Perwakilan WHO dari 35 Negara Kunjungi Puskesmas Kramat Jati

Kesehatan

Wakil WHO dari 35 Negara Cek Penanganan TB Puskesmas Kramat Jati

Tim perwakilan World Health Organization (WHO) dari 35 negara asing berkunjung ke Puskesmas Kramat Jati, Jakarta Timur, pada 17 Juli 2019. Kunjungan tim WHO dalam rangka melakukan peninjauan penanganan penyakit Tuberkulosis (TB). Camat Kramat Jati Eka Darmawan dan Kepala Puskesmas Kramat Jati Inda Mutiara menerima langsung kunjungan tim WHO.

Dalam kunjungan itu, Eka Darmawan menjelaskan mengenai penanganan kasus TB di wilayahnya. Salah satunya, pihak Puskesmas Kramat Jati, Jakarta Timur pada tahun 2018 berhasil mengidentifikasi lebih dari 3.000 kasus TB. Identifikasi yang dilakukan merupakan bagian dari penanganan kasus TB dengan tujuan akhir pasien dapat sembuh atau bisa jadi salah satu upaya pembebasan kasus TB di tahun 2030 untuk lingkup nasional sebagaimana dilansir timur.jakarta.go.id (17/7/2019).

Perwakilan WHO dari 35 Negara Kunjungi Puskesmas Kramat Jati

Dia menambahkan, upaya yang dilakukannya pun tidak lepas dari kerjasama antara sektor. “Di Kecamatan Kramat Jati ada delapan rumah sakit yang menerapkan treatment TB dan ada 24 klinik yang siap melapor ke puskesmas ketika berhasil mengidentifikasi TB agar segera ditangani,” ujarnya.

[Baca Juga: RSUD Matraman Luncurkan Layanan Khusus Penderita Tuberkulosis]

Selain itu, upaya lainnya yang dilakukan pihaknya dalam penanganan kasus TB adalah mensosialisasikan bahaya TB secara langsung kepada warga. Sosialisasi tersebut dilakukan 60 kader juru pemantau batuk (Jumantuk) yang juga merupakan warga Kramat Jati. “Ada tujuh sekolah yang komitmen dengan kita untuk membentuk kader TB yang mencapai 350 siswa. Ini keterlibatan sekolah dalam penanganan TB,” ungkapnya.

Dengan adanya kunjungan dari tim WHO yang berasa dari berbagai negara, pihaknya mengapresasi kunjungan tersebut. "Kita sangat apresiasi kunjungan ini karena ini merupakan salah satu bentuk perhatian terhadap penanganan TB di Kramat Jati," tuturnya.

[Baca Juga: Labkesda Tunjuk RSUD Tarakan Jakarta Pusat Sebagai LRI Tuberkulosis]

Kepala Puskesmas Kecamatan Kramat Jati turut menjelaskan, saat ini Puskesmas Kramat Jati telah memiliki poliklinik khusus penanganan TB. Pihaknya mengklaim memiliki prestasi dalam penemuan identifikasi TB yang ditindaklanjuti dengan penanganan secara berkesinambungan terhadap penderita TB di sepanjang tahun 2018.

Sementara, salah satu pengunjung anggota WHO Stephen Macharia asal Kenya mengutarakan, pihaknya pun sangat mengapresiasi Puskesmas Kecamatan Kramat Jati yang telah lakukan jemput bola para pasien TB. Menurutnya, tanpa pelayanan jemput bola penting bagi para pasien yang enggan berobat. "Ini sangat positif dan ini harus digaungkan terutama inovasi yang sudah betjalan di Puskesmas ini ada program si Jempol dan Jumantuk,” tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaa n.jpg

Bisnis

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaan

28 November 2022, 15:58

East Ventures melalui IDPM MPTM berupaya membuka kesempatan kepada para founder startup meraih pendanaan dan mereka yang terdampak badai PHK industri digital mendapatkan pekerjaan baru.

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depa n.jpg

Kuliner

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depan

28 November 2022, 14:56

Setelah ribuan konsumennya bersuara, Fore Coffee memutuskan untuk memperpanjang menu seasonal The Classic Treasure Series sampai tahun depan.

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo

28 November 2022, 10:55

Pada akhir pekan kemarin, band Dewa 19 bersama mantan anggotanya yang ikonik sukses manggung di Kota Solo melalui konser 30 Tahun Berkarya Dewa 19.

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar.jpg

Kecantikan dan Fashion

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar

25 November 2022, 16:36

Pihak penyelenggaran JFW 2023 mengungkapkan bahwa ini merupakan salah satu penyelenggaraan Jakarta Fashion Week dengan animo serta respons yang sangat positif dari fashionista di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.