Walau Pahit, Ini Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Kesehatan

Walau Pahit, Ini Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Pepaya merupakan buah yang dikenal baik untuk kesehatan pencernaan. Namun di Indonesia, bukan hanya buahnya saja yang dikonsumsi, namun daunnya sering kali diolah menjadi beberapa olahan asin pendamping nasi.

Daun pepaya di beberapa daerah memang dijadikan lauk pauk dengan rasa yang khas, yakni pahit dan bertekstur mirip daun singkong. Bahkan menurut sebuah penelitian, daun pepaya mengandung enzim yang disebut papain dan chymopapain yang bertanggung jawab untuk meningkatkan kesehatan. Daun pepaya juga mengandung phytochemical, vitamin dan mineral. Selain itu, daun pepaya juga mengandung flavonoid, tanin, α-tokoferol (sejenis vitamin E), beta-karoten, asam askorbat, alkaloid (carpaine), fenol, mineral seperti kalsium, natrium, besi, magnesium dan vitamin A, C, B, K.

Walau Pahit, Ini Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Maka dari itu, melansir dari boldsky.com (3/3/2020) berikut beberapa manfaat daun pepaya untuk kesehatan tubuh.

1) Mengatasi Demam Berdarah

Demam berdarah merupakan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk dan menginfeksi hampir 50 hingga 200 juta orang di dunia per tahunnya. Berdasarkan penelitian, ekstrak daun pepaya berpotensi untuk meningkatkan jumlah trombosit darah sehingga bisa mengurangi demam.

2) Menangani Permasalahan Menstruasi

Daun pepaya sangat bermanfaat untuk masa mentruasi perempuan. Daun pepaya mampu membantu mengurangi kembung yang sering terjadi saat mentruasi, selain itu daun pepaya juga mampu meringankan kram perut. Anda bisa menikmati daun pepaya dalam bentuk teh.

Walau Pahit, Ini Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

3) Obati Masalah Kulit

Menurut sebuah penelitian, daun pepaya memiliki kemampuan untuk menyembuhkan permasalahan kulit, khususnya kanker kulit. Daun pepaya memiliki efek sitotoksi yang mampu membantu membunuh sel kanker.

4) Menjaga Kesehatan Hati

Kerusakan pada hati bisa saja mengarah pada hepatitis dan sirosis yang berkaitan dengan HCV. Dalam sebuah penelitian, stress oksidatif dapat menyebabkan kerusakan pada bagian hati. Untungnya terdapat penelitian daun pepaya yang dapat memperbaiki fungsi hari karena memiliki sifat antioksidan serta vitamin E.

5) Mengobati Malaria

Malaria merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh parasit bernama Plasmodium. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit menular paling mematikan. Akan tetapi, menurut sebuah penelitian jika Anda mengonsumsi daun pepaya saat mengalami malaria membantu tubuh untuk meningkatkan sel darah merah dan mengurangi parasit dalam tubuh sehingga mempercepat proses pemulihan.

[Baca Juga: Cara Memasak Daun Kelor Ada di 5 Resep Lezat Ini]

Itulah beberapa manfaat daun pepaya untuk kesehatan, namun Anda tak bisa serta merta mengandalkan daun pepaya untuk penyembuhan. Tetap pergi dan tangani masalah kesehatan Anda ke dokter. Sedangkan daun pepaya, bisa Anda manfaatkan sebagai obat-obatan pendamping.

[Baca Juga: Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan]


Read More

Artikel Lainnya

Omzet Capai Rp25 Juta Per Hari! Ini Rahasia Nikmatnya Mih Kocok Mang Dadeng.jpg

Kuliner

Omzet Capai Rp25 Juta Per Hari! Ini Rahasia Nikmatnya Mih Kocok Mang Dadeng

15 August 2022, 16:05

Berasal dari jerih payah serta bumbu-bumbu yang digunakan, Mih Kocok Mang Dadeng berhasil eksis selama 58 tahun terakhir dan terus dicari oleh konsumen setianya.

2 Inovatur Indonesia Digandeng dalam Program Plastic Waste to Value Southeast As ia Challenge.jpg

Bisnis

2 Inovator Indonesia Masuk Program Plastic Waste to Value Southeast Asia Challenge

15 August 2022, 14:04

Dari lima inovator di Asia Tenggara, dua datang dari Indonesia, terpilih ikut dalam program untuk membenahi tata kelola sampah plastik.

Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantara.jpg

Berita Kawasan

Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantara

15 August 2022, 12:01

Setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi COVID-19, Jakarnaval akhirnya kembali digelar dengan sukses pada akhir pekan kemarin.

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.


Comments


Please Login to leave a comment.