Wakil Wali Kota Yogyakarta Pastikan Stok APD Cukup Hingga Akhir Mei

Kesehatan

Wakil Wali Kota Yogyakarta Pastikan Stok APD Cukup Hingga Akhir Mei

Jumlah kasus positif COVID-19 di Yogyakarta semakin meningkat setiap harinya. Per tanggal 29 April menurut laman corona.jogjaprov.go.id, total data Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 822 orang, 94 pasien positif, dan 4.564 Orang Dalam Pemantauan (ODP). Data yang terus bertambah tiap harinya membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta lebih bersiap-siap.

Belum lama ini, Pemkot Yogyakarta menggelontorkan anggaran sebesar Rp2,4 Miliar lebih untuk pengadaan masker, obat-obatan, vitamin, dan alat pelindung diri (APD) tahap pertama. Disebutkan oleh Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi, tahap pertama pengadaan APD dan barang lain belum selesai. Karena, barang yang dibeli atau dipesan Pemkot Yogyakarta belum semuanya diterima.

Wakil Wali Kota Yogyakarta Pastikan Stok APD Cukup Hingga Akhir Mei

"Pembelian sudah selesai dan sudah kami bayar, namun barang tersebut belum kami terima. Pada tahap kedua nanti rencananya Pemkot Yogyakarta akan membeli lebih banyak lagi dibandingkan tahap pertama tadi," sebut Heroe sembari memberikan bantuan APD kepada PMI Kota Yogya di Komplek Balaikota.

Secara simbolis, pemkot Yogyakarta memberikan bantuan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Yogya, bantuan yang diberikan berupa masker, pelindung muka, sarung tangan, pelindung sepatu.

[Baca Juga: Laboratorium Pengetesan Covid-19 di Yogyakarta Bertambah Dua]

Mengutip dari jogjakota.go.id (30/4/2020), Heroe menjelaskan target tahap pertama merupakan untuk 1.000 APD untuk dinas kesehatan, 1.500 APD untuk Rumah Sakit Pratama, dan 2.000 buah untuk Rumah Sakit Jogja. Ia menyebukan, pihaknya menargetkan sebanyak 1.000 masker untuk kebutuhan rumah sakit, namun terdapat kendala, yaitu barang yang sulit di dapat.

“Rencana target ada 1.000 masker tetapi hingga saat ini baru masuk sekitar 200 masker, karena barang tidak ada, kalau ada barang harga sangat tinggi, yang menawarkan banyak tetapi ketika diminta segera kirim tidak bisa," sebut Heroe.

[Baca Juga: Hentikan Penerbangan Komersil, 2 Bandara Jogja Sedia Konter Refund]

Ia melanjutkan, stok APD ditargetkan akan ada sebanyak 6.000-an sehingga sampai akhir Mei jumlah APD untuk tenaga medis masih mencukupi. menurutnya, namun jika pihaknya menerima bantuan dari berbagai pihak tentu saja akan lebih panjang jangka waktunya.

"Jika ada masyarakat yang ingin membantu melalui kami biasanya akan kami arahkan langsung kepada organisasi perangkat daerah (OPD) yang membutuhkan, supaya bantuan dapat merata," kata Heroe.

Dirinya, mengungkapkan untuk menangani satu pasien dibutuhkan 10 pakaian hazmat setiap harinya. "Kami juga tidak mau kalau mendistribusikan barang (hazmat) tidak sesuai dengan standar yang berlaku," pungkas Heroe.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.