Wahteg Ingin Tingkatkan Citra Warteg di Mata Publik

Bisnis

Wahteg Ingin Tingkatkan Citra Warteg di Mata Publik

Jika mendengar nama warteg atau warung tegal, tak ayal ada stigma tidak sedap di masyarakat Ibu Kota bahwa masakan yang disajikan di sini ditargetkan untuk masyarakat menengah ke bawah yang cenderung jarang dilirik generasi milenial. Hal inilah yang ingin dihapuskan oleh para pemilik restoran Wahteg, salah satunya adalah Rommy Tjandra. Dengan bisnisnya yang berlokasi di kawasan Tanjug Duren Raya, Jakarta Barat, ia ingin masyarakat Ibu Kota memandang masakan warteg setara dengan masakan dari negara lain.

Wahteg Ingin Tingkatkan Citra Warteg di Mata Publik

Restoran Wahteg didirikan Rommy bersama rekannya hampir setahun yang lalu dengan visi yang menarik. Mereka ingin membangun bisnis kuliner tapi sekaligus dengan tujuan mendorong agar masakan Nusantara dapat dicintai publik di Jakarta. Dari sinilah, Rommy pun melakukan berbagai riset beberapa tahun yang lalu hingga ia bersama rekannya pergi ke Tegal untuk melihat langsung berbagai masakan yang biasanya disajikan di warteg.

Setelah yakin dengan konsep bisnisnya, Wahteg pun resmi berdiri pada 18 November 2018. Namun hal lain yang perlu dijegal oleh para pemilik Wahteg adalah bagaimana menghilangkan stigma dari warteg di mata masyarakat. Dari mulai pandangan warteg tidak bersih dan higienis, kurang nyaman untuk makan di tempat akibat suhu yang panas, dan bagi non-perokok merasa risih dengan keberadaan asap dari konsumen yang merokok.

[Baca Juga: Wahteg, Warteg Mewah di Tanjung Duren]

“(Melalui Wahteg) kita mau branding si warteg ini ditingkatkan lagi dari segi kenyamanan, kebersihannya, dan makanannya. Kita mulai branding (dan) konsepnya dari dua tahun yang lalu. Dari proses untuk awal kita cari makanannya terus konsep ‘Apa sih yang ciri khas dari warteg?’,” ujar Rommy kepada PingPoint.co.id di Restoran Wahteg, Jalan Raya Tanjung Duren Raya Nomor 89B, Grogor Petamburan, Jakarta Barat (21/8/2019).

Wahteg Ingin Tingkatkan Citra Warteg di Mata Publik

Dari segi kebersihan, Rommy menyebut, Wahteg sudah memiliki buku standar prosedur operasional yang mencakup mengenai kebersihan restoran hingga higienitas masakan. Ambil contohnya adalah dari sisi bumbu, ia mengatakan sudah ada dapur pusat yang ketat pengawasannya untuk membuat bahan dasar bumbu menjadi bumbu siap pakai yang nanti dipasok ke restoran Wahteg untuk diolah menjadi pelengkap masakan. Langkah ini juga dipilih agar dari segi rasa masakan yang disajikan di Wahteg akan selalu sama.

Terkait proses branding, hal utama yang dilakukan Wahteg adalah mengambil berbagai aspek positif dari warteg dan menambahkannya dengan unsur modernitas yang membuat konsumen nyaman untuk datang ke sebuah restoran. Unsur modernitas di sini adalah seperti pendingin udara, akses wi-fi, dan membuat area khusus smoking serta non-smoking.

[Baca Juga: Mengulas Bisnis “Warteg Sehat” di Kebayoran Baru Jakarta]

Selain itu, aspek modernitas juga diterapkan dalam urusan pembayaran. Di mana pada umumnya warteg konvensional hanya menerima pembayaran uang tunai, sedangkan Wahteg sudah memanfaatkan berbagai payment gateway serta kartu kredit.

“Kita di sini beri kemudahan seperti kayak pakai mesin EDC (Electronic Data Capture), merek bisa bayar pakai debit, pakai credit card, dan pasti yang boleh dibilang paygate-paygate sekarang yang terkenal kayak Go-Pay itu ada. Jadi kita berikan kemudahan untuk costumer kita,” tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.