Walau Aman Dimakan, Bahan Makanan Dianggap Tak Baik untuk Kulit

Kecantikan dan Fashion

Walau Aman Dimakan, Bahan Makanan Dianggap Tak Baik untuk Kulit

Maraknya tips dan tutorial membuat skincare sendiri dengan bahan makanan ini masih diramaikan dengan pro kontra, apalagi belum lama ini ada banyak korban yang kulitnya justru memburuk usai mengikuti tutorial DIY (do it yourself) skincare yang bermunculan di media sosial yang belum terbukti secara medis atau pun melewati proses penelitian.

Walau bahan makanan aman untuk dikonsumsi, ada banyak pendapat yang menyebutkan jika bahan makanan belum tentu aman digunakan pada kulit. Walau dianggap lebih murah dan mudah dibuat kapan saja, skincare yang terbuat dari bahan bahan makanan tetap membuat ragu 87 orang dari 153 peserta yang mengikuti survei singkat PingPoint belum lama ini.

Walau Aman Dimakan, Bahan Makanan Dianggap Tak Baik untuk Kulit

Dari hasil survei tersebut, didapatkan beberapa alasan mengapa banyak orang memilih untuk tidak menggunakan bahan makanan para proses perawatan kulitnya, seperti ragu pH tak cocok untuk kulit, tidak mengetahui takaran yang tepat, repot karena harus membuat atau meracik, dapat menimbulkan iritasi pada kulit, dan lain sebagainya.

“Kalau (bahan makanan yang kita gunakan) tidak steril, ada getah (atau yang lainnya), kondisi wajah malah makin parah. Aku pernah (mengalaminya),” ujar salah satu peserta survei singkat Ariani.

[Baca Juga: Ini Alasan Banyak Orang Gemar Gunakan Skincare dari Bahan Makanan]

Menurut beberapa orang, jika meracik skincare sendiri sangat berbahaya karena selain tak tahu takaran yang tepat untuk kebutuhan wajah, formulasi yang digunakan juga memerlukan ilmu tak bisa asal-asalan.

Hal tersebut juga dipaparkan ahli dermatologi dari Rumah Sakit Yale New Haven Mona Gohara seperti yang dilansir dari glitzmedia.co (29/1/2020), yang justru menyarankan untuk menghindari lima bahan makanan untuk digunakan sebagai produk perawatan wajah, seperti air lemon. Buah yang kaya akan vitamin C ini memang kerap jadi bahan skincare favorit untuk mencerahkan wajah namun jika digunakan langsung pada wajah, kandungan asam pada lemon akan mengubah keseimbangan pH dan menyebabkan kulit menjadi lebih mudah terinfeksi dan sensitif terhadap matahari.

[Baca Juga: Madu Sebagai Masker Wajah Alami]

Kemudian, ada pula telur. Di Indonesia putih telur kerap kali digunakan sebagai salah satu bahan untuk masker yang kabarnya bagus untuk mengangkat komedo, namun telur mengandung lebih dari 80.000 penyakit yang dapat menimbulkan keracunan. Selain itu, jika telur terlalu lama dibiarkan di suhu ruang terlalu lama, akan banyak bakteri yang menempel pada putih telur.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.