Walau Dibayangi COVID-19, Pemkot Medan Tetap Siap Gelar Pilkada 2020 .jpg

Berita Kawasan

Walau Dibayangi COVID-19, Pemkot Medan Tetap Siap Gelar Pilkada 2020

Dalam bayangan pandemi COVID-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Medan tak hanya harus mempersiapkan segala hal untuk menunjang new normal atau kenormalan baru saja. Pasalnya, mereka juga saat ini sudah mulai membahas mengenai penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2020 yang digelar serentak di berbagai wilayah Indonesia. Dengan Pemkot Medan yang siap menyukseskan pesta demokrasi yang digelar pada akhir tahun ini walau pandemi yang dipicu virus Corona ini masih belum berakhir.

Pernyataan Pemkot Medan itu disampaikan ketika Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan Wiriya Alrahman pada saat dirinya menghadiri video conference mengenai kesiapan pelaksaan Pilkada Tahun 2020 bersama Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) di ruang command center Kantor Wali Kota Medan pada 10 Juni 2020. Dalam rapat tersebut, Wiriya juga memamparkan bagaimana alokasi dana untuk Pilkada 2020.

Walau Dibayangi COVID-19, Pemkot Medan Tetap Siap Gelar Pilkada 2020.jpg

Menurut Wiriya, pendanaan untuk Pilkada 2020 diambil dari dana hibah di Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). Di mana dana itu nanti disalurkan ke KPU, Bawaslu, Polrastabes Medan, Polrestas Pelabuhan Belawan, dan Kodim 0201/BS. Di mana dana ini menjadi bukti kesiapan Pemkot Medan dalam menyambut pesta demokrasi yang digelar pada 9 Desember 2020 nanti.

Namun walau sudah ada persiapan dana tersebut, muncul wacana yang menyebut bahwa itu tidak cukup untuk Pilkada 2020. Diwartakan medan.tribunnews.com (10/6/2020), Pemkot Medan sudah mengalokasikan dana Rp100 miliar untuk pesta demokrasi di Kota Medan Deli tapi pihak KPU Medan sempat memberikan sinyal bahwa jumlah tersebut masih dirasa kurang.

Pihak Pemkot Medan pun menegaskan bahwa mereka tidak akan menambah jumlah dana yang sudah dialokasikan untuk Pilkada Serentak 2020 dan ini tak terlepas dari pengaruh pandemi COVID-19. “Semenjak COVID-19 ini, pendapatan daerah menjadi menurun. Jadi tidak mungkin bisa dilakukan penambahan dana untuk Pilkada, karena itu kita kepada KPU agar merevisi anggaran yang sudah dialokasikan oleh Pemko Medan,” tegas Sekda Medan, sebagaimana dikutip dari pemkomedan.go.id (10/6/2020).

Pembahasan mengenai Pilkada Serentak 2020 di Kota Medan juga digelar dalam video conference tentang Konsolidasi Pelaksanaan Sosialisasi Pilkada Serentak Tahun 2020 bersama Kemendragri. Dalam rapat itu Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Politik dan pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar menyebut, protokol kesehatan perlu disosialisasikan sebelum penyelenggaraan Pilkada 2020 demi mencegah penyebaran COVID-19. Pemkot Medan pun menyatakan kesiapannya untuk melakukan sosialisasi tersebut.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 3 months lalu
    rine

    yuuukkk MABAR game dupa88 guuys.... seru asik dan bisa bikin bengkak tak terbatas rek tabungan kita juga, banyak bonus bonus yang bisa kita dapatin dan jackpot yang luar biasaaa.... mau kaya ya di dupa88 ajaaa bukan yang lain..

  • Anisa 2 years, 3 months lalu
    anisa

    Di masa pandemi corona saat ini pasti merasakan jenuh dan bosan sekali karna #dirumahaja dan ga bisa kemana-mana ? Solusi yang tepat untuk anda dan bisa lsg buka di google,lalu search atau cari QQHARIAN guys. Cukup #dirumahaja dan mainkan berbagai game online di dalamnya serta bisa menghilangkan rasa jenuh/bosan kalian saat ini.! 🥳🥳🥳

  • Emma 2 years, 3 months lalu
    emma

    izin share ya admin :) segera bergabung bersama kami, Di Agen Togel Online Terbaik dan jangan lupa raih berbagai macam promonya, buruan langsung saja daftar Di <a href="http://gajitoto.net/" title="Gajitoto" rel="nofollow">Gajitoto</a>