Pemkot Jakarta Timur Adakan Kegiatan Donor Darah

Kesehatan

Wabah COVID-19, Donor Darah Tetap Aman

Pandemi COVID-19 mempengaruhi aktivitas masyarakat untuk berkegiatan. Namun tidak menghentikan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang untuk melayani pelayanan darah. Dalam pelaksanaannya, PMI Kota Tangerang melaksanakan berbagai protokol atau panduan terkait pelayanan untuk mencegah penyebaran Virus Corona.

Melansir laman tangerangkota.go.id (31/03/2020). Ketua Palang Merah Indonesia Kota Tangerang, Kuswarsa, memastikan mendonorkan darah tetap aman dilakukan. Masyarakat diimbau untuk selalu menjaga kesehatan, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, cuci tangan dengan sabun, serta menerapkan etika bersin dan batuk. Transfusi darah tetap harus dilakukan, mengingat kebutuhan darah juga semakin banyak.

Gedung Baru dari PMI Tangerang Selatan

“PMI tetap melayani pelayanan darah. Kebutuhan darah tentu tidak bisa ditunda, pasien di rumah sakit yang membutuhkan transfusi tentu harus tetap menjadi perhatian. Namun, dengan kondisi saat ini, beberapa kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh lembaga instansi ada yang dibatalkan. Tentu hal ini sangat berpengaruh dengan stok darah di PMI,” jelasnya.

[Baca Juga: Peneliti China Ungkap Hubungan Golongan Darah A & O dengan COVID-19]

Sementara itu, Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Tangerang David H Sidabutar, menuturkan kegiatan donor darah di markas maupun di luar PMI dengan mobil unit, tetap dilakukannya dalam memenuhi kebutuhan stok darah yang ada PMI Kota Tangerang, meski masyarakat dibatasi untuk bepergian ke tempat-tempat keramaian. Ada beberapa cara untuk menambah stok darah selama pandemi COVID-19.

“Kami berusaha untuk menambah stok darah dengan berbagai cara, di antaranya broadcast messages ke pendonor darah yang sudah rutin mendonorkan darahnya, membuat grup-grup media sosial pendonor darah, mengingatkan untuk donor darah kembali,” ungkap David.

[Baca Juga: Manfaat Donor Darah Rutin 2 Bulan Sekali di RS PMI Bogor]

Edukasi juga dilakukan kepada pendonor darah dan masyarakat, bahwa donor darah itu aman. Karena Covid-19 tidak ditularkan lewat darah donor.

Sebagai informasi, sudah ada imbauan dari Bapak Jusuf Kalla Ketua Umum PMI, donor darah aman dari COVID-19. Selain itu, PMI Kota Tangerang, melakukan jemput bola dengan 10-20 pendonor dengan meminta dukungan komunitas-komunitas dan masyarakat untuk didatangi ke rumah-rumah atau kantor-kantor yang ada di Kota Tangerang untuk donor darah. “Ayo Donor Darah, bantu masyarakat yang membutuhkan,“ ajaknya.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.