Wakil Wali Kota Bekasi Harap Hidroponik Bisa Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Bisnis

Wakil Wali Kota Bekasi Harap Hidroponik Tingkatkan Ekonomi Warga

Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono membuka sekaligus memberikan arahan kepada kelompok masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang hadir dalam rapat hidroponik dan aquaponik yang dilaksanakan di Balai Patriot Plaza, Pemerintah Kota Bekasi. Dalam sambutannya, Tri mengajak anak muda serta ibu rumah tangga yang ada di Kota Bekasi untuk turut serta dalam kegiatan pengembangan hidroponik dan akuaponik.

Tri berharap, melalui Dinas Pertanian dan Perikanan ingin mengajarkan masyarakat Kota Bekasi khususnya kaum muda dan ibu ibu rumah tangga untuk mempelajari teknik bercocok tanam hidroponik serta metode akuaponik.

Wakil Wali Kota Bekasi Harap Hidroponik Bisa Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Metode hidroponik merupakan budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Tanaman yang ditumbuhkan dengan metode ini membuntukan air yang lebih sedikit. Sedangkan metode akuaponik adalah sistem pertanian berkelanjutan yang mengombinasikan akuakultur dan hidroponik dalam lingkungan yang bersifat simbiotik.

Melansir dari bekasikota.go.id (5/9/2019), Tri juga turut menginstruksikan dinas terkait untuk membantu menyediakan pasokan bibit dan media untuk menanam dengan metode hidroponik serta fasilitas untuk mempelajari metode akuaponik.

[Baca Juga: Taman Eduwisata Kebon Kosong Tambah Hidroponik dan Sawah]

Menanggapi instruksi Tri, Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Bekasi pun sudah menyediakan media, alat, serta bermacam-macam bibit sayur-sayuran dan buah-buahan untuk media tanam hidroponik, jadi ketika nanti panen hasilnya beragam, ada buah dan juga sayur. Selain itu, ada pula beberapa orang yang sudah memelajari metode pertanian menggunakan akuaponik. Nantinya, beberapa orang yang sudah belajar ini akan mengajarkan materi yang sama ke masyarakat luas.

[Baca Juga: Membuat Urban Farming dengan Gaya Vertical Garden]

Tri melanjutkan, ia berharap lewat kegiatan tanam menanam menggunakan kedua metode ini dapat menjadikan masyarakat sebagai pribadi yang kreatif dan mandiri khususnya para anak muda dan ibu rumah tangga. Ia menuturkan, semoga hasil pertanian dengan menggunakan metode ini bisa menjadi alat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Bekasi.

"Mudah mudahan ini bisa menjadi salah satu jalan keluar untuk menjadikan anak muda dan ibu rumah tangga yang mandiri dan kreatif serta alat perjuangan untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat Kota Bekasi," kata Tri.


Read More

Artikel Lainnya

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.

Cianjur Berduka, Dari Donasi Hingga Terus Bergerak di Lapangan Dilakukan Relawan Unpa d.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Donasi dan Bantuan Terus Berdatangan dari Relawan Unpad

30 November 2022, 11:22

Sejak H+1 gempa cianjur hingga saat ini, para relawan Unpad terus bergerak demi membantu korban bencana alam tersebut.

Selain One Republic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Selain OneRepublic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023

29 November 2022, 15:46

Setelah mengumumkan OneRepublic dan Man With A Mission di line up pertama WUF 2023, penyelenggara kembali mengumumkan para musisi di line up fase kedua di konser yang akan digelar pada akhir Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.