Wakil Wali Kota Yogyakarta Pastikan Stok APD Cukup Hingga Akhir Mei

Kesehatan

Wakil Wali Kota Yogyakarta Pastikan Stok APD Cukup Hingga Akhir Mei

Jumlah kasus positif COVID-19 di Yogyakarta semakin meningkat setiap harinya. Per tanggal 29 April menurut laman corona.jogjaprov.go.id, total data Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 822 orang, 94 pasien positif, dan 4.564 Orang Dalam Pemantauan (ODP). Data yang terus bertambah tiap harinya membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta lebih bersiap-siap.

Belum lama ini, Pemkot Yogyakarta menggelontorkan anggaran sebesar Rp2,4 Miliar lebih untuk pengadaan masker, obat-obatan, vitamin, dan alat pelindung diri (APD) tahap pertama. Disebutkan oleh Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi, tahap pertama pengadaan APD dan barang lain belum selesai. Karena, barang yang dibeli atau dipesan Pemkot Yogyakarta belum semuanya diterima.

Wakil Wali Kota Yogyakarta Pastikan Stok APD Cukup Hingga Akhir Mei

"Pembelian sudah selesai dan sudah kami bayar, namun barang tersebut belum kami terima. Pada tahap kedua nanti rencananya Pemkot Yogyakarta akan membeli lebih banyak lagi dibandingkan tahap pertama tadi," sebut Heroe sembari memberikan bantuan APD kepada PMI Kota Yogya di Komplek Balaikota.

Secara simbolis, pemkot Yogyakarta memberikan bantuan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Yogya, bantuan yang diberikan berupa masker, pelindung muka, sarung tangan, pelindung sepatu.

[Baca Juga: Laboratorium Pengetesan Covid-19 di Yogyakarta Bertambah Dua]

Mengutip dari jogjakota.go.id (30/4/2020), Heroe menjelaskan target tahap pertama merupakan untuk 1.000 APD untuk dinas kesehatan, 1.500 APD untuk Rumah Sakit Pratama, dan 2.000 buah untuk Rumah Sakit Jogja. Ia menyebukan, pihaknya menargetkan sebanyak 1.000 masker untuk kebutuhan rumah sakit, namun terdapat kendala, yaitu barang yang sulit di dapat.

“Rencana target ada 1.000 masker tetapi hingga saat ini baru masuk sekitar 200 masker, karena barang tidak ada, kalau ada barang harga sangat tinggi, yang menawarkan banyak tetapi ketika diminta segera kirim tidak bisa," sebut Heroe.

[Baca Juga: Hentikan Penerbangan Komersil, 2 Bandara Jogja Sedia Konter Refund]

Ia melanjutkan, stok APD ditargetkan akan ada sebanyak 6.000-an sehingga sampai akhir Mei jumlah APD untuk tenaga medis masih mencukupi. menurutnya, namun jika pihaknya menerima bantuan dari berbagai pihak tentu saja akan lebih panjang jangka waktunya.

"Jika ada masyarakat yang ingin membantu melalui kami biasanya akan kami arahkan langsung kepada organisasi perangkat daerah (OPD) yang membutuhkan, supaya bantuan dapat merata," kata Heroe.

Dirinya, mengungkapkan untuk menangani satu pasien dibutuhkan 10 pakaian hazmat setiap harinya. "Kami juga tidak mau kalau mendistribusikan barang (hazmat) tidak sesuai dengan standar yang berlaku," pungkas Heroe.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.