Wali Kota Risma Jadi Salah Satu Pengajar di Program GURUku .jpg

Pendidikan

Wali Kota Risma Jadi Salah Satu Pengajar di Program GURUku

Di tengah kesibukannya pada pekan lalu, ada kegiatan yang menarik dari Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Di mana selain memimpin berbagai rapat atau peninjauan ke lapangan untuk terus menyuarakan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19, Wali Kota Risma juga menyempatkan diri mengemban tugas sebagai seorang guru. Di mana dengan antusiasme yang tinggi, Risma mengajarkan fungsi-fungsi tubuh untuk para siswa-siswi di Kota Surabaya dalam program bertajuk GURUku.

Program GURUku merupakan program yang dibentuk atas kerjasama Dinas Pendidikan Kota Surabaya dengan salah satu media lokal di Kota Pahlawan, Sbotv. Di mana program ini ditujukan sebagai kegiatan alternatif untuk pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang menggantikan kelas tatap muka yang tak bisa digelar di sekolah-sekolah karena pandemi COVID-19.

Wali Kota Risma Jadi Salah Satu Pengajar di Program GURUku.jpg

Berbeda dengan kelas-kelas sebelumnya yang diisi oleh para guru-guru dari sekolah se-Kota Surabaya, pada pekan lalu, Wali Kota Risma yang justru hadir di depan kamera dan mengemban tugas sebagai pengajar GURUku. Tanpa kegugupan dengan menggunakan masker, di depan kamera, Wali Kota Risma memaparkan pelajaran mengenai fungsi panca indera yang ada di tubuh manusia. Bahkan Risma sempat menyapa para murid-murid dan memanggil dirinya sendiri sebagai “Bu Guru Risma”.

“Hai anak-anakku. Saat ini kalian bersama dengan Bu Guru Risma. Ibu akan mengajarkan fungsi-fungsi tubuh. Kalau kita gunakan semua dengan baik, untuk kemajuan masa depan kita, maka tidak usah ragu. Kalian bisa sukses dengan menggunakan indera yang sudah diberikan tuhan kepada kita semuanya,” ujar wali kota berusia 58 tahun itu, sebagaimana dikutip dari surabaya.go.id (5/9/2020).

[Baca Juga: PPDB SMP Surabaya Ancam Eksistensi Sekolah Swasta & Protokol Kesehatan]

Sembari mengajar mengenai fungsi bagian tubuh manusia, orang nomor satu di Kota Pahlawan itu tak lupa menyisipkan pelajaran moral. Contohnya adalah mengenai mulut dan telinga, Risma menjelaskan, para pelajar perlu menggunakan telinga untuk mendengarkan secara seksama ketika guru tengah mengajar dan menggunakan mulut untuk tak berbicara demi menyerap pelajaran dengan baik di kelas.

“Jadi gitu ya. Jangan bicara sendiri kalau bapak ibu guru menerangkan. Kemudian harus mendengarkan dengan baik apa yang disampaikan. Semua itu untuk keberhasilan dan kesuksesan anak-anakku,” tuturnya.

Ia bahkan menyuarakan bagaimana panca indera yang ada di manusia tak oleh digunakan sembarangan karena ini anugerah Tuhan dan harus digunakan dengan baik untuk teman dan orangtua. Bahkan demi semakin menguatkan pesan moral dan persahabatan dalam sesi mengajarnya di GURUku, Wali Kota Risma memberikan tugas pekerjaan rumah yang menarik yang di mana ia meminta para pelajar untuk menghitung serta menuliskan semua teman dari para pelajar. “Nanti kalau punya banyak teman, ibu kasih hadiah. Hadiahnya tanda tangan Bu Guru Risma,” pungkasnya.

Read More

Artikel Lainnya

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.

Di Bawah Rp500 Ribuan, Amazfit Neo Siap Diluncurkan .jpg

Bisnis

Di Bawah Rp500.000-an, Amazfit Neo Siap Diluncurkan

25 September 2020, 18:43

Perusahaan Huami siap meramaikan pasar jam tangan pintar di Indonesia dengan produk Amazfit Neo yang memiliki harga tak sampai Rp500 ribuan.

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

Kecantikan dan Fashion

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

25 September 2020, 16:06

Ternyata algoritma matematika bisa menghasilkan corak batik. Begini cara membuat batik frctal dengan apliksi yang diciptakan anak bangsa.

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan.jpg

Berita Kawasan

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan

25 September 2020, 13:28

Baru-baru ini Polda Metro Jaya dan Bank DKI berkolaborasi dalam memudahkan pembayaran pajak kendaraan melalui aplikasi bernama Si Ondel.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna56 2 weeks, 4 days lalu
    hanna56

    Bola165 game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue… gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki…. gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss…