Wali Kota Jakarta Timur Cek Kesiapan Jatinegara Hadapi Banjir

Berita Kawasan

Wali Kota Jakarta Timur Cek Kesiapan Jatinegara Hadapi Banjir

Jelang musim hujan, dan dalam mengatasi serta mencegah musibah banjir yang akan merugikan banyak orang. Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur melaksanakan pengecekan kesiapsiagaan bencana. Pengecekan dipimpin Wali Kota Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar di dua lokasi yaitu Kecamatan Jatinegara dan Kelurahan Bidara Cina, yang dilansir dari situs resmi timur.jakarta.go.id (11/11/2019).

Dalam pengecekan ini, Wali Kota Kota Administrasi Jakarta Timur didampingi oleh Asisten Pemerintahan Jakarta Timur Ari Sonjaya, Asisten Kesejahteraan Rakyat Jakarta Timur Alawi, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Dewi Purnamasari, dan Kepala Bagian Hukum Jakarta Timur Dedi Efrizal. Hadir pula Camat Jatinegara Asril Rizal, Wakil Camat Jatinegara Imron, Sekretaris Camat Sarjono, dan para Lurah se-Kecamatan Jatinegara. "Alhamdulilah semua petugas siap, dan semua peralatan juga lengkap. Tentunya seluruh petugas posko bencana di wilayah Jakarta Timur harus siap siaga antisipasi bencana banjir," kata Wali Kota.

Wali Kota Jakarta Timur Cek Kesiapan Jatinegara Hadapi Banjir

Ia menyebutkan, ada enam lokasi rawan banjir di Kecamatan Jatinegara. Pertama, Jalan Kebon Pala II RW 04 dan RW 05 dan Jalan Tanah Rendah RW 07 dan RW 08 Kelurahan Kampung Melayu. Kedua, delapan titik di Kelurahan Bidara Cina. Ketiga, Jalan Cipinang Bali RW 013 Kelurahan Cipinang Muara.

Kemudian keempat, RW 04, RW 05 dan RW 06 Kelurahan Rawa Bunga. Kelima, RW 01 dan RW 02 Kelurahan Cipinang Besar Selatan. Terakhir, keenam, RW 07 dan RW 08 Kelurahan Cipinang Cimpedak. “Tentunya kita tidak berharap adanya banjir, tapi kami Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur akan selalu siap siaga jika terjadi bencana,"ujar Wali Kota.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Utara Gunakan Ban untuk Tanggul Pengendali Banjir]

Oleh karena itu, Walikota berharap adanya dukungan dari masyarakat untuk tidak membuang sampah ke kali dan saluran air. Ia meminta koordinasi LMK (Lembaga Musyawarah Kelurahan), FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat), dan para ketua RT/RW, bersama lurah dan camat setempat.

Sementara itu, Lurah Bidaracina Yudi menyebutkan delapan titik rawan banjir yang ada di wilayahnya. Diantaranya Jalan Setia RW 02, Jalan Mangga RW 03, Jalan Tanjung Tengkong RW 06 dan RW 07, Jalan Baiduri Bulan RW 011, Gang Keamanan RW 012, Jalan Inspeksi Ciliwung RW 014, Jalan Kebon Sayur RW 015, dan Jalan Rusunawi RW 016.

[Baca Juga: Antisipasi Banjir, Masyarakat Gotong Royong Bersihkan Ciliwung]

Untuk mengantisipasi tersebut, Yudi menyebutkan Kelurahan Bidara Cina telah memiliki sejumlah posko banjir, posko kesehatan, dapur umum dan penampungan. Diantaranya berada di SD Negeri 01 Jakarta, posko RW 04/05, Puskesmas Bidara Cina, Musala Raudhatul Ibadah, Karang Taruna RW 011 dan lapangan parkir RW 01.

"Kami pihak Kelurahan sudah siap 24 jam dengan 5 anggota tim standby di posko banjir Kelurahan Bidaracina, dan kita terus berkoordinasi kepada warga masyarakat serta tokoh masyarakat untuk secara bersama-sama menjaga lingkungan dan kami siap melayani warga masyarakat khususnya Kelurahan Bidaracina," pungkas Yudi.

Menurut PingPoint.co.id, menanggulangi banjir tak hanya menjadi kewajiban pemerintah, tapi masyarakat perlu campur tangan untuk menjaga kebersihan, terutama tidak membuang sampah sembarangan. Lingkungan yang bersih nyaman dan sehat untuk semua.

Read More

Artikel Lainnya

Cegah Virus Corona Masuk Indonesia, Kemenkes Siapkan 135 Thermoscanner

Kesehatan

Cegah Coronavirus Masuk Indonesia, Kemenkes Siapkan 135 Thermoscanner

25 January 2020, 10:00

Sebagai bentuk tindakan preventif penyebaran coronavirus, Kemenkes menyiapkan 135 thermoscanner di seluruh pintu masuk Indonesia.

Kinosaurus, Wadah Bertemunya Sineas dengan Penikmat Film

Berita Kawasan

Kinosaurus, Wadah Bertemunya Sineas dengan Penikmat Film

24 January 2020, 18:00

Dari awal pendiriannya, Kinosaurus menyimpan visi tersendiri yang sudah tercatat di benak para pendirinya. Apa sajakah itu?

Pemprov DKI Siapkan Berbagai Fasilitas untuk Menunjang Stasiun MRT Terintegrasi

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Berbagai Fasilitas untuk Menunjang Stasiun MRT Terintegrasi

24 January 2020, 17:00

Fasilitas integrasi ini akan dilengkapi area komersial seperti restoran, kedai kopi, toilet, mushola, akses difabel berupa lift, dan akses eskalator untuk umum.

Hati-hati Coronavirus Kenali dan Cegah Penyakitnya

Kesehatan

Hati-hati Coronavirus: Kenali dan Cegah Penyakitnya

24 January 2020, 16:00

Coronavirus dengan mudah menyerang saluran pernapasan yang menyebabkan beragam penyakit pernapasan.


Comments


Please Login to leave a comment.