Wali Kota Jaksel Terus Dorong Penerapan Sister RW

Berita Kawasan

Wali Kota Jakarta Selatan Terus Dorong Penerapan Sister RW

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah kota kembar atau sister city. Di mana ada dua kota yang berbeda wilayahnya namun memiliki jalinan hubungan budaya serta sosial antara keduanya. Namun tahukah Anda bahwa di Jakarta Selatan (Jaksel) ada juga konsep yang serupa tapi dengan lingkup yang lebih kecil? Namanya adalah “Sister RW” dan konsep ini terus didorong penerapannya oleh Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali.

Bagi Anda yang masih asing dengan istilah ini, Sister RW pada dasarnya dibuat untuk menjalin hubungan antara satu rukun warga atau RW dengan RW Lainnya. Namun hal yang perlu digarisbawahi adalah program ini juga diterapkan agar RW yang sudah mapan dapat membantu serta membina RW yang dipandang belum maju.

Wali Kota Jakarta Selatan Terus Dorong Penerapan Sister RW

Pada tahun 2018, Marullah memandang tujuan utama dari penerapan Sister RW adalah agar terjalinnya hubungan yang bersifat simbiosis mutualisme. Kala itu, ia mencontohkan misalnya ada RW A yang memiliki dana besar tapi tidak memiliki keahlian dan ada RW B yang memiliki keahlian tapi tak memiliki dana, maka kedua RW tersebut bisa digabungkan dengan metode Sister RW.

[Baca Juga: Wali Kota Jaksel Bersepeda Sehat di Ragunan]

Wali Kota Jaksel tersebut juga tak henti untuk terus mendorong penerapan dari program ini. Hal tersebut terlihat di kala Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Bulan Juni 2019 yang diadakan pada Selasa 25 Juni 2019 di Kantor Walikota Administrasi Jakarta Selatan.

“Sister RW akan terus kita gaungkan, ini merupakan suatu kreativitas masing-masing wilayah dalam megembangkan masyarakatnya. Tularkan dari yang sudah berhasil ke yang belum,” kata Marullah kepada jajarannya di rapat Rakorwil tersebut, sebagaimana dikutip dari selatan.jakarta.go.id (27/6/2019).

[Baca Juga: 3 RW di Jakut Siap Hadapi Penilaian ProKlim]

Semenjak pertama kali dicanangkan hingga saat ini, ternyata sudah banyak wilayah di Jaksel yang menerapkan Sister RW. Berdasarkan penjelasan Kepala Bagian Tata Pemerintaah Kota Administrasi Jaksel Heri Gunara, realisasi Sister RW saat ini masih terus berjalan dengan baik.

“Seperti Sister RW antara RW 04 Kelurahan Pulo dan RW 07 Kelurahan Cipete Utara terkait dengan wawasan pengembangan yang ramah lingkungan,” ujarnya. Contoh lainya dari Sister RW di Jaksel adalah antara RW 01 dan RW 018 di Kelurahan Srengseng Sawah dalam perihal pengelolaan sampah. Heri menuturkan, berkat program Sister RW, RW 018 saat ini telah memiliki bank sampah bernama Bank Sampah Mangga Bolong.

Read More

Artikel Lainnya

Kemenperin Kembali Gelar Modest Fashion Project

Bisnis

Kemenperin Kembali Gelar Modest Fashion Project

20 September 2019, 13:00  |  8 Views

Untuk mengembangkan industri fesyen muslim di Indonesia, Kemenperin kembali menggelar kompetisi fesyen untuk IKM dimulai dengan gelaran road to MOFP di Bandung dan Semarang.

Hadapi Revolusi Industri 4.0, Kemendikbud Rilis Program Digitalisasi Sekolah

Pendidikan

Songsong Revolusi Industri 4.0, Kemendikbud Rilis Digitalisasi Sekolah

20 September 2019, 12:00  |  7 Views

Kemendikbud memberikan bantuan berupa peralatan berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk mempersiapkan sekolah songsong Revolusi Industri 4.0.

Jakarta Selatan Bersiap Antisipasi Musim Hujan

Berita Kawasan

Jakarta Selatan Bersiap Antisipasi Musim Hujan

20 September 2019, 11:00  |  7 Views

Mendekati musim penghujan, Pemkot Jakarta Selatan mulai melakukan beberapa langkah persiapan. Apa saja yang dilakukan?

Tips Merawat Kaktus Hias Dalam Rumah

Properti dan Solusi

Tips Merawat Kaktus Hias Dalam Rumah

20 September 2019, 10:00  |  13 Views

Ragam kaktus hias dapat membuat ruangan rumah menjadi menarik. Agar berusia panjang, ada sejumlah cara merawat kaktus hias dengan tepat.


Comments


Please Login to leave a comment.