Perwakilan WHO dari 35 Negara Kunjungi Puskesmas Kramat Jati

Kesehatan

Wakil WHO dari 35 Negara Cek Penanganan TB Puskesmas Kramat Jati

Tim perwakilan World Health Organization (WHO) dari 35 negara asing berkunjung ke Puskesmas Kramat Jati, Jakarta Timur, pada 17 Juli 2019. Kunjungan tim WHO dalam rangka melakukan peninjauan penanganan penyakit Tuberkulosis (TB). Camat Kramat Jati Eka Darmawan dan Kepala Puskesmas Kramat Jati Inda Mutiara menerima langsung kunjungan tim WHO.

Dalam kunjungan itu, Eka Darmawan menjelaskan mengenai penanganan kasus TB di wilayahnya. Salah satunya, pihak Puskesmas Kramat Jati, Jakarta Timur pada tahun 2018 berhasil mengidentifikasi lebih dari 3.000 kasus TB. Identifikasi yang dilakukan merupakan bagian dari penanganan kasus TB dengan tujuan akhir pasien dapat sembuh atau bisa jadi salah satu upaya pembebasan kasus TB di tahun 2030 untuk lingkup nasional sebagaimana dilansir timur.jakarta.go.id (17/7/2019).

Perwakilan WHO dari 35 Negara Kunjungi Puskesmas Kramat Jati

Dia menambahkan, upaya yang dilakukannya pun tidak lepas dari kerjasama antara sektor. “Di Kecamatan Kramat Jati ada delapan rumah sakit yang menerapkan treatment TB dan ada 24 klinik yang siap melapor ke puskesmas ketika berhasil mengidentifikasi TB agar segera ditangani,” ujarnya.

[Baca Juga: RSUD Matraman Luncurkan Layanan Khusus Penderita Tuberkulosis]

Selain itu, upaya lainnya yang dilakukan pihaknya dalam penanganan kasus TB adalah mensosialisasikan bahaya TB secara langsung kepada warga. Sosialisasi tersebut dilakukan 60 kader juru pemantau batuk (Jumantuk) yang juga merupakan warga Kramat Jati. “Ada tujuh sekolah yang komitmen dengan kita untuk membentuk kader TB yang mencapai 350 siswa. Ini keterlibatan sekolah dalam penanganan TB,” ungkapnya.

Dengan adanya kunjungan dari tim WHO yang berasa dari berbagai negara, pihaknya mengapresasi kunjungan tersebut. "Kita sangat apresiasi kunjungan ini karena ini merupakan salah satu bentuk perhatian terhadap penanganan TB di Kramat Jati," tuturnya.

[Baca Juga: Labkesda Tunjuk RSUD Tarakan Jakarta Pusat Sebagai LRI Tuberkulosis]

Kepala Puskesmas Kecamatan Kramat Jati turut menjelaskan, saat ini Puskesmas Kramat Jati telah memiliki poliklinik khusus penanganan TB. Pihaknya mengklaim memiliki prestasi dalam penemuan identifikasi TB yang ditindaklanjuti dengan penanganan secara berkesinambungan terhadap penderita TB di sepanjang tahun 2018.

Sementara, salah satu pengunjung anggota WHO Stephen Macharia asal Kenya mengutarakan, pihaknya pun sangat mengapresiasi Puskesmas Kecamatan Kramat Jati yang telah lakukan jemput bola para pasien TB. Menurutnya, tanpa pelayanan jemput bola penting bagi para pasien yang enggan berobat. "Ini sangat positif dan ini harus digaungkan terutama inovasi yang sudah betjalan di Puskesmas ini ada program si Jempol dan Jumantuk,” tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.