Bekasi Perpanjang PSBB Hingga 14 Hari Ke Depan

Berita Kawasan

Wali Kota Bekasi Jelaskan 3 Fase New Normal di Kota Bekasi

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menjelaskan tiga fase penerapan tatanan hidup baru atau new normal kepada para pengelola pasar dan pimpinan mal di Stadion Patriot Candrabhaga pada Selasa, 2 Juni 2020.

Melansir bekasikota.go.id (2/6/2020), pria dengan sapaan akrab Pepen itu memaparkan bahwa perekonomian di Kota Bekasi saat ini butuh mengalami peningkatan. Oleh karena itu, ia bersama jajarannya menyusun tiga fase yang akan diterapkan di masa new normal.

Sebelum benar-benar diterapkan, terdapat fase persiapan atau dinamakan pra fase normal. Di tahap ini, para pelaku usaha harus menyiapkan beberapa alat penunjang protokol kesehatan di tempatnya. Alat-alat itu di antaranya pengukur suhu tubuh dan hand sanitizer.

[Baca Juga: Warga Kota Bekasi Sudah Bisa Jalankan Ibadah di Rumah Ibadah]

“Dengan itu, kita bisa melihat keseriusan new normal dari warga sendiri bahwa ia telah ikut peraturan yang ada, karena kita juga telah mengikuti arahan dari presiden yang menjadikan Kota Bekasi sebagai prototipe kota/kabupaten lain saat hadir di Summarecon Mall Bekasi,” kata Pepen.

Dinilai Tak Valid, Wali Kota Bekasi Minta DTKS Diperiksa

Pepen juga meminta kepada para pelaku usaha untuk mulai melakukan sosialisasi baik aktif maupun pasif kepada masyarakat yang datang mengenai protokol kesehatan yang harus ditegakkan selama new normal. “Jika tidak ada yang memakai masker, tidak diizinkan masuk,” tuturnya.

Berikut tiga fase new normal yang dijelaskan Pepen:

Fase I: Preparasi

Fase preparasi dilakukan pada 1 hingga 7 Juni 2020. Pada tahap ini, para pelaku usaha dan masyarakat membangun ketaatan protokol kesehatan. “Berikut juga [pada tahap ini] dilakukan monitoring dan evaluasi untuk melakukan pengujian efektivitas yang disebutkan pada tahapan pra fase normal,” jelas Pepen.

Fase II: Recovery

Fase recovery akan diterapkan pada 8 hingga 14 Juni 2020. Rentang waktu itu, jelas Pepen, akan dimanfaatkan untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap dibangunnya kembali aktivitas perekonomian.

Fase III: Perubahan Struktur

Sementara itu, tahap ketiga akan dilakukan pada 15 sampai 30 Juni 2020. Pada tahap ini akan dilakukan perubahan struktur sosial dan ekonomi dengan mempertajam normalitas sektor di bidang kesehatan, dunia usaha dan jasa, perdagangan, pariwisata, serta transportasi dengan penerapan sistem baru yaitu menggunakan protokol kesehatan yang ketat.

Pepen juga mengatakan salah satu penerapan sistem baru yang akan terjadi di mal adalah makan di tempat yang dibatasi sebanyak 50 persen dari total pengunjung.

[Baca Juga: Pengetesan COVID-19 Dilakukan di 12 Pasar Tradisional Kota Bekasi]

Mengutip kompas.com (2/6/2020), salah satu mal di Kota Bekasi, yaitu Summarecon Mall Bekasi akan dibuka secara bertahap mulai 8 Juni 2020. Hal ini diungkapkan oleh Presiden Direktur PT Summarecon Agung Tbk Adrianto P Adhi pada 27 Mei 2020 lalu.

“SMB akan mulai beroperasi kembali secara bertahap setelah periode PSBB selesai. Rencananya (mulai dibuka) pada hari Senin, 8 Juni 2020,” tutur Adrianto.

Hingga 2 Juni 2020, kasus positif COVID-19 di Kota Bekasi tercatat sebanyak 308 orang. Dari jumlah tersebut, 254 orang dinyatakan sembuh, 33 meninggal dunia, dan 21 orang masih menjalani perawatan.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.