Wakil Menteri Desa Berharap Desa Cijeruk Jadi Contoh dalam Produktivitas Pangan 1.jpg

Bisnis

Wakil Menteri Desa Berharap Cijeruk Jadi Contoh Produktivitas Pangan

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Budi Arie Setiadi menilai Desa Cijeruk berpotensi dalam produksi berbagai tanaman pangan. Ia berharap desa di Kabupaten Bogor ini dapat menjadi contoh dalam produktivitas tanaman pangan.

Hal ini diungkap oleh Budi ketika menghadiri panen perdana cengkeh di Kebun Koperasi KP-M90 FTUI yang dikelola Kelompok Tani Famili Tani Sejahtera di Kampung Geger Bitung, Desa Cijeruk, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Senin (8/6/2020).

[Baca Juga: Kenali 3 Situs Purbakala di Kabupaten Bogor]

“Banyak potensi di Desa Cijeruk yang bisa kita lihat mulai dari tanaman cengkeh, talas, nanas, dan tanaman pangan lainnya. Karenanya kita berharap desa ini bisa subur dari berbagai produktivitas terutama berbagai tanaman-tanaman yang dihasilkannya agar bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Budi, dikutip dari bogorkab.go.id (9/6/2020).

“Semoga bisa jadi contoh, karena dari laporan hasil cengkeh setiap hektarenya didapat mencapai dua ton, bahkan kalau dihitung bisa tiga puluh hingga enam puluh ton. Belum lagi kalau cengkehnya diberi nilai tambah atau teknologi tepat guna seperti dapat disuling untuk dijadikan minyak cengkeh yang berguna untuk obat sakit gigi,” lanjutnya.

Wakil Menteri Desa Berharap Desa Cijeruk Jadi Contoh dalam Produktivitas Pangan.jpg

Budi menuturkan, sebagai bentuk dukungan, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi akan membantu proses pemasaran produk dari tanaman cengkeh tersebut.

“Kita bakal bantu pemasarannya sekaligus mengimbau pada pelaku ekonomi di Indonesia supaya jangan sampai masyarakat desa memperoleh harga murah atau kurang baik sementara keuntungan dan nilai tambahnya diperoleh pihak-pihak yang hanya mengambil ekonomi rente dari proses pertanian ini. Untung boleh, tapi jangan jadi pengisapan atau penindasan terhadap petani” ungkap Budi.

[Baca Juga: 5 Keuntungan Punya Rumah di Bogor]

“Masa dari petani dibeli murah, sedangkan dia jualnya mahal dan untungnya gede,” dia menambahkan.

Budi menilai bahwa saat ini, desa adalah lumbung pangan nasional. Oleh karena itu, kata dia, pusat pertanian harus bisa memberikan sumbangsih yang sangat besar bagi segi ketahanan pangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

Dalam momen itu pula, Budi berpesan kepada seluruh masyarakat desa di Indonesia untuk selalu optimis dan produktif dalam menghadapi kehidupan tatanan hidup baru atau new normal di masa pandemi COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.

E ast Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri Care

11 August 2022, 15:15

East Ventures berkolaborasi dengan beberapa investor guna memberikan putaran pendanaan awal untuk perusahaan startup Diri Care dengan nilai US$4,3 juta.


Comments


Please Login to leave a comment.