Waktu Operasional Pusat Belanja Surabaya Masa PPKM Hingga Jam 8 Malam

Bisnis

Waktu Operasional Pusat Belanja Surabaya Masa PPKM Hingga Jam 8 Malam

Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur, memperpanjang waktu operasional pusat belanja dalam masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat 11-25 Januari. Waktu operasional sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri hingga pukul 19.00 diperpanjang satu jam menjadi pukul 20.00.

Instruksi Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pembatasan Kegiatan untuk Pengendalian Penyebaran COVID-19 mensyaratkan pembatasan waktu operasional pusat belanja dan mal sampai pukul 19.00. Namun, dalam rapat koordinasi hari pertama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) pada Senin, 11 Januari 2021, Surabaya memutuskan perpanjangan satu jam.

Jalankan Instruksi Pemerintah Pusat, Pemkot Surabaya Berlakukan Kebijakan PPKM.jpg

”Dalam rapat koordinasi, bisa dilakukan penyesuaian sesuai dengan kearifan lokal dan daerah lain. Kami menutup pusat belanja pukul 20.00,” kata Pelaksana Tugas Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana seusai rapat koordinasi dalam jaringan (online) bersama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa seperti diberitakan surabaya.go.id (11/1/2021).

Rapat diikuti 11 bupati/wali kota di Jatim yang menempuh PPKM meliputi Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Kota dan Kabupaten Malang, Batu, Ngawi, Lamongan, Kabupaten Blitar, serta Kota dan Kabupaten Madiun.

[Baca Juga: Jika Sudah Disalurkan Nanti, Pemkot Surabaya Siap Gelar Vaksinasi COVID-19]

Pembatasan waktu operasional pusat belanja sampai dengan pukul 20.00 juga dituangkan dalam Peraturan Wali Kota Surabaya Nomor 2 Tahun 2021 sebagai perubahan atas regulasi No 67/2020 tentang Penerapan Protokol Kesehatan dalam Rangka Pencegahan dan Memutus Mata Rantai Penyebaran COVID-19 di Kota Surabaya.

Selain itu, pembatasan operasional pusat belanja sampai pukul 20.00 juga telah dicantumkam dalam Surat Edaran Wali Kota Surabaya tanggal 11 Januari 2021 yang ditujukan salah satunya kepada pengelola pusat belanja. ”Kami berharap perpanjangan ini dapat menyejukkan dunia usaha meski saat ini dalam masa PPKM,” kata Whisnu.

Waktu Operasional Pusat Belanja Surabaya Masa PPKM Hingga Jam 8 Malam

Pada hari pertama PPKM, Surabaya melaksanakan pemeriksaan terpadu di delapan lokasi. Masing-masing di depan Cito Mall, Terminal Tambak Oso Wilangun, Jalan Lingkar Tengah Timur (MERR), Jembatan Suramadu, Benowo, Lakarsantri, Karangpilang, dan Pondok Chandra. Pemeriksaan ini seperti pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahun lalu di Surabaya Raya yang bertujuan meredam penularan COVID-19.

Wakil Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya Ajun Komisaris Besar Hartoyo mengatakan, aparat pemerintah, Polri, dan TNI dilibatkan dalam pemeriksaan terpadu di perbatasan Surabaya dengan Sidoarjo, Gresik, dan Mojokerto. Selain itu, tim juga mengawasi PPKM di tempat-tempat usaha, terutama kedai kopi, warung makan, dan restoran.

Menurut instruksi, tempat usaha makan dan minum boleh beroperasi sampai pukul 22.00, tetapi hanya bisa menerima tamu 25 persen dari kapasitas. Warung, kedai, dan restoran diharapkan memaksimalkan pelayanan pesan antar atau dibawa pulang. ”Yang kami awasi adalah pelaksanaan pembatasannya. Pelanggaran tentu ditindak dan dijatuhi sanksi,” kata Hartoyo.

Read More

Artikel Lainnya

Sistem Kekebalan Penyintas COVID-19 Dapat Terus Meningkat dan Bertahan Lama

Kesehatan

Sistem Kekebalan Penyintas COVID-19 Dapat Terus Meningkat dan Bertahan Lama

23 January 2021, 20:08

Penemuan yang dipublikasikan di Nature ini, memberikan bukti terkuat bahwa sistem kekebalan tubuh dapat "mengingat" virus dan secara luar biasa terus meningkatkan kualitas antibodi.

Kenali Tipe Belajar Agar Anak Lebih Mudah Belajar di Rumah

Pendidikan

Kenali Tipe Belajar Agar Anak Lebih Mudah Belajar di Rumah

23 January 2021, 18:07

Gaya belajar pada dasarnya adalah kunci pengembangan dan kinerja diri. Gaya belajar membantu anak untuk dapat belajar secara efektif dan dapat memaksimalkan belajar.

Kelenteng Tertua di Bekasi Hok Lay Kiong Mulai Bersolek Sambut Imlek

Berita Kawasan

Kelenteng Tertua di Bekasi Hok Lay Kiong Mulai Bersolek Sambut Imlek

23 January 2021, 15:51

Sejumlah pedagang kebutuhan peribadatan penganut Konghucu pun sudah menggelar aneka hiasan dan kebutuhan untuk perayaan Imlek.

Bupati Malang Instruksikan Swab Massal untuk ASN

Kesehatan

Bupati Malang Instruksikan Swab Massal untuk ASN

22 January 2021, 18:09

Usai menjalani penetapan Bupati dan Wakil Bupati Malang terpilih, Sanusi menuturkan jika kebijakan swab massal ASN semata-mata untuk meminimalisir penyebaran COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.