah stok darah selama pandemi COVID-19.

“Kami berusaha untuk menambah stok darah dengan berbagai cara, di antaranya broadcast messages ke pendonor darah yang sudah rutin mendonorkan darahnya, membuat grup-grup media sosial pendonor darah, mengingatkan untuk donor darah kembali,” ungkap David.

[Baca Juga: Manfaat Donor Darah Rutin 2 Bulan Sekali di RS PMI Bogor]

Edukasi juga dilakukan kepada pendonor darah dan masyarakat, bahwa donor darah itu aman. Karena Covid-19 tidak ditularkan lewat darah donor.

Sebagai informasi, sudah ada imbauan dari Bapak Jusuf Kalla Ketua Umum PMI, donor darah aman dari COVID-19. Selain itu, PMI Kota Tangerang, melakukan jemput bola dengan 10-20 pendonor dengan meminta dukungan komunitas-komunitas dan masyarakat untuk didatangi ke rumah-rumah atau kantor-kantor yang ada di Kota Tangerang untuk donor darah. “Ayo Donor Darah, bantu masyarakat yang membutuhkan,“ ajaknya.


Read More

Artikel Lainnya

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini

25 January 2023, 14:57

Setelah sempat ditunda tahun lalu, pihak Red Line Kreasindo memastikan konser Dewa 19 yang mempertemukan empat vokalis dan empat drummer dipastikan akan digelar di JIS pada awal Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.