CEMPAKA-PUTIH_KAWASAN_WALIKOTA-JAKARTA-PUSAT-GELAR-SOFT-OPENING-SKYBRIGED-TANAH-ABANG_INGGIL_1100-X-600.jpg

Berita Kawasan

Wali Kota Jakarta Pusat Gelar Soft Opening Skybridge Tanah Abang

Senin 15 Oktober 2018, Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Megantara melakukan soft opening jembatan multiguna atau dikenal dengan sebutan skybridge di Tanah Abang. Dilansir dari kompas.com, soft opening ini berbeda dengan peluncuran resmi. Tujuan dilakukannya soft opening untuk melakukan uji coba penempatan pedagang kaki lima (PKL), sedangkan target dari peluncuran resmi untuk skybridge baru dilakukan 30 Oktober 2018.

“Kenapa dibuat soft opening hari ini karena terkait uji coba, rekayasa, dan assessment. Supaya kalau ada kelemahan bisa kami perbaiki sehingga saat opening bisa sempurna” Ujar Bayu, dilansir dari kompas.com senin (15/1/2018).

Hanya 100 PKL yang bisa menempati skybridge Tanah Abang saat soft opening, sedangkan pedagang lainnya baru bisa menempati saat peluncuran resminya. Wali Kota Jakarta Pusat telah menggelar undian lapak sejak 12 Oktober 2018, sebanyak 446 PKL turut serta dalam undian tersebut. Kendati demikian hanya ada 100 PKL yang bisa menempati saat soft opening nanti.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa pembangunan jembatan multiguna ini merupakan solusi bagi PKL agar tak berjualan di trotoar maupun di jalan jatibaru lagi. Skybridge ini baru bisa digunakan pada akhir Oktober setelah diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta. Jembatan multiguna ini terhubung dengan Stasiun Tanah Abang, sehingga penumpang bisa menggunakannya untuk masuk ke area Pasar Abang.

Tidak Tercapai Target

Target dari Pemprov DKI Jakarta melalui PD Sarana Jaya menargetkan jembatan multi guna yang menghubungkan Staasiun Tanag Abang dan Blok G Tanah Abang bisa selesai dan digunakan pada senin (15/10/2018). Namun pada tanggal tersebut skybridge Tanah Abang baru melalukan soft opening, peresmian skybridgen Tanah Abang ditargetkan pada 30 Oktober 2018.

Mundurnya target peresmian skybridge Tanah Abang. Dilansir dari kompas.com Wakil Wali Kota Jakarta Pusat dikarenakan proyek pembangunan sempat terhenti selama tiga hari. Hal itu terjadi karena belasan PKL membuka lapak di sekitar lokasi proyek, dan tidak adanya laporan langsung dari pihak kontraktor kepada Pemkot Jakarta Pusat. Setelah mendapat informasi, Pemkot Jakarta Pusat mengerahkan petugas Satpol PP untuk menertibkan para PKL.

Terhentinya selama tiga hari, karena ulah PKL yang membuka lapak dan bahkan ada yang menduduki alat berat untuk pembangunan. Dikarenakan karena tidak adanya relokasi para PKL untuk berjualan, sebelumnya Pemprov DKI Jakarta meminta PKL Jatibaru untuk tidak berjualan guna mempercepat pembangunan jembatan multiguna tersebut. Ada pula keterbatasan lahan yang tersedia membuat sebagian PKL untuk tidak berjualan, sebagian besar PKL menyutujui permintaan dari Pemprov DKI Jakarta, tetapi ada juga yang menyeselkan tidak adanya solusi bagi para PKL yang tidak ada lahan untuk berjualan.

Percepat Pembangunan

Untuk mencapai target peresmian pada akhir Oktober nanti, Pemprov DKI melakukan berbagai macam upaya untuk mempercepat pembangunan. Selain meminta para PKL untuk tidak berjualan di area pembangunan, pihaknya juga melakukan pengalihan rute bus transjakarta explorer. Tujuan dari upaya tersebut agar pengerjaan proyek tidak terganggu.

Perubahan pola pembangunan proyek pun juga dilakukan guna mempercepat. Jika sebelumnya pengerjaan dimulai dari zona A dan berurutan ke zona D, maka dirubah dari zona A ke zona B, dan secara bersamaan dikerjakan dari zona D ke Zona C. Proyek ini memiliki empat zona pengerjaan, yakni A,B,C, dan D.

Read More

Artikel Lainnya

Kisah #AksiHidupBaik Sang Inisiator Penghijauan Kelurahan Karang Anyar

Berita Kawasan

Kisah #AksiHidupBaik Sang Inisiator Penghijauan Kelurahan Karang Anyar

18 November 2019, 19:00

Euis Kurniawati adalah salah satu nominasi Ibu Ibukota Awards Bidang Pelestarian Lingkungan. Simak #AksiHidupBaik yang dilakukannya di sini.

Kapal Pembersih Sungai Siap Dioperasikan di Kota Bekasi

Berita Kawasan

Kapal Pembersih Sungai Siap Dioperasikan di Kota Bekasi

18 November 2019, 18:00

Kapal pembersih sungai yang diberikan oleh Waste4Change ini mampu menjaring sampah setidaknya 200-300 kilogram.

Ini Dia Tips Memilih Sepatu Lari Untuk Pemula

Kesehatan

Ini Dia Tips Memilih Sepatu Lari untuk Pemula

18 November 2019, 17:00

Pemilihan sepatu lari yang pas berpengaruh terhadap performa loh. Salah-salah malah bikin kaki kamu terkilir. Berikut tips bagi kalian yang ingin membeli sepatu lari.

Sekolah Pribumi Pertama di Batavia Ada di Cikini

Berita Kawasan

Sekolah Pribumi Pertama di Batavia Ada di Cikini

18 November 2019, 16:00

Gedung sekolah yang kini menjadi SMPN 1 Jakarta ini ternyata memiliki sejarah yang cukup panjang. Inilah sejarah sekolah pribumi pertama di Batavia.


Comments


Please Login to leave a comment.