Wakilkan Jakarta, TK Tzu Chi Tanding di LSS Tingkat Nasional

Pendidikan

Wakilkan Jakarta, TK Tzu Chi Tanding di LSS Tingkat Nasional

Pada 6 Agustus 2019, Taman Kanak-Kanak (TK) Tzu Chi yang berada di Kelurahan Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, kedatangan tim penilai Lomba Sekolah Sehat atau LSS Tingkat Nasional kategori TK/RA. Tim penilai yang berjumlah tujuh orang tersebut berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Agama Indonesia. Mereka datang untuk langsung meninjau TK yang berada di bawah naungan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia tersebut.

Pada kunjungan tersebut, Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim dan Kepala TK Tzu Chi Ling Felicia Joe turut hadir untuk menyambut tim penilai LSS Tingkat Nasional. Ali memberikan respons positif atas keberhasilan TK Tzu Chi mewakili Ibu Kota bertanding di LSS Tingkat nasional. Ia mengatakan, hal ini tidak terlepas dari beragam inovasi serta layanan yang tersedia di TK Tzu Chi untuk para muridnya.

Wakilkan Jakarta, TK Tzu Chi Tanding di LSS Tingkat Nasional

“LSS sebagai pemicu dan pemacu semangat serta mendorong motivasi belajar para siswa baik di bidang akademik maupun non-akademik. Inovasi yang dimiliki sekolah TK Tzu Chi menjadi kebanggaan dan bisa dijadikan contoh untuk sekolah lainnya,” ucap Ali, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (8/8/2019).

Dalam LSS Tingkat Nasional, TK Tzu Chi akan bertanding dengan 21 sekolah TK lainnya yang tersebar di berbagai provinsi Nusantara. Tim penilai LSS pun sudah memiliki acuan tersendiri mengenai elemen apa saja yang harus dimiliki oleh sekolah agar bisa keluar menjadi pemenang. Penilaiannya dimulai dari segi kondisi lingkungan sekolah yang tertib dan bersih agar menunjang kegiatan belajar-mengajar, pengelolaan sampah, menu makanan sehat untuk murid, hingga perlengkapan di Usaha Kesehatan Sekolah.

[Baca Juga: Yayasan Tzu Chi Beri Bantuan Gerobak Mi Untuk PKK Jakarta Barat]

Pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga menyambut antusias terpilihnya TK Tzu Chi. Pasalnya, Pemprov DKI memandang LSS dapat menjadi percontohan kategori sekolah yang sehat sehingga dapat membentuk peserta didik yang cerdas. Hal ini disampaikan Kepala Bagian Kesehatan dan Kesejahteraan Pemprov DKI Jakarta Kusmanto saat mendampingi tim penilai LSS.

“Seluruh nilai positif tentang pola kebersihan yang sudah ada bisa ditularkan ke sekolah-sekolah lain. Walaupun dengan lokasi dan keterbatasan, tapi nilai-nilai kebersihan tetap sama sehingga tetap bisa diwujudkan bersama,” ucap Kusmanto, sebagaimana dilansir dari tzuchi.or.od (8/8/2019).

[Baca Juga: Mengulas Sekolah Tzu Chi di Pantai Indah Kapuk Jakarta]

Salah satu program unggulan TK Tzu Chi yang dipaparkan di depan tim penilai LSS adalah mengenai Trias UKS. “Sebenarnya Trias UKS (melaksanakan pendidikan kesehatan, menyelenggarakan pelayanan kesehatan, dan menciptakan lingkungan kehidupan sekolah yang sehat) adalah program yang sudah kami lakukan setiap harinya sejak tahun 2011,” ungkap Ling Felicia Joe.


Read More

Artikel Lainnya

Kolepa.jpg

Bisnis

Uniknya Kolepa, Merasakan Nuansa Coffe Shop Bersanding Mini Golf

05 August 2021, 22:31

Berbeda dengan coffe shop pada umumnya, Kolepa di Kota Tangerang Selatan tawarkan nuansa ngopi dan fasilitas mini-golf di sekelilingnya.

Menelusuri Rumah Pengabdi Setan di Bukit Pangalengan, Bikin Merinding!.jpg

Hobi dan Hiburan

Rumah Pengabdi Setan di Bukit Pangalengan Bikin Merinding!

05 August 2021, 22:02

Anda penikmat horor? Silakan datang ke Rumah Pengabdi Setan yang berada di Kawasan Perkebunan Teh Kertamanah Pangalengan, Kab. Bandung. Rasakan sensasinya!

Endik 1.jpg

Bisnis

Bengkel Endik, Tanpa Perlu Nama Mobil-Mobil Sudah Berdatangan

05 August 2021, 21:09

Tanpa perlu memasang papan nama, sebuah bangunan petak milik Mas Endik didatangi pengendara mobil untuk servis.

Kalijaga 2.jpg

Berita Kawasan

Musala Sunan Kalijaga Kota Batu, Bangunan Kecil Bersejarah

05 August 2021, 20:08

Memberikan nuansa bersejarah dalam sebuah musala kecil di pinggir jalan Giripurno, Musala Sunan Kalijaga bikin hati dipenuhi berkah.


Comments


Please Login to leave a comment.