Wali Kota Jakarta Timur Ajak Warga Tingkatkan ASI Eksklusif

Kesehatan

Wali Kota Jakarta Timur Ajak Warga Tingkatkan ASI Eksklusif

Tentunya Anda semua mengetahui pentingnya ASI eksklusif bagi tumbuh kembang anak. ASI eksklusif tak hanya bermanfaat untuk bayi, melainkan juga bagi para ibu. Namun, masih banyak ibu-ibu yang mengalami keterbatasan dan belum mampu memberikan anak ASI eksklusif. Demi kesehatan anak, Wali Kota ajak warga Jakarta Timur untuk tingkatkan gerakan ASI eksklusif.

Dilansir dari situs resmi timur.jakarta.go.id (12/08/19), Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar membuka acara Puncak Pekan ASI (Air Susu Ibu) Sedunia Tahun 2019 di Halaman Puskesmas Kecamatan Ciracas, Jalan H. Baping, Kelurahan Susukan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. “Pekan ASI Sedunia Tahun 2019 ini mengusung tema Ayah dan Ibu Kunci Keberhasilan Menyusui,” ujar Wali Kota.

Wali Kota Jakarta Timur Ajak Warga Tingkatkan ASI Eksklusif

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota melakukan penandatanganan penggalangan komitmen bersama Jakarta Timur ramah anak dan ASI. Kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dalam rangka syukuran penghargaan Puskesmas Kecamatan Ciracas sebagai Puskesmas Ramah Anak Tingkat Nasional. Dalam kegiatan ini Wali Kota didampingi Asisten Kesejahteraan Rakyat Jakarta Timur H. Alawi, Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur Indra Setiawan, Plt. Camat Ciracas Mamad, dan para Lurah satu Jakarta Timur.

“Tujuan dari tema ini adalah demi menciptakan kesadaran, bahwa menyusui bukan hanya tugas ibu saja, tapi ayah juga wajib terlibat dalam membantu kenyamanan anak dan ibu menyusui. Ayah ternyata juga memiliki peran penting dalam mempersiapkan masa menyusui, ibu memerlukan dukungan suami dan keluarga,” jelasnya.

[Baca Juga: AIMI Gelar Menyusui Serentak di Pekan Menyusui Sedunia]

Ia menyebutkan, target capaian bayi yang mendapatkan ASI eksklusif di DKI Jakarta sebesar 71,88 persen, sedangkan di Jakarta Timur sebesar 79 persen. Dalam hal ini, Kecamatan Ciracas telah mencapai 79,76 persen dan dinyatakan mendapat peningkatan 3 persen dari tahun 2017. “Adapun target kita bisa lebih meningkat lagi, hingga 80 atau 90 persen di wilayah Jakarta Timur. Melalui momentum Pekan Asi Sedunia dan untuk terus mempertahankan Puskesmas Kecamatan Ciracas sebagai Puskesmas ramah anak,” terang Wali Kota.

Ia mengajak semua lintas sektor untuk sama-sama berkontribusi, peduli dan komitmen dalam mendukung keberhasilan pemberian ASI eksklusif kepada anak hingga 6 bulan dan terus dilanjutkan hingga 2 tahun bersama makanan pendamping ASI atau MPASI. Tujuannya adalah agar anak tumbuh dan kembang secara optimal.

[Baca Juga: Inisiasi Menyusui Dini Penting Untuk Ibu dan Bayi]

Sementara itu Kepala Puskesmas Kecamatan Ciracas Sunersih Handayani menyebutkan Pekan ASI Sedunia pada Tahun 2019 diperingati selama 1-7 Agustus 2019. Adapun peringatan tersebut membawa tujuan khusus untuk kesehatan ibu dan anak. “Misi peringatan Pekan ASI Sedunia adalah memperjuangkan pemenuhan hak anak atau bayi akan kebutuhan Air Susu Ibu hingga berusia 24 bulan. Tujuan globalnya, demi mengoptimalkan kesehatan gizi dan kesehatan ibu dan anak,” ujar Sunersih.

Memberikan ASI eksklusif selain menciptakan bonding erat, juga akan membuat proses adaptasi si Kecil setelah keluar dari kandungan lebih nyaman. Ayo ibu-ibu ikut dukung gerakan ASI eksklusif dimana pun Anda berada!


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.