Wakil Wali Kota Bekasi Harap Hidroponik Bisa Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Bisnis

Wakil Wali Kota Bekasi Harap Hidroponik Tingkatkan Ekonomi Warga

Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono membuka sekaligus memberikan arahan kepada kelompok masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang hadir dalam rapat hidroponik dan aquaponik yang dilaksanakan di Balai Patriot Plaza, Pemerintah Kota Bekasi. Dalam sambutannya, Tri mengajak anak muda serta ibu rumah tangga yang ada di Kota Bekasi untuk turut serta dalam kegiatan pengembangan hidroponik dan akuaponik.

Tri berharap, melalui Dinas Pertanian dan Perikanan ingin mengajarkan masyarakat Kota Bekasi khususnya kaum muda dan ibu ibu rumah tangga untuk mempelajari teknik bercocok tanam hidroponik serta metode akuaponik.

Wakil Wali Kota Bekasi Harap Hidroponik Bisa Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Metode hidroponik merupakan budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Tanaman yang ditumbuhkan dengan metode ini membuntukan air yang lebih sedikit. Sedangkan metode akuaponik adalah sistem pertanian berkelanjutan yang mengombinasikan akuakultur dan hidroponik dalam lingkungan yang bersifat simbiotik.

Melansir dari bekasikota.go.id (5/9/2019), Tri juga turut menginstruksikan dinas terkait untuk membantu menyediakan pasokan bibit dan media untuk menanam dengan metode hidroponik serta fasilitas untuk mempelajari metode akuaponik.

[Baca Juga: Taman Eduwisata Kebon Kosong Tambah Hidroponik dan Sawah]

Menanggapi instruksi Tri, Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Bekasi pun sudah menyediakan media, alat, serta bermacam-macam bibit sayur-sayuran dan buah-buahan untuk media tanam hidroponik, jadi ketika nanti panen hasilnya beragam, ada buah dan juga sayur. Selain itu, ada pula beberapa orang yang sudah memelajari metode pertanian menggunakan akuaponik. Nantinya, beberapa orang yang sudah belajar ini akan mengajarkan materi yang sama ke masyarakat luas.

[Baca Juga: Membuat Urban Farming dengan Gaya Vertical Garden]

Tri melanjutkan, ia berharap lewat kegiatan tanam menanam menggunakan kedua metode ini dapat menjadikan masyarakat sebagai pribadi yang kreatif dan mandiri khususnya para anak muda dan ibu rumah tangga. Ia menuturkan, semoga hasil pertanian dengan menggunakan metode ini bisa menjadi alat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Bekasi.

"Mudah mudahan ini bisa menjadi salah satu jalan keluar untuk menjadikan anak muda dan ibu rumah tangga yang mandiri dan kreatif serta alat perjuangan untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat Kota Bekasi," kata Tri.

Read More

Artikel Lainnya

Ikan-Dari-Cold-Storage-Muara-Baru-Tembus-Pasar-Ekspor-1.jpg

Berita Kawasan

Hasil Laut Dari Cold Storage Muara Baru Tembus Pasar Ekspor

07 July 2020, 19:00

Kualitas ikan beku asal Muara Baru mampu terjaga dengan baik sehingga dapat menembus pasar luar negeri.

spesifik autism_1.jpg

Pendidikan

Anak Berkebutuhan Khusus Pun Mampu Hadapi New Normal

07 July 2020, 18:00

Pandemi COVID-19 telah membawa fase new normal dalam kehidupan manusia. Semua orang menghadapi fase tersebut, termasuk anak dengan kebutuhan khusus.

Lebih Praktis! House Kari Ala Jepang Hadirkan Kemasan Ukuran Kecil.jpg

Bisnis

Lebih Praktis! House Kari Ala Jepang Hadirkan Kemasan Ukuran Kecil

07 July 2020, 16:11

Demi memberikan ukuran saji yang pas untuk keluarga, House Kari Ala Jepang hadirkan produk bumbu kari berukuran kecil.

Live More With New Spirit_1.jpg

Bisnis

Piaggio Indonesia Hadirkan Program Live More with New Spirit

07 July 2020, 15:00

Program istimewa ini diharapkan memberikan semangat bagi para pecinta Piaggio dan Vespa dalam mengawali awal semester kedua tahun 2020.


Comments


Please Login to leave a comment.