Wali Kota Jakarta Timur Cek Kesiapan Jatinegara Hadapi Banjir

Berita Kawasan

Wali Kota Jakarta Timur Cek Kesiapan Jatinegara Hadapi Banjir

Jelang musim hujan, dan dalam mengatasi serta mencegah musibah banjir yang akan merugikan banyak orang. Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur melaksanakan pengecekan kesiapsiagaan bencana. Pengecekan dipimpin Wali Kota Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar di dua lokasi yaitu Kecamatan Jatinegara dan Kelurahan Bidara Cina, yang dilansir dari situs resmi timur.jakarta.go.id (11/11/2019).

Dalam pengecekan ini, Wali Kota Kota Administrasi Jakarta Timur didampingi oleh Asisten Pemerintahan Jakarta Timur Ari Sonjaya, Asisten Kesejahteraan Rakyat Jakarta Timur Alawi, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Dewi Purnamasari, dan Kepala Bagian Hukum Jakarta Timur Dedi Efrizal. Hadir pula Camat Jatinegara Asril Rizal, Wakil Camat Jatinegara Imron, Sekretaris Camat Sarjono, dan para Lurah se-Kecamatan Jatinegara. "Alhamdulilah semua petugas siap, dan semua peralatan juga lengkap. Tentunya seluruh petugas posko bencana di wilayah Jakarta Timur harus siap siaga antisipasi bencana banjir," kata Wali Kota.

Wali Kota Jakarta Timur Cek Kesiapan Jatinegara Hadapi Banjir

Ia menyebutkan, ada enam lokasi rawan banjir di Kecamatan Jatinegara. Pertama, Jalan Kebon Pala II RW 04 dan RW 05 dan Jalan Tanah Rendah RW 07 dan RW 08 Kelurahan Kampung Melayu. Kedua, delapan titik di Kelurahan Bidara Cina. Ketiga, Jalan Cipinang Bali RW 013 Kelurahan Cipinang Muara.

Kemudian keempat, RW 04, RW 05 dan RW 06 Kelurahan Rawa Bunga. Kelima, RW 01 dan RW 02 Kelurahan Cipinang Besar Selatan. Terakhir, keenam, RW 07 dan RW 08 Kelurahan Cipinang Cimpedak. “Tentunya kita tidak berharap adanya banjir, tapi kami Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur akan selalu siap siaga jika terjadi bencana,"ujar Wali Kota.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Utara Gunakan Ban untuk Tanggul Pengendali Banjir]

Oleh karena itu, Walikota berharap adanya dukungan dari masyarakat untuk tidak membuang sampah ke kali dan saluran air. Ia meminta koordinasi LMK (Lembaga Musyawarah Kelurahan), FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat), dan para ketua RT/RW, bersama lurah dan camat setempat.

Sementara itu, Lurah Bidaracina Yudi menyebutkan delapan titik rawan banjir yang ada di wilayahnya. Diantaranya Jalan Setia RW 02, Jalan Mangga RW 03, Jalan Tanjung Tengkong RW 06 dan RW 07, Jalan Baiduri Bulan RW 011, Gang Keamanan RW 012, Jalan Inspeksi Ciliwung RW 014, Jalan Kebon Sayur RW 015, dan Jalan Rusunawi RW 016.

[Baca Juga: Antisipasi Banjir, Masyarakat Gotong Royong Bersihkan Ciliwung]

Untuk mengantisipasi tersebut, Yudi menyebutkan Kelurahan Bidara Cina telah memiliki sejumlah posko banjir, posko kesehatan, dapur umum dan penampungan. Diantaranya berada di SD Negeri 01 Jakarta, posko RW 04/05, Puskesmas Bidara Cina, Musala Raudhatul Ibadah, Karang Taruna RW 011 dan lapangan parkir RW 01.

"Kami pihak Kelurahan sudah siap 24 jam dengan 5 anggota tim standby di posko banjir Kelurahan Bidaracina, dan kita terus berkoordinasi kepada warga masyarakat serta tokoh masyarakat untuk secara bersama-sama menjaga lingkungan dan kami siap melayani warga masyarakat khususnya Kelurahan Bidaracina," pungkas Yudi.

Menurut PingPoint.co.id, menanggulangi banjir tak hanya menjadi kewajiban pemerintah, tapi masyarakat perlu campur tangan untuk menjaga kebersihan, terutama tidak membuang sampah sembarangan. Lingkungan yang bersih nyaman dan sehat untuk semua.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.