Wali Kota Jakarta Selatan Resmi Menjadi Sekretaris Daerah Pemprov DKI

Berita Kawasan

Wali Kota Jakarta Selatan Resmi Menjadi Sekretaris Daerah Pemprov DKI

Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali terpilih untuk mengisi jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta. Ia terpilih dari tiga nama kandidat yang diajukan kepada Presiden Joko Widodo.

Anggota Fraksi Gerinda DPRD DKI Jakarta Syarif, seperti diberitakan kompas.id (14/01/2021) menjelaskan, dari tiga nama yang diajukan, nama Marullah Matali terpilih mengisi jabatan Sekdaprov DKI Jakarta.

Terpisah, Heru Budi Hartono, Kepala Sekretariat Presiden juga membenarkan hal itu. "Iya, Keputusan Presiden (tentang pemilihan Sekda DKI) sudah dikirim ke Pemda DKI," katanya. Menurut Heru, kewenangan melantik ada di gubernur.

Wali Kota Jakarta Selatan Resmi Menjadi Sekretaris Daerah Pemprov DKI

Sementara Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M. Taufik yang dihubungi juga membenarkan info tersebut. Namun sampai saat ini ia belum mendapat atau belum melihat Keputusan Presiden terkait terpilihnya Marullah Matali untuk mengisi jabatan Sekdaprov DKI Jakarta.

Adapun Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Pengendalian Kependudukan dan Permukiman, Suharti, yang juga selaku Ketua Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Tahun 2020, belum merespons konfirmasi dari Kompas terkait sudah resminya pemilihan Marullah Matali sebagai Sekdaprov DKI.

[Baca Juga: Jakarta Berduka, Sekda DKI Saefullah Meninggal Dunia]

Seperti yang diberitakan, untuk jabatan Sekdaprov DKI Jakarta kosong setelah Sekdaprov DKI Saefullah meninggal dunia. Almarhum Saefullah yang kelahiran Rorotan, Jakarta Utara, wafat karena terpapar covid-19 pada 16 September 2020 lalu. Kemudian untuk mengisi kekosongan jabatan itu, Asisten Setda DKI Jakarta Bidang Perekonomian dan Keuangan Sri Haryati dilantik sebagai Penjabat (Pj) Sekda DKI Jakarta.

Pemprov DKI Jakarta kemudian mengadakan seleksi terbuka jabatan Sekdaprov. Proses seleksi dimulai dari 1 Oktober 2020. Hingga akhirnya pada awal Desember 2020, mengerucut tiga nama kandidat yang lolos dari seluruh tahapan seleksi terbuka itu. Ketiganya adalah Sri Haryati yang saat ini menjabat Penjabat Sekda DKI, Marullah Matali Wali Kota Jakarta Selatan, dan Sigit Wijatmoko Wali Kota Jakarta Utara.

Wali Kota Jakarta Selatan Resmi Menjadi Sekretaris Daerah Pemprov DKI

Pada berita Kompas, 12 Desember 2020, munculnya tiga nama itu merupakan hasil dari tahapan seleksi sebelumnya. Dari 18 peserta yang mendaftar, lolos seleksi administrasi, dan kemudian menjalani serangkaian tahapan seleksi, ada 10 nama yang lolos ke tahapan wawancara.

Dari hasil tahapan itu, panitia seleksi sudah melaporkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk mendapatkan rekomendasi. Dari proses itu, KASN lalu memberi rekomendasi ke panitia seleksi. KASN juga memberi informasi ke Kementrian Dalam Negeri. Gubernur juga berkirim surat ke Kemendagri.

[Baca Juga: Blok A Kantor Wali Kota Jakarta Selatan Ditutup, Kenapa Ya?]

Selanjutnya, melalui surat itu juga disebutkan, Pejabat Pembina Kepegawaian akan membuat usulan yang disampaikan kepada Presiden RI melalui Menteri Dalam Negeri untuk proses penilaian akhir (TPA) sebagai dasar penetapan SK pengangkatan dalam jabatan.

Proses pemilihan Sekdaprov ini, sesuai UU No.29 Tahun 2007 tentang Pemprov DKI Jakarta, pada pasal 15 disebutkan bahwa Sekretaris Daerah diangkat dan diberhentikan oleh Presiden atas usul Gubernur sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Read More

Artikel Lainnya

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya dilaksanakan Bulan Juli 2021.jpg

Pendidikan

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya dilaksanakan Bulan Juli 2021

11 April 2021, 08:06

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya akan dilaksanakan pada tahun ajaran baru 2021/2022. Meskipun pemerintah sudah memberikan lampu hijau agar sekolah tatap muka dilaksanakan segera, namun Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya masih belum bisa melaksanakan.

Geliat Bisnis Properti Masa Era New Normal di Kota Semarang

Properti dan Solusi

Geliat Bisnis Properti Era New Normal di Kota Semarang

10 April 2021, 18:47

“Hikmah dari kebijakan di rumah saja membuat para penghuni rumah mulai menyadari bahwa rumah yang mereka tinggali perlu pembenahan di beberapa bagian,” ujar Hafid Santoso pemilik H+S Architect, usaha konsultan arsitek di kota Semarang

Tirta Nirwana 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Tirta Nirwana Songgoriti: Pertemuan Kerajaan Medang, Singosari, dan Tionghoa

10 April 2021, 18:07

Berwisata ke Tirta Nirwana kita bisa sedikit mencuil pelajaran pertemuan sejarah kerajaan di Indonesia dan Tionghoa. Lebih dari itu, bermain air di sini sangatlah menyenangkan.

Teletubies 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Menghabiskan Waktu di Bukit Teletubies Bersama Gunung Arjuno

10 April 2021, 17:08

Berwisata di tempat menyejukkan yang tak perlu bayar tiket atau parkir ada di Kota Batu, yakni Bukit Teletubies.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Emma 2 months, 3 weeks lalu
    emma

    Hobi bermain slot online, Tenang Bola165 mempunyai promo Welcome cashback 100% Dengan syarat TANPA TO, dan anda bisa mencoba meraih kemenangan anda di kesempatan kedua, cek promosi bisa disini: https://biolinky.co/linkpromo