Tips Menambah Jaringan Bisnis Selama Pandemi COVID-19

Bisnis

Walau Pandemi, Jalani Tips ini untuk Menambah Jaringan Bisnis

Hubungan profesional bisa tetap dibangun tanpa meninggalkan rumah lho! Meeting dan seminar offline sudah jarang dilakukan akibat pandemi. Seni bertukar kartu nama kemungkinan besar sudah tidak terjadi sejak Maret. Meskipun tidak bertemu langsung, ada banyak peluang untuk memperluas jaringan bisnis dan membangun hubungan profesional baru. Jaringan virtual malah bisa menjadi platform bersosialisasi yang menguntungkan bagi Anda yang sedikit lebih pendiam.

Palajari enam kiat untuk membantu Anda memperluas jaringan profesional yang dirangkum dari psychologytoday.com (27/11/2020), tanpa harus meninggalkan rumah.

Tips Menambah Jaringan Bisnis Selama Pandemi COVID-19

1) Beri Apresiasi Khusus

Apakah ada seseorang menulis buku yang Anda sukai atau artikel yang menurut Anda menarik? Hubungi penulisnya dan beri tahu mereka mengapa buku atau artikel itu berarti bagi Anda. Beri tahu mereka apa yang Anda sukai dan mengapa. Banyak penulis tidak mendapat masukan langsung dari pembacanya, menghubungi mereka akan membuat Anda menonjol karena ini bukan kejadian biasa.

2) Tambahkan Pembicara ke Akun LinkedIn Anda

Apakah Anda menghadiri konferensi virtual, lokakarya, atau menonton wawancara langsung LinkedIn? Apakah Anda menemukan sesuatu yang menurut pembicara menarik? Hubungi mereka dan beri tahu mereka. Terhubung dengan mereka di LinkedIn, kirim undangan yang dipersonalisasi, dan jelaskan di mana Anda mendengar wawancara mereka dan mengapa Anda menikmatinya. Jika menurut Anda mereka memiliki pesan yang layak untuk dibagikan, perkuat dengan mengikuti mereka di sosial media dan posting pesan mereka.

[Baca Juga: Saat WFH Hindari Kerja Dari Atas Kasur, Ini Alasannya]

3) Lakukan Interaksi dengan Peserta Webinar

Apakah seseorang di acara atau konferensi Zoom baru-baru ini mengatakan sesuatu yang Anda setujui? Beri tahu mereka dengan mengirimi mereka pesan. Ucapkan terima kasih atas komentarnya, dan beri tahu mereka bahwa Anda senang mereka membagikannya.

4) Zoom Lebih Awal

Berlama-lama di Zoom setelah acara webinar atau meeting mungkin bukan ide yang bagus. Namun, masuk bahkan lima menit lebih awal dapat membawa manfaat bagi Anda. Biasanya pada saat itu sedikit orang yang hadir, biasanya hanya pembicara dan penyelenggara. Setelah mereka menyelesaikan persiapan teknis, mereka mungkin hanya mengobrol dan menghabiskan waktu. Hidupkan video Anda dan terlibat dalam percakapan. Siapkan 'kalimat pembuka' untuk memicu dialog. Tanyakan kepada seseorang di mana mereka berada hari ini atau bagaimana kabar mereka.

Begini Kiat Agar Tetap Waras Jalani WFH & Hadapi Pandemi

5) Follow Up

Jika Anda melakukan panggilan telepon atau "ngopi virtual" dengan seseorang, inilah yang direkomendasikan ahli strategi hubungan profesional Andy Lopata dalam bukunya Connected Leadership. Dengan menggunakan aturan 24/7/30, yaitu follow 24 jam setelah berbicara dengan mereka, lalu 7 hari kirim email singkat atau permintaan LinkedIn, dan 30 hari kemudian beri tahu mereka bagaimana Anda bisa menerapkan sesuatu dari hasil diskusi bersama.

Jika Anda strategis dan terlibat dengan orang-orang yang mengembangkan konten dan ide hebat, Anda dapat meningkatkan jaringan secara signifikan. Hubungi, tetaplah terlibat, dan jangan takut untuk memulai percakapan dengan orang baru.

Read More

Artikel Lainnya

Bupati Malang Instruksikan Swab Massal untuk ASN

Kesehatan

Bupati Malang Instruksikan Swab Massal untuk ASN

22 January 2021, 18:09

Usai menjalani penetapan Bupati dan Wakil Bupati Malang terpilih, Sanusi menuturkan jika kebijakan swab massal ASN semata-mata untuk meminimalisir penyebaran COVID-19.

Wow! Mahasiswi UI Ini Selesaikan Program Doktor 2,5 Tahun.jpg

Pendidikan

Wow! Mahasiswi UI Ini Selesaikan Program Doktor 2,5 Tahun

22 January 2021, 17:12

Seorang mahasiswi UI berhasil meraih gelar doktornya hanya dalam kurun waktu 2,5 tahun saja dan disinyalir menjadi doktor termuda serta tercepat di universitas tersebut.

Korban Banjir Bisa Mengungsi di Kantor Kecamatan Kabupaten Bekasi

Berita Kawasan

Korban Banjir Bisa Mengungsi di Kantor Kecamatan Kabupaten Bekasi

22 January 2021, 17:09

Berbagai kantor kecamatan di daerah rawan banjir di Kabupaten Bekasi akan disiapkan jadi lokasi pengungsian warga korban banjir.

Pemkot Surabaya Tambah Fasilitas Kesehatan untuk Vaksinasi COVID-19.jpg

Kesehatan

Pemkot Surabaya Tambah Fasilitas Kesehatan untuk Vaksinasi COVID-19

22 January 2021, 14:04

Demi mempercepat proses vaksinasi COVID-19 di wilayahnya, Pemkot Surabaya menambah fasilitas kesehatan yang melayani penyuntikan vaksin Sinovac.


Comments


Please Login to leave a comment.