Wali Kota Bekasi Terima Penghargaan Kementerian LH

Berita Kawasan

Wali Kota Bekasi Terima Penghargaan Kementerian LH

Pemerintah Kota Bekasi menerima penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia sebagai daerah yang telah menetapkan kebijakan peraturan serta pembinaan dan pendampingan melaksanakan program kampung iklim (proklim) dan menjadi kontribusi nyata Pemerintah Daerah dalam pengendalian perubahan iklim di Indonesia. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia Dr. Ir. Siti Nurbaya serahkan penghargaan ke enam Gubernur dan 44 Kepala Daerah Kabupaten/Kota termasuk Wali Kota Bekasi DR.H.Rahmat Effendi karena telah menjadi pembina untuk program Iklim Kota Bekasi.

Siti menyebutkan, dengan adanya proklim ini, diharapkan untuk bisa mempertahankan ekonomi dan ekosistem serta iklim untuk menjadi target nasional, dengan tema yang diusung yakni Emisi Menurun Indonesia Maju Pertahanan Iklim.

[Baca Juga: 3 RW di Jakut Siap Hadapi Penilaian ProKlim]

Rahmat menyampaikan ucapan terima kasih kepada para penggerak proklim, khususnya yang ada di empat wilayah Kota Bekasi. Harapannya, semua elemen bisa jadi promotor dan penggerak untuk perubahan iklim di 56 kelurahan di Kota Bekasi agar proklim bisa berjalan sesuai dengan target nasional. “Kita rapikan dulu faktor pendukungnya mulai dari masyarakat sebagai penyumbang sampah dan meletakkannya di bank sampah, penataan air dan sanitasi,” ujar Rahmat.

Menurutnya yang termasuk dalam proklim ini adalah gerakan penanaman pohon keras maupun hias, penggunaan freon non cfc, meminimalkan gerakan rumah kaca dan lainnya. Kegiatan tersebut sebenarnya sudah ada di Surat Edaran Nomor.60.I/1440.SE/DinasLH sebagai wujud kehadiran pemerintah yang bersinergi dengan masyarakat dan komunitas peduli lingkungan.

Penyerahan penghargaan ini didampingi oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Yayan Yuliana, Kabid Penataan Lingkungan Ahmad Shovie, Camat Bekasi Selatan Tajudin, dan Camat Bekasi Utara Lukmanul Hakim.

[Baca Juga: Warga Rawabunga Terapkan Program Kampung Iklim]

Terdapat empat percontohan proklim yaitu Proklim Perumahan Nasio, Proklim RW 011 Kelurahan Pekayon Jaya Kecamatan Bekasi Selatan, Proklim RW 13 Suryamandala Kelurahan Marga Mulya Kecamatam Bekasi Utara, dan Proklim RW 20 Kelurahan Margahayu Kecamatan Bekasi Timur.

Melansir dari bekasikota.go.id (3/10/2019) Festival Iklim 2019 ini diselenggarakan di Auditorium Manggala Wanabakti KLHK. Proklim diadakan karena terdapat perubahan iklim yang sudah melewati ambang batas aman. Maka dari itu, kampanye perbaikan iklim dirasa sangat penting khususnya untuk mendorong elemen masyarakat baik secara langsung maupun melalui gerakan komunitas peduli lingkungan dan dukungan dari pemerintah daerah dengan membuat program-program khusus.

Melalui kampanye perubahan iklim, KLHK menginformasikan upaya adaptasi yang dilaksanakan oleh oleh beberapa mitra, investor, pemilik perusahaan dan juga Pemerintah Daerah untuk mempelajari dan menerapkan program nasional ini.

Read More

Artikel Lainnya

Change.org Bocorkan Kampanye Digital yang Populer Sepanjang 2019

Berita Kawasan

Change.org Bocorkan Kampanye Digital yang Populer Sepanjang 2019

20 January 2020, 18:00

Change.org sebagai platform yang memfasilitasi masyarakat untuk berkampanye secara digital mengalami kenaikan pengguna lebih dari 100 persen pada 2019.

Siap-siap, Amazone Akan Gelar Kompetisi Ultraman Fusion Fight Jakarta

Berita Kawasan

Siap-siap, Amazone Akan Gelar Kompetisi Ultraman Fusion Fight Jakarta

20 January 2020, 17:00

Selama permainan, pemain akan memasukkan dua kartu Ultra Fusion untuk membuat kombinasi orb yang beragam.

Wow, Anak-Anak Ini Asah Kreativitas Membuat Lampion Imlek

Pendidikan

Wow, Anak-Anak Ini Asah Kreativitas Membuat Lampion Imlek

20 January 2020, 16:00

Anak-anak sekolah minggu di salah satu vihara Ibu Kota mengasah kreativitasnya dengan membuat lampion untuk menyambut Imlek 2020.

Ternyata 4 Kebiasaan ini Bikin Badan Bungkuk

Kesehatan

Ternyata 4 Kebiasaan ini Bikin Badan Bungkuk

20 January 2020, 15:00

Bungkuk dapat menyebabkan tekanan berlebih pada tulang belakang sehingga menyebabkan rasa sakit dan bahkan kesulitan bernafas akibat paru-paru yang tertekan ke bawah.


Comments


Please Login to leave a comment.