Siapa Saja yang Boleh Donor Plasma Darah untuk Kesembuhan COVID-19

Kesehatan

Wakil Gubernur DKI Apresiasi Aksi Donor Darah Menwa Jayakarta

Pandemi COVID-19 bukan hanya berdampak pada fasilitas dan tenaga kesehatan, kebutuhan akan stok darah pun jadi sulit terpenuhi. Selain karena adanya pembatasan mobilitas warga, para pendonor pun ada yang merasa takut terkena infeksi Virus Corona jenis baru ini. Akibatnya, ketersediaan cadangan darah pun terus berkurang. Itulah mengapa, penting bagi pemerintah untuk memberikan perhatian dalam kegiatan donor darah. Salah satunya seperti yang dilakukan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

Wakil Gubernur DKI Apresiasi Aksi Donor Darah Menwa Jayakarta

Ahmad Riza meninjau pelaksanaan bakti sosial donor darah sekaligus pemberian bantuan sosial Resimen Mahasiswa Jayakarta di Gedung Markas Komando Menwa Jayakarta (Skomen Jaya) Jalan Pulomas Barat VI, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur seperti yang diberitakan beritajakarta.id (27/6/2020).

Pada kesempatan tersebut, Unit Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jakarta Timur digandeng sebagai tim medis. Terpantau, sedikitnya ada ratusan pendonor meliputi para anggota Resimen Mahasiswa Jayakarta dan warga setempat dalam menjaga stabilitas kebugaran dan kesehatan.

[Baca Juga: Data Selama COVID-19, Pendonor Darah Berkurang]

Wakil Gubernur mengapresiasi kegiatan aksi donor darah yang diinisiasi oleh seluruh anggota Menwa Jayakarta ditengah kondisi pandemi global COVID-19. "Kegiatan donor darah ini merupakan bentuk implementasi anggota Menwa rasa cinta tanah air dibidang sosial. Melalui kegiatan ini diharapkan bisa memberi manfaat serta membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan," kata Wakil Gubernur.

Dijelaskan Wakil Gubernur, kepedulian sosial seluruh anggota Menwa Jayakarta cukup berperan dalam rangka memenuhi kebutuhan akan darah yang stoknya menipis selama pandemi COVID-19. "Yang seharusnya 1.000 kantong darah di tiap harinya, dengan kondisi COVID-19 sangat terbatas sehingga per harinya hanya menyediakan 200 kantong. Dengan itu, Pemprov DKI bersama PMI terus menggecarkan gerakan donor darah," tandasnya.

[Baca Juga: Stok Darah Menipis, PMI Jakarta Utara Gelar Dondarela]

Satu pekan sebelumnya, kegiatan donor darah juga digelar di Kantor Lurah Papango dan Kelurahan Gading Timur, Jakarta Utara. Kegiatan bertajuk Donor Darah Sukarela atau Dondarela ini merupakan kegiatan program PMI Jakarta Utara bersama Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara dengan harapan masyarakat bisa mendonorkan darahnya secara sukarela dan terjadwal.

Dondarela telah digelar secara bertahap di 31 kelurahan dan berhasil mengumpulkan 2.000 kantong darah. Di mana kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi warga untuk menyumbangkan darahnya demi menambah stok darah di PMI Jakarta Utara.

Read More

Artikel Lainnya

Warga Tambakrejo Dapat Segera Tempati Kampung Nelayan Semarang

Properti dan Solusi

Warga Tambakrejo dapat Segera Tempati Kampung Nelayan Semarang

26 January 2021, 20:09

Kini sesuai janji Wali Kota Semarang, Kampung Nelayan sekarang telah didirikan Pemerintah Kota Semarang yang diperuntukkan bagi warga Tambakrejo.

Di Bawah Rp2 Jutaan! Realme Watch S Pro Sudah Bisa Dibeli Hari Ini.jpg

Properti dan Solusi

Di Bawah Rp2 Jutaan! Realme Watch S Pro Sudah Bisa Dibeli Hari Ini

26 January 2021, 19:09

Hadir dengan desain yang lebih premium serta fitur yang lebih oke dibandingkan pendahulunya, realme Watch S Pro dibanderol di bawah Rp2 jutaan.

Krematorium Wahana Mulia Abadi Beroperasi Kebali dengan Alat Ramah Lingkungan

Berita Kawasan

Krematorium di Yogyakarta Gunakan Alat Ramah Lingkungan

26 January 2021, 18:09

Wali kota pun sangat mengapresiasi keberadaan krematorium dan berharap tempat tersebut memang disiapkan sehingga bermanfaat untuk masyarakat, khususnya di Kota Yogyakarta.

Penambahan Satu Jam Operasional untuk Mal di Jakarta Tak Berdampak

Bisnis

Penambahan Satu Jam Operasional untuk Mal Tidak Tingkatkan Bisnis

26 January 2021, 18:05

Penambahan jam operasi pusat perbelanjaan dan restoran sebanyak satu jam di PPKM tahap dua dinilai tidak akan membawa dampak signifikan.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 7¬†months lalu
    suki

    Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa, Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah, Hanya di bola165