DUREN SAWIT-KAWASAN-WALI KOTA JAKARTA TIMUR TARGETKAN 1 JUTA BIOPORI-KIKI-1100 px X 600 px-02.jpg

Berita Kawasan

Wali Kota Jakarta Timur Targetkan 1 Juta Biopori

Biopori atau lubang resapan merupakan lubang yang dibuat sengaja berbentuk tegak lurus ke dalam tanah. Melansir dari sda.pu.go.id, biopori biasanya memiliki ukuran dengan diameter 10-30 cm. lubang ini kemudian akan diisi dengan sampah organik yang menjadi makanan makhluk hidup yang ada di tanah, misalnya cacing.

Pembuatan biopori ini bukannya tanpa alasan, biopori memiliki beberapa manfaat untuk lingkungan, yaitu mengurangi sampah organik, menyuburkan tanah, mencegah banjir, dan memengaruhi jumlah air tanah. Maka dari itu, Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar merencanakan program 1 juta lubang resapan atau biopori se-Jakarta Timur. Program ini bertujuan untuk mengatasi genangan air yang terjadi di Jakarta Timur.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Timur Adakan Sosialisasi dan Vaksin Rabies Gratis]

Dalam acara Aksi Kebersihan Minggu Pagi (AKMP) di Gelanggang Olah Raga (GOR) Ciracas, Jakarta Timur (13/1/2019) M. Anwar mengungkapkan, program ini pada saat memimpin. Target Pemerintah Kota Jakarta Timur adalah mampu membuat 1 juta lubang biopori yang sudah dimulai sejak awal januari di halaman Kantor Walikota Jakarta Timur.

AKMP tersebut dihadiri oleh 700 warga yang terdiri dari Penanganan Prasanan dan Sarana Umum (PPSU), Satuan Tugas Suku Dinas Sumber Daya Air, Satgas Kehutanan Jakarta Timur, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kecamatan Pasar Rebo, Suku Dinas Perhubungan dan Pembinaan Keluarga Sejahtera (PKK) se-Kecamatan Pasar rebo.

Target 1 juta lubang biopori di Jakarta Timur

Turut hadir juga, Ketua TP PKK Jakarta Timur Diah Anwar, Wakil Wali Kota Jakarta Timu Uus Kuswanto, Sekertaris Kota Jakarta Timur Usmayadi dan Pelaksana tugas (Plt.) Camat Pasar Rebo P Ritonga, untuk menyaksikan dan sama sama menjalankan program 1 juta biopori di Jakarta Timur.

Anwar sendiri menargetkan pembuatan biopori setiap kecamatan jumlahnya berbeda karena terbatasnya lahan. Namun untuk wilayah Pasar Rebo istimewa, menurut Anwar, di area ini lahan kosong masih banyak. “Di Pasar Rebo masih banyak lahan kosong, jadi untuk Kecamatan Pasar Rebo, saya menargetkan ada 100ribu lubang resapan air agar jumlah 1 juta tercapai,” katanya di depan para peserta.

[Baca Juga: 8 Taman Kota di Kawasan Pasar Minggu]

Anwar juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi ikut aktif untuk membuat lubang resapan air. Ia juga membagikan berbagai macam manfaat biopori. Ia juga meminta para camat dan lurah untuk memberikan binaan untuk para warganya. “Kelurahan dan kecamatan juga saya harap memberikan pembinaan kepada warga agar teredukasi dan mau membuat sendiri tanpa menggu petugas. Karena kesadaran masyarakat sangat penting untuk mengurangi genangan air di Jakarta Timur,” katanya.

Read More

Artikel Lainnya

Geliat Bisnis Properti Masa Era New Normal di Kota Semarang

Properti dan Solusi

Geliat Bisnis Properti Era New Normal di Kota Semarang

10 April 2021, 18:47

“Hikmah dari kebijakan di rumah saja membuat para penghuni rumah mulai menyadari bahwa rumah yang mereka tinggali perlu pembenahan di beberapa bagian,” ujar Hafid Santoso pemilik H+S Architect, usaha konsultan arsitek di kota Semarang

Tirta Nirwana 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Tirta Nirwana Songgoriti: Pertemuan Kerajaan Medang, Singosari, dan Tionghoa

10 April 2021, 18:07

Berwisata ke Tirta Nirwana kita bisa sedikit mencuil pelajaran pertemuan sejarah kerajaan di Indonesia dan Tionghoa. Lebih dari itu, bermain air di sini sangatlah menyenangkan.

Teletubies 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Menghabiskan Waktu di Bukit Teletubies Bersama Gunung Arjuno

10 April 2021, 17:08

Berwisata di tempat menyejukkan yang tak perlu bayar tiket atau parkir ada di Kota Batu, yakni Bukit Teletubies.

Pebisnis Louhan 1.jpg

Bisnis

Cerita Pebisnis Ikan Louhan, Berawal dari Hobi Hingga Untung Jutaan Rupiah

10 April 2021, 16:09

Memiliki keunikan tersendiri, ikan louhan diminati banyak orang. Ada yang menjadi hiasan di rumah, sampai menjadikannya peluang usaha.


Comments


Please Login to leave a comment.