Walau Tech-Savvy, Literasi Digital Tetap Penting dalam Pembentukan Karakter Milenia l.jpg

Pendidikan

Walau Tech-Savvy, Literasi Digital Tetap Penting dalam Pembentukan Karakter Milenial

Dengan perkembangan teknologi saat ini, generasi milenial yang berstatus sebagai pekerja kantoran, entrepreneur, bahkan hingga yang berstatus sebagai guru atau dosen dituntut memiliki tech-savvy. Tentu saja istilah untuk menggambarkan kemampuan seseorang dalam menguasai teknologi tertentu ini seiring dengan pekerjaannya yang memang mengharuskan mereka berkutat di dunia digital. Namun hal yang disayangkan adalah dengan bekal tech-savvy ini, belum tentu mereka yang masuk kelompok milenial memiliki kecakapan sepenuhnya di dunia digital dan ini sebenarnya bisa dilihat dengan ramainya postingan penebar kebencian atau tertipu investasi bodong kripto.

Wacana literasi digital ini dibahas dalam kegiatan webinar Ngobrol Bareng Legislator: Penguatan Literasi Digital untuk Membentuk Karakter Milenial yang digelar pada 7 April 2022. Di mana dalam seminar daring itu, Anggota DPR RI Alimin Abdullah mengulas bagaimana para milenial yang saat ini memang sudah memiliki kemampuan tech-savvy. Dari mulai pengoperasian perangkat yang menghubungkan mereka ke dunia digital serta internet bak tak bisa dilepaskan dari keseharian kaum milenial di Indonesia. Tapi di sisi lain, terdapat “ruang” yang dipandang seharusnya bisa diisi oleh mereka saat meninggalkan jejaknya di dunia digital.

Walau Tech-Savvy, Literasi Digital Tetap Penting dalam Pembentukan Karakter Milenial.jpg

“Jika generasi milenial telah mampu menggunakan, memanfaatkan serta berkontribusi pada ruang digital dan media internet, sangat diharapkan pada generasi milenial untuk memberikan kesan positif serta berperan pada ruang digital saat ini dan pada masa yang akan mendatang," tutur politisi dari Partai PAN itu, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (7/4/2022).

Dalam upaya mengisi “ruang” positif di dunia digital ini, tak bisa dipungkiri dibutuhkan kecakapan khusus dan di sinilah peran dari literasi digital yang mungkin masih banyak dipandang sebelah mata oleh kelompok milenial. Mengingat secara awam, tidak sedikit yang berpikir bahwa mereka sudah menguasai literasi digital karena aktivitas kesehariannya memang tak terlepas dari hal-hal yang berhubungan dengan dunia digital. Tentu saja pandangan ini kontradiktif dengan fakta di lapangan dengan masih banyaknya konten-konten negatif yang turut di-share oleh kelompok milenial, khususnya yang berhubungan dengan ujaran kebencian atau hoax. Bahkan hingga terjebak oleh iming-iming dari influencer di media sosial hingga ikut terjebak investasi bodong (robot trading hingga kripto) yang saat ini ramai dibicarakan.

[Baca Juga: Literasi Digital Menjadi Aspek Penting di Perkembangan Ekonomi Digital]

Bila melihat dari sisi Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam literasi digital terdapat empat pilar utama yang terdiri dari kecakapan digital, budaya digital, etika digital, dan pemahaman digital. Dari sinilah untuk meninggalkan jejak positif tersebut, literasi digital yang sepenuhnya menjadi bagian dari pembentukan karakter milenial yang diharapkan membawa “sesuatu” di ruang digital yang memang bermanfaat bagi banyak orang.

“Dari buku Literasi Digital, UNESCO menjelaskan tentang literasi digital yang berhubungan dengan life skills (kecakapan). Kemampuan ini tak hanya melibatkan teknologi saja, tetapi kemampuan untuk belajar, berpikir kritis, kreatif, dan inovatif untuk kompetensi digital,” tambah Tenaga Ahli DPR RI M. Hariman Bahtiar dalam webinar tersebut


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.