Wakil Wali Kota Bekasi Motivasi Masyarakat Peduli Terhadap Sampah

Berita Kawasan

Wakil Wali Kota Bekasi Motivasi Warga Peduli Terhadap Sampah

Kota Bekasi mengadakan kegiatan Diskusi Kota Bekasi Bersih yang diinisiasi Bekasi Community Connection pada 13 April 2019. Kegiatan ini diadakan untuk mengajak seluruh warga di Kota Bekasi untuk lebih peduli dalam mengelola sampah.

Kegiatan diskusi ini dihadiri sekaligus dibuka Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto. Selain itu, komunitas-komunitas pemerhati sampah di Kota Bekasi, Aparatur Pemerintah Kota Bekasi dan para praktisi pemerhati lingkungan juga menghadiri kegiatan ini.

[Baca Juga: Ulurkan Tangan pada Anak Jalanan di Kota Bekasi]

Tri mengajak warga Kota Bekasi untuk bijak dalam mengelola sampah pada saat membuka Diskusi Kota Bekasi Bersih yang diadakan di Pasar Alam, Perumahan Vida, Kecamatan Mustikajaya. Menurutnya, dengan memilah antara sampah basah dan sampah kering, serta mendaur ulang sampah merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap sampah yang bisa dilakukan.

“Saya ingin mengajak masyarakat untuk peduli terhadap sampah, dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan. Salah satunya dengan memisahkan antara sampah basah dan sampah kering, serta mendaur ulang sampah sebagai barang yang bermanfaat,” ujar Tri dalam lansiran bekasikota.go.id (14/4/2019).

[Baca Juga: Parade Kostum Jadi Puncak Acara Bekasi Carnival Night]

Tumpukan sampah akan menimbulkan bau tak sedap dan pemandangan yang kumuh, sehingga sampah-sampah yang ada perlu dikelola untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Selain itu, jika seluruh warga peduli terhadap sampah maka Tempat Pembuangan Sampah di Bantargebang juga akan menjadi berkurang.

Tri juga memberikan motivasi untuk menumbuhkan kepedulian terhadap sampah. Dia mengatakan, memilah sampah juga merupakan bagian dari ibadah, karena kebersihan adalah sebagian dari iman. “Memilah sampah juga bagian dari ibadah, karena dengan mengelola sampah dengan baik akan tercipta lingkungan yang bersih dan sehat. Seperti hadist Nabi, Annazofatu minal iman, kebersihan adalah sebagian dari iman", jelasnya.

[Baca Juga: Siapa Pun Bisa Ikut Pelatihan Barista di CEVEST Bekasi]

Selain itu, dengan warga yang peduli terhadap sampah juga akan meringankan beban petugas kebersihan. Para petugas kebersihan menjadi lebih cepat mengangkut sampah ke truk karena tidak perlu lagi memilah sampah. Menurut Tri, saling memperhatikan dan membantu antara warga dan petugas kebersihan itu harus jadi budaya

Jika masyarakat tidak peduli dalam mengelola sampah, kehidupan akan selalu terganggu dengan sampah, baik di darat maupun di laut. “Kalau masyarakatnya tidak ada yang peduli, Indonesia bisa jadi tempat sampah terpanjang di dunia, karena hobi buang sampah sembarangan dan dimanapun,” jelas Tri.

Tri berharap, perhatian terhadap sampah di Kota Bekasi bukan semata menjadi tanggung jawab pemerintah. Tetapi masyarakat juga memiliki tanggung jawab yang sama dalam memperhatikan persoalan sampah sehingga impian untuk menjadi kota yang bersih, sehat dan indah bisa terwujud di Kota Bekasi.

Read More

Artikel Lainnya

Kampung Kepo Dukung Wanita Lebih Peduli dengan Kanker Serviks

Kesehatan

Kampung Kepo Dukung Wanita Lebih Peduli dengan Kanker Serviks

18 August 2019, 20:00  |  3 Views

Untuk meningkatkan kepedulian serta mendorong wanita untuk melakukan deteksi dini kanker, Kampung Kepo diresmikan.

Ampas Kopi Ternyata Punya Manfaat Istimewa

Properti dan Solusi

Ampas Kopi Ternyata Punya Manfaat Istimewa

18 August 2019, 19:00  |  3 Views

Biasanya ampas kopi selalu berakhir di tempat sampah, namun ternyata endapan hasil akhir dari minuman lezat ini masih dapat Anda manfaatkan.

Bayar Ongkos Kirim Barang di Gerai JNE Kini Bisa Pakai GoPay

Bisnis

Bayar Ongkos Kirim Barang di Gerai JNE Kini Bisa Pakai GoPay

18 August 2019, 18:00  |  7 Views

GoPay menjadi uang elektronik pertama yang dapat menjadi opsi pembayaran biaya kirim barang melalui JNE. Kirim barang pun jadi lebih praktis.

Kader JKN Dekatkan BPJS Kesehatan untuk Pelayanan Masyarakat

Kesehatan

Kader JKN Dekatkan BPJS Kesehatan untuk Pelayanan Masyarakat

18 August 2019, 17:00  |  6 Views

Kader JKN berperan aktif menyukseskan Program JKN-KIS. Selain itu, berbagi informasi dan membawa manfaat kepada masyarakat.


Comments


Please Login to leave a comment.