Walikota Jakarta Timur Resmikan SMK Iptek Jakarta

Pendidikan

Wali Kota Jakarta Timur Resmikan SMK Iptek Jakarta

Pendidikan merupakan hak setiap warga negara. Bahkan pemerintah mewajibkan setiap penduduknya bersekolah minimal 12 tahun atau hingga tingkat SMA. Hal ini tentu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia. Terlebih lagi, beberapa tahun terakhir tingkat kompetisi di Indonesia semakin tinggi berkat pasar bebas, yaitu sebuah program bisnis yang membolehkan aksi ekonomi dalam bentuk apapun termasuk tenaga kerja.

Dengan adanya pasar bebas, tenaga kerja di luar dipermudah bekerja di dalam negeri, begitu pula sebaliknya. Selain itu, banyak pula investor asing yang mulai melebarkan sayap bisnisnya ke Indonesia. Biasanya, para perusahaan internasional ini menginginkan kriteria pekerja yang tinggi. Hal ini membuat pemerintah terus berusaha meningkatkan nilai SDM di Indonesia agar dapat bersaing dengan mudah.

[Baca Juga: Roadshow Festival Vokasi Teman Disabilitas Berakhir di Jakarta]

Salah satu bentuk nyata pemerintah, adalah dengan fokus dengan pengembangan skill atau kemampuan pribadi. Pengembangan bakat ini bisa dilakukan dengan program vokasi atau program pendidikan keahlian. Hal ini membuat pemerintah kota mengembangkan vokasi agar lulusannya dapat memiliki keahlian dan siap bekerja.

Salah satu daerah yang menyiapkan program vokasi adalah Jakarta Timur. Hal itu terlihat dari kegiatan Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar yang baru saja meresmikan sekolah vokasi Industri dan Wirausaha, yaitu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Iptek Jakarta di Lapangan Serbaguna Sekolah Iptek, Jalan Raya Pulogebang, Kelurahan Pulogebang, Kecamatan Cakung (30/4/2019).

Walikota Jakarta Timur Resmikan SMK Iptek Jakarta

Melansir dari timur.jakarta.go.id (2/5/2019) kehadiran Wali Kota didampingi Sekretaris Camat Cakung Chandra, Lurah Pulogebang Mahfuz MZ dan Kepala Seksi Komunikasi Informasi Publik (KIP) dari Suku Dinas Kominfotik (Komunikasi Informasi dan Statistik) Jakarta Timur Leonardo, serta Kepala Sekolah SMK Iptek Jakarta Fikri Izalullah Hairunnida.

M. Anwar datang untuk meresmikan vokasi dengan jurusan Program Keahlian Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM), Program Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU), Kelas Industri Samsung dan Kelas Industri Wirausaha.

Peluncuran vokasi industri dan wirausaha SMK Iptek ini merupakan komitmen dan upaya meningkatkan kompetensi SDM di Indonesia. Langkah tersebut berdasarakan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK, untuk menyiapkan tenaga kerja terampil sesuai kebutuhan industri saat ini.

[Baca Juga: Warga Binaan Lapas Cipinang dapat Pelatihan Soft Skill Vokasi UI]

“Saya sangat mengapresiasi adanya program ini, hal ini harus dicontoh khususnya untuk SMK lain di Jakarta Timur. Diharapkan melalui SMK berbasis vokasi industri dan wirausaha dapat mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan,” kata Anwar.

Ia menambahkan, daya saing sebuah kota hingga negara ditentukan dengan kemajuan industrinya. Oleh sebab itu, kemajuan industri tentu akan berpengaruh pada SDM untuk lapangan kerja dan pendapatan masyarakat. Menurutnya, ada beberapa faktor yang mendorong industri maju, yakni teknologi, modal, dan kemampuan. “Khusus faktor kemampuan, sekolah kejuruan ini yang jadi harapan untuk bisa menyiapkan tenaga yang andal untuk mengisi kebutuhan dunia industri,” ujarnya.

Read More

Artikel Lainnya

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik .jpg

Berita Kawasan

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik

29 September 2020, 16:08

Salah satu inovasi yang diterapkan di Terminal Jatijajar di masa pandemi seperti sekarang adalah pemberlakukan sistem e-ticketing.

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir.jpg

Berita Kawasan

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir

29 September 2020, 15:03

Wali Kota Tangerang memastikan pihaknya sudah mempersiapkan skenario antisipasi terhadap potensi terjadinya banjir akibat musim hujan.

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember

29 September 2020, 14:02

Pemkot Tangerang saat ini tengah bekerja keras untuk mengubah status wilayahnya dari zona orange menjadi zona hijau COVID-19.

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September .jpg

Berita Kawasan

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September

29 September 2020, 13:01

Pasar Ciplak di wilayah Jakarta Selatan disebut ditutup pada pekan ini usai ada pedagang yang positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.