Walau Pahit, Ini Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Kesehatan

Walau Pahit, Ini Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Pepaya merupakan buah yang dikenal baik untuk kesehatan pencernaan. Namun di Indonesia, bukan hanya buahnya saja yang dikonsumsi, namun daunnya sering kali diolah menjadi beberapa olahan asin pendamping nasi.

Daun pepaya di beberapa daerah memang dijadikan lauk pauk dengan rasa yang khas, yakni pahit dan bertekstur mirip daun singkong. Bahkan menurut sebuah penelitian, daun pepaya mengandung enzim yang disebut papain dan chymopapain yang bertanggung jawab untuk meningkatkan kesehatan. Daun pepaya juga mengandung phytochemical, vitamin dan mineral. Selain itu, daun pepaya juga mengandung flavonoid, tanin, α-tokoferol (sejenis vitamin E), beta-karoten, asam askorbat, alkaloid (carpaine), fenol, mineral seperti kalsium, natrium, besi, magnesium dan vitamin A, C, B, K.

Walau Pahit, Ini Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Maka dari itu, melansir dari boldsky.com (3/3/2020) berikut beberapa manfaat daun pepaya untuk kesehatan tubuh.

1) Mengatasi Demam Berdarah

Demam berdarah merupakan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk dan menginfeksi hampir 50 hingga 200 juta orang di dunia per tahunnya. Berdasarkan penelitian, ekstrak daun pepaya berpotensi untuk meningkatkan jumlah trombosit darah sehingga bisa mengurangi demam.

2) Menangani Permasalahan Menstruasi

Daun pepaya sangat bermanfaat untuk masa mentruasi perempuan. Daun pepaya mampu membantu mengurangi kembung yang sering terjadi saat mentruasi, selain itu daun pepaya juga mampu meringankan kram perut. Anda bisa menikmati daun pepaya dalam bentuk teh.

Walau Pahit, Ini Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

3) Obati Masalah Kulit

Menurut sebuah penelitian, daun pepaya memiliki kemampuan untuk menyembuhkan permasalahan kulit, khususnya kanker kulit. Daun pepaya memiliki efek sitotoksi yang mampu membantu membunuh sel kanker.

4) Menjaga Kesehatan Hati

Kerusakan pada hati bisa saja mengarah pada hepatitis dan sirosis yang berkaitan dengan HCV. Dalam sebuah penelitian, stress oksidatif dapat menyebabkan kerusakan pada bagian hati. Untungnya terdapat penelitian daun pepaya yang dapat memperbaiki fungsi hari karena memiliki sifat antioksidan serta vitamin E.

5) Mengobati Malaria

Malaria merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh parasit bernama Plasmodium. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit menular paling mematikan. Akan tetapi, menurut sebuah penelitian jika Anda mengonsumsi daun pepaya saat mengalami malaria membantu tubuh untuk meningkatkan sel darah merah dan mengurangi parasit dalam tubuh sehingga mempercepat proses pemulihan.

[Baca Juga: Cara Memasak Daun Kelor Ada di 5 Resep Lezat Ini]

Itulah beberapa manfaat daun pepaya untuk kesehatan, namun Anda tak bisa serta merta mengandalkan daun pepaya untuk penyembuhan. Tetap pergi dan tangani masalah kesehatan Anda ke dokter. Sedangkan daun pepaya, bisa Anda manfaatkan sebagai obat-obatan pendamping.

[Baca Juga: Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan]


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.