Wali Kota Jakarta Timur Tak Segan Tindak Tegas Pelanggar PSBB

Berita Kawasan

Wali Kota Jakarta Timur Tak Segan Tindak Tegas Pelanggar PSBB

Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar tampaknya sudah jengah dengan masih banyak pelanggar Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB DKI Jakarta. Oleh karena itulah, ia memberikan instruksi kepada ratusan petugas gabungan pengawasan PSBB untuk tak segan menjatuhkan sanksi yang tegas terhadap para pelanggar. Instruksi untuk menimbulkan efek jera terhadap pelanggar PSBB itu disampaikannya dalam apel yang digelar di Kantor Kecamatan Pasar Rebo pada 12 Mei 2020.

Dalam apel itu, orang nomor satu di Jakarta Timur itu menyebut, target lokasi yang disasar untuk diawasi adalah kawasan tempat usaha yang disinyalir masih beroperasi dan tak masuk ke dalam jenis usaha yang diizinkan untuk tetap buka di masa PSBB DKI Jakarta. Area yang disasar contohnya adalah kawasan di Jalan Raya Bogor, Jalan TB. Simatupang, Jalan Raya Gedong, dan lainnya.

Wali Kota Jakarta Timur Tak Segan Tindak Tegas Pelanggar PSBB

Mengacu terhadap Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 33 Tahun 2020 tentang PSBB dalam usaha menangani penyebaran virus Corona penyebab COVID-19 di Ibu Kota sebenarnya sudah ada pembahasan mengenai sanksi yang dijatuhkan kepada pelanggar terhadap kebijakan ini. Walau begitu, M. Anwar tetap meminta petugas gabungan agar menjatuhkan sanksi tapi tetap memperhatikan sisi humanisnya.

“Penindakan kita tetap lakukan dengan aturan-aturan yang ada, kecuali pelanggaran tidak memakai masker. Karena Pemprov DKI belum semua warga mendapatkan fasilitas masker yang akan dibagikan 20 juta masker seluruh DKI Jakarta. Maka dari itu, semua pelanggaran tidak memakai masker sifatnya masih kita imbau,” ujar Wali Kota Jakarta Timur itu, sebagaimana dikutip dari timur.jakarta.go.id (12/5/2020).

[Baca Juga: Dipicu PSBB Kala COVID-19, Volume Sampah Jakarta Timur Berkurang Drastis]

Penegakkan saksi untuk PSBB DKI Jakarta ini bisa dilihat di sejumlah titik, seperti di area Jalan Bekasi Timur, Kecamatan Pulogadung. Petugas gabungan yang menggelar razia pun memberikan sanksi terhadap pengendara serta pejalan kaki yang dinilai tak mengikuti aturan PSBB atau menjalankan protokol kesehatannya.

Menurut Camat Pulogadung Bambang Pangestu, sanksi tegas yang saat itu diberikan masih bersifat administratif. Sanksi yang diberikan sendiri terdapat tahapannya. Untuk tahap administratif ada teguran tertulis, sanksi sosial dengan memberikan sarana fasilitas umum sembari mengenakan rompi yang menunjukkan bahwa ia merupakan pelanggar PSBB DKI Jakarta, serta denda administratif yang nilainya Rp100.000 dan paling banyak Rp250.000.


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.