drive-thru.jpg

Kesehatan

Wali Kota Medan Tetap Buka Layanan Vaksinasi di Bulan Ramadan

Wali Kota Medan Bobby Nasution akan membuka layanan vaksinasi kepada seluruh warga Kota Medan selama bulan Ramadan nanti.

Bobby mengatakan, pihaknya akan mempercepat pelayanan vaksin baik secara biasa atau pun dengan drive thru di Lapangan Lanud Soewondo, Medan Polonia, agar di bulan Ramadan nanti masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi hanya tinggal beberapa orang saja.

Vaksinasi COVID-19 Saat Puasa Ramadan, Ini Pesan dari Epidemiolog Unpad .jpg

"Ini makanya nanti sebelum Ramadhan kita kebut dulu, itu kan fatwanya sudah ada ya tentang vaksinasi di bulan Ramadan, jadi akan tetap kita buka," katanya kepada PingPoint.co.id, (9/4/2021).

Namun menantu Jokowi ini tidak memaksakan masyarakat kota Medan untuk vaksinasi selama di bulan Ramadan, pihaknya tetap menganjurkan kepada masyarakat agar tetap divaksinasi. "Kita juga tidak bisa paksakan dalam arti kata minatnya ketika bulan puasa nanti sudah kita prediksi nanti sudah agak sedikit landai, terus kita buka terus kita ajak masyarakat nanti biar bisa divaksin," katanya.

Bobby juga menekankan, vaksinasi selama bulan Ramadan dilaksanakan hanya pada siang hari dikarenakan banyak kendala yang nantinya dialami, ditambah lagi bagi umat muslim yang menjalankan ibadah jadi pihaknya memastikan bulan Ramadan vaksinasi akan dilaksanakan pada siang hari.

[Baca Juga: Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Vaksinasi Drive Thru di Medan]

"Karena kalau gelap ini nggak bisa sembarangan, ini masalah kesehatan. Jadi kita takut kalau nanti gelap ini nggak bisa pas penyuntikannya, jadi lebih baik malam hari tidak mungkin kita buka," jelasnya.

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa terkait vaksin COVID-19. MUI menyatakan vaksinasi COVID-19 yang dilakukan di siang hari saat bulan Ramadhan tidak membatalkan puasa.

“Vaksinasi COVID-19 yang dilakukan dengan injeksi intramuskular (suntik) tidak membatalkan puasa. Hukum melakukan vaksinasi COVID-19 bagi umat Islam yang sedang berpuasa dengan cara injeksi intramuskular adalah boleh, sepanjang tidak menyebabkan bahaya (dharar),” ujar Ketua MUI Bidang Fatwa KH. Asrorun Niam Sholeh dikutip dari portal mui.or.id.

Ini sebagai panduan bagi umat Islam agar dapat menjalankan puasa Ramadan dengan memenuhi kaidah keagamaan. Pada saat yang sama, ini dapat mendukung upaya mewujudkan herd immunity melalui vaksinasi COVID-19 secara masif, katanya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.