Wali Kota Bekasi Terima Penghargaan 10 Kota Toleransi 2020 dari Setara Institute

Berita Kawasan

Wali Kota Bekasi Terima Penghargaan 10 Kota Toleransi 2020 dari Setara Institute

Kota Bekasi meraih penghargaan indeks Kota Toleran Tahun 2020 dari Setara Institute dengan nilai 5.330. Acara penyerahan penghargaan yang digelar di Hotel Ashley, Jakarta Selatan pada Kamis siang, 25 Februari 2021.

Angka tersebut dikeluarkan Setara Institute yang meneliti persoalan toleransi di berbagai daerah Kota/Kabupaten yang fokus pada keberagaman di masing-masing daerah. Hal ini telah dilakukan bertahun-tahun akan tetapi sempat tidak berjalan, dan pada tahun 2021 ini kembali dijalankan dengan objek studi toleransi Kota/Kabupaten yang ada di Indonesia. Dalam penilaiannya, Kota Bekasimendapat skor tertinggi ke. 5.530 di peringkat 10 dalam penghargaan Indeks Kota Toleran 2020 dari penilaian 94 Kota/Kabupaten yang di riset.

Wali Kota Bekasi Terima Penghargaan 10 Kota Toleransi 2020 dari Setara Institute

Seperti diberitakan bekasikota.go.id (25/2/2021), acara tersebut dihadiri Irjen Kemendagri Tumpak Haposan Simanjuntak mewakili Menteri Dalam Negeri, Deputi V Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Rima Agristina dan para Kepala Daerah yang hadir pada undangan.

Setara Institute menggelar acara dengan mengadakan riset per tahun mengenai Kota/Kabupaten se Indonesia dengan memantau beberapa kriteria. Kota Bekasi yang mendapatkan undangan untuk menerima penghargaan secara langsung diterima oleh Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi didampingi Asisten Pemerintahan Yudianto dan Kepala Kesbangpol Kota Bekasi Cecep Suherlan.

[Baca Juga: Disarpus Kabupaten Bekasi Dapat Penghargaan Tingkat Nasional]

Irjen Kemendagri mengatakan sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan hari ini, bukti toleransi pengamalan Pancasila yang harus kita promosikan sampai kapanpun berbagai bentuk, terima kasih telah menyelenggarakan acara ini untuk sebuah motivasi Kota/Kabupaten di Indonesia tentang Bhinneka Tunggal Ika.

Riset ini juga merupakan kerjasama dan dukungan penuh dari Setara Institute dengan Kemendagri dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila yang artinya penentu sudah bekerja semaksimal mungkin dan memantau mengenai keberagaman Kota/Kabupaten berdasarkan data riset.

Wali Kota Bekasi Terima Penghargaan 10 Kota Toleransi 2020 dari Setara Institute

Deputi V BPIP juga mengatakan berterima kasih kepada Kepala Daerah yang telah senantiasa menjunjung tinggi arti Bhineka Tunggal Ika yang tanpa membeda-bedakan suku budaya agama dan ras. Sehingga perlu disyukuri bahwa warga negara di Indonesia memegang teguh rasa persaudaraan yang kuat.

Kota Bekasi merupakan kota dengan masyarakat yang heterogen namun saling menghargai, itu mendapat nilai tertinggi. "Alhamdulillah, Kota Bekasi kembali meraih menjadi Kota Toleran tahun 2020, ini berkat kerjasama seluruh elemen masyarakat yang telah menjadikan Kota Bekasi yang harmonis dengan tidak membedakan suku, bahasa, budaya dan agama. Ini menjadi bukti nyata hadirnya pemerintah ditengah masyarakat sebagai pengayom dan menjadi perekat. Seorang pemimpin harus bisa memberikan sebuah harapan dan kepastian, terpenting mari kita pertahankan prestasi ini," demikian Rahmat Effendi.

Read More

Artikel Lainnya

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya dilaksanakan Bulan Juli 2021.jpg

Pendidikan

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya dilaksanakan Bulan Juli 2021

11 April 2021, 08:06

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya akan dilaksanakan pada tahun ajaran baru 2021/2022. Meskipun pemerintah sudah memberikan lampu hijau agar sekolah tatap muka dilaksanakan segera, namun Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya masih belum bisa melaksanakan.

Geliat Bisnis Properti Masa Era New Normal di Kota Semarang

Properti dan Solusi

Geliat Bisnis Properti Era New Normal di Kota Semarang

10 April 2021, 18:47

“Hikmah dari kebijakan di rumah saja membuat para penghuni rumah mulai menyadari bahwa rumah yang mereka tinggali perlu pembenahan di beberapa bagian,” ujar Hafid Santoso pemilik H+S Architect, usaha konsultan arsitek di kota Semarang

Tirta Nirwana 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Tirta Nirwana Songgoriti: Pertemuan Kerajaan Medang, Singosari, dan Tionghoa

10 April 2021, 18:07

Berwisata ke Tirta Nirwana kita bisa sedikit mencuil pelajaran pertemuan sejarah kerajaan di Indonesia dan Tionghoa. Lebih dari itu, bermain air di sini sangatlah menyenangkan.

Teletubies 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Menghabiskan Waktu di Bukit Teletubies Bersama Gunung Arjuno

10 April 2021, 17:08

Berwisata di tempat menyejukkan yang tak perlu bayar tiket atau parkir ada di Kota Batu, yakni Bukit Teletubies.


Comments


Please Login to leave a comment.